. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 01 Juli 2018

Wayang Ajen Siap Mewakili Indonesia Tampil di Korea Selatan

Wayang Ajen Group (WAG), kelompok Wayang Golek Sunda kontemporer terpilih mewakili Indonesia untuk tampil di Negeri Ginseng, Korea Selatan, Oktober mendatang.

Informasi membanggakan itu diutarakan langsung H. Wawan Gunawan alias Ki Dalang Wawan Ajen selaku pimpinan Wayang Ajen di kediamannya sekaligus merangkap Sanggar Seni Wayang Ajen di bilangan Kecamatan Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (1/7/2018).

“Benar, kami (Wayang Ajen-red) diundang untuk performance di Republic of Korea atau Korea Selatan, tepatnya di acara Intangible Heritage of Humanity and International Conference 2018 di Jeonju, Republic of Korea bulan Oktober nanti,” terang Wawan.

Festival seni bertaraf internasional tersebut, lanjut Wawan kabarnya juga akan mengundang tim kesenian dari China, Jepang, dan lainnya. “Dari Indoneisa, Alhamdulillah Wayang Ajen Group yang terpilih,” ucapnya dengan mimik senang.

Undangan tampil di Korea itu, lanjut Wawan disampaikan oleh 2 orang perwakilan dari 2KM Company sebuah cultural planning, agency, global bussines sekaligus media production dari Seoul, Korea Selatan yang datang langsung menemuinya di Sanggar Seni Wayang Ajen.

“Kedua orang Korea itu yang pria bernama Jake alias Kyungmin Ko selaku CeO 2KM Company dan yang perempuan, Julia alias Myungsun Lee sebagai manager. Mereka itu pasangan suami istri,” tambah Wawan.

Keduanya datang ke Sanggar Wayang Ajen, kemarin, Sabtu (30/6) dan hari ini, Minggu (1/7) ditemani Gaura Mancacaritadipura dalang wayang kulit sebagai pendamping dan seorang perempuan penterjemah asal Indonesia.

“Mereka melakukan survey tentang keberadaan Sanggar Wayang Ajen termasuk melihat profil pendidikan dan prestasi saya sekaligus menyaksikan suguhan seni Wayang Ajen untuk didokumentasikan dan dilaporkan ke pihak panitia di Korea Selatan sebagai bahan bukti untuk tampil di sana,” terang Wawan.

Kata Wawan, sebelumnya ada 7 orang Korea  Selatan datang menemuinya di Jakarta, tepatnya di kantornya, Kemenpar, 30 Januari lalu untuk memberitahukan bahwa nanti ada kedua rekan senegaranya itu yang akan melakukan survey ke Sanggar Wayang Ajen.

Menurut Wawan, untuk tampil di Korea Selatan nanti, dia bersama timnya sudah menyiapkan lakon pertunjukan wayang bertema persahabatan dan persaudaraan menuju kemenangan.

“Durasinya tergantung permintaan panitia di sana, maksimum 45 menit. Saya tetap akan memakai Bahasa Sunda dan nanti ada terjemahan teks dalam Bahasa Korea,” terangnya.

Di ujung penampilan, sambung Wawan, rencananya dia akan menampilkan replika wayang Presiden Korea Selatan dan Presiden Korea Utara. “Kedua wayang tersebut akan bersalaman atau berpelukan sebagai simbol persahabatan dan persaudaraan kedua negara yang sebenarnya bersaudara itu,” bebernya.

Selama lima hari berada di Korea Selatan nanti, sambung Wawan, selain melakukan pertunjukan wayang, dia juga akan memberikan paparan. “Saya akan presentasikan makalah mengenai perkembangan wayang di Indonesia,” ujarnya.

Tak cuma itu, Wayang Ajen juga akan melakukan pameran di acara tersebut. “Rencananya saya akan bawa sekitar 100 Wayang Golek Sunda khas Wayang Ajen untuk dipamerkan dalam acara itu,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan tim Wayang Ajen yang berangkat ke Korea Selatan nanti sebanyak 15 orang. Empat di antaranya adalah Dini Irma, istrinya yang merupakan manager Wayang Ajen Group, dua putrinya yang sudah beranjak dewasa Ajen Campakararang dan Purbasari Nuasri yang akan menari serta Cantiq, putri bungsunya yang akan bernyanyi salah satu lagu Korea.

Selain itu ada tim gamelan, make up & costume, audio visual, dokumentasi, dan kru lainnya. “Kata pihak pengundang semua tiket PP, visa, akomodasi dan makan ditanggung pihak panitia. Jadi kami berangkat tidak menggunakan APBD maupun APBN,” ungkap Wawan.

Ketika disinggung apakah nanti tampil di Korea Selatan membawa nama Indonesia akan mendapat dukungan dari Kemenpar, tempatnya bekerja?

“Saya sudah kontrak moral dengan institusi tempat saya bekerja. Ada dukungan atau tidak dalam setiap penampilan saya bersama Wayang Ajen Group di Indonesia maupun mancanegara, saya akan tetap mempromosikan pariwisata Indonesia dengan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia-nya,” tegas Wawan.

Undangan tampil di Korea Selatan, jelas menambah daftar panjang penampilan Wawan dan  grup Wayang Ajen-nya di pentas internasional. Sebelumnya, dia juga sudah dua kali tampil ngedalang di negeri K-Pop tersebut dan 50 negara lainnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1.  H. Wawan Gunawan alias Ki dalang Wayang Ajen saat tampil nge-dalang untuk menghibur dua orang Korea yang melakukan survei di Sanggar Wayang Ajen, Bekasi.
2. Julia alias Myungsun Lee, manager 2KM Company dari Seoul, Korea Selatan mengabadikan aksi Ki Dalang Wawan Ajen di Sanggar Wayang Ajen.
3. Mengabadikan penampilan Ajen dan Purbasari menari.
4. Ki Dalang Wawan Ajen berbincang dengan Jake alias Kyungmin Ko selaku CeO 2KM Company dan Julia.
5. Kedua agency dari Korea Selatan berfoto bersama usai menerima cinderamata dari Ki Dalang Wawan didampingi penterjemah dan Gaura.
6. Tim Wayang Ajen Group yang akan berangkat ke Korea Selatan, Oktober mendatang.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP