. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 11 Agustus 2018

Lomba Foto BPNB Aceh Ini Angkat Ragam Budaya dan Pesona Bahari Aceh Singkil

Lomba Foto On The Spot 2018 bertema Pesona Pesisir yang gelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh di Kabupaten Singkil tengah berlangsung. Program rutin ini diharapkan ragam budaya masyarakat pesisir Aceh Singkil dan pesona keindahan alamnya terekspos luas lewat media foto.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh Irini Dewi Wanti dalam kata sambutannya saat acara pembukaan di Workshop Mendena, Kota Singkil, Jumat (10/8).

Rini begitu panggilan akrabnya menjelaskan Kabupaten Aceh Singkil dipilih sebagai lokasi lomba foto kali ini mengingat Negeri Hamzah Fansuri dan Syekh Abdurrauf Al Singkili ini dihuni bermacam etnis selain masyarakat pribumi sehingga menjadikannya sebagai daerah multikultural yang unik.

"Keberagaman budayanya tentu sangat menarik  jika "diabadikan"  oleh para peserta lomba foto," terangnya.

Rini berharap, lewat lomba foto ini bukan hanya sejarah dan budaya Singkil saja yang  akan "terabadikan" namun juga keindahan alamnya tertuama baharinya.

Pada kesempatan yang sama kepala Dinas Pariwisata, Pemuda & Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Singkil, Paisal, S. Pd lebih rinci menjelaskan bahwa dalam catatan  sejarah hingga akhir abad ke-19, pelabuhan di Singkil merupakan salah satu pelabuhan terbesar dan tersibuk.

Keadaan itu menjadikan banyaknya pendatang yang singgah ataupun menetap di kota ini.

Panjangnya perjalanan sejarah Aceh Singkil ini secara tidak langsung telah melahirkan kebudayaan yang beraneka ragam.

Setidaknya, selain etnis Singkil, terdapat lima etnis besar di Aceh Singkil yaitu Etnis Aceh, Batak, Minagkabau, Nias, dan selain itu di wilayah Singkil terdapat juga beberapa etnis lain seperti Bugis, Jawa, Cina, Arab, dan India.

Migrasinya etnis-etnis tersebut ke wilayah Singkil berlatarbelakang perdagangan  dan mencari pekerjaan.

"Saya rasa banyaknya etnis dengan kebudayaannya yang beragam akan menjadi objek foto yang sangat menarik, termasuk acara-acara adat seperti perkawinan dan lainnya," ujar Paisal.

Keindahan alamnya terutama baharinya juga amat luar biasa. Ada kurang lebih  100-an pulau  di gugus Kepulauan Banyak  yang sebagian belum diberi nama, dan sangat layak di kembangkan menjadi objek wisata andalan, termasuk keindahan alam bawah laut dan penyu hijau-nya.

"Saya yakin para fotografer yang menjadi peserta lomba ini pasti mengincar keindahan Pulau Banyak sebagai objek fotonya," ungkap Paisal.

Pusat kecamatan Kepulauan Banyak, lanjutnya  terdapat di Pulau Balai. "Pulau itu menjadi nadi perekonomian dari Kepulauan Banyak karena di sana terjadi transaksi ekonomi antarpenduduk," tambah Paisal.

Di Kepulauan Banyak juga ada beberapa pulau besar di antaranya Pulau Tuangku, Bangkaru, Ujung Batu, dan Pulau Palambak Besar.

"Saya percaya dengan foto-foto luar biasa dari para fotografer akan menjadi media promosi yang besar untuk Singkil terutama untuk Pulau Banyak," pungkas Paisal.

Selepas pembukaan, Hotli Simanjuntak, salah satu dari 3 juri memberikan technical meeting kepada para peserta lomba foto. Isi pengarahannya antara lain tentang peraturan lomba secara general, jumlah foto yang harus dikumpulkan, dan penentuan spot-spot foto.

"Setiap peserta harus mengumpuklan 3 foto dihari pertama, 7 foto hari kedua, dan 5 foto hari ketiga," terang Hotli.

Selepas technical meeting, peserta menikmati Roti Jalo dan Gule Lokan (kerang), salah satu makanan khas Singkil.

Usai Shalat Zuhur, seluruh peserta mulai memburu foto di lokasi pengumpul nipah, pencari lokan, dan sunset jelang Maghrib.

Hari kedua lomba foto berhadiah total Rp 36 juta, Sabtu (11/8) ini peserta lomba foto bertolak ke Pulau Banyak untuk photo hunting budaya antara lain tarian Perak-Perak dan Pencak Silat Kampung di Pulau Panjang dan Lomba Layang-Layang di Pulau Balai.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP