. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 27 April 2024

Ayo ke Alun-alun Kota Magelang, Nonton Grebeg Gethuk 2024


Sempat terhenti karena pandemi Covid-19 sejak 2020 silam, Grebeg Gethuk kembali digelar di Alun-alun Kota Magelang pada Minggu, 28 April 2024 sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Jadi Kota Magelang tahun 2024.

Di laman magelangkota.go.id dijelaskan Grebeg Gethuk telah menjadi event tahunan dengan maksud dan tujuan untuk memperkuat branding Kota Magelang sebagai Kota Getuk.

Culture event Grebeg Gethuk menyajikan proses terjadinya Kota Magelang dalam bentuk dramatisasi dari Prosesi Penetapan Perdikan Mantyasih, Penyerahan Prasasti Mantyasih, Bulu Bekti Gunungan Palawija, Sendratari kolosal dan puncaknya Grebeg Getuk.

Prosesi Grebeg Gethuk akan diisi pentas kesenian daerah (7 sanggar tari lokal), pentas kesenian luar daerah (8 kabupaten peserta pameran), pentas musik Magelang Sparkle, drumband Akmil, tari kolosal Gugur Gunung, Sendratari Kolosal Babad Mahardika dan doa bersama.


Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Sugeng Priyadi tahun ini ada satu gunungan getuk dengan ukuran besar dan empat gunungan kecil yang akan digerebek. "Tujuannya untuk memecah keramaian supaya tidak berpusat pada satu gunungan besar saja," terangnya saat konferensi pers.

Untuk Gunungan Palawija ada 17, lanjutnya, sesuai dengan jumlah kelurahan di Kota Magelang. "Maknanya, palawija itu merupakan lambang kesuburan, yang akhirnya dinikmati masyarakat dan disimbolkan dengan grebeg,” tambahnya.

Menariknya, tahun ini Grebeg Gethuk dibarengi dengan Festival Gethuk (26-28 April 2024) di Alun-alun sebagai ikon Kota Magelang.

Festival Gethuk ini diharapkan akan lebih mengeksplorasi varian produk getuk dari berbagai daerah antara lain Sragen, Banyumas, Karanganyar, Kabupaten Magelang, Klaten, Kabupaten Semarang, Kebumen, Salatiga, dan Temanggung.

Grebek Gethuk 2024 ini memberi ruang ekspresi, edukasi, sekaligus mengangkat potensi kearifan lokal (sejarah, kuliner, pariwisata, seni budaya dan ekonomi kreatif) serta meningkatkan daya saing daerah di lingkup regional-nasional, terutama dalam upaya mendorong sektor pariwisata dan sektor-sektor terkait lainnya.


Selain aneka gethuk, pada kegiatan ini juga akan ditampilkan pameran produk kerajinan, industri kecil, aksesories, kriya seni budaya, ekraf, busana, kuliner tradisional, heritage, dan sebagainya. Sedikitnya ada sebanyak 90 stan khusus gethuk, sedangkan stan UMKM makanan lainnya terpisah di luar area stan Festival Gethuk.

Event kolosal seni budaya ini pertama kali diadakan pada tahun 2006 dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Magelang.

"Grebeg Gethuk sudah menjadi event nasional. Harapannya menjadi internasional, berkelas lebih tinggi,” pungkas Sugeng.

Nah, buat wisatawan yang sedang berwisata di Kota Magelang dan sekitarnya, ayo datang ke Alun-alun Kota Magelang untuk menyaksikan rangkaian acara Grebeg Gethuk 2024.

Naskah & foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis & TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1. I ❤️ MGL di Alun-alun Kota Magelang.
2. Backdrop Festival & Grebeg Gethuk 2024.
3. Tugu di dekat Alun2 Kota Magelang.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP