. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 23 Oktober 2017

Tampil di JFW 2018, Pamor Batik Jambi pun Kian Mentereng dan Berkelas

Lewat pagelaran busana bertajuk Jambi Kain Negeriku by Barli Asmara di Jakarta Fashion Week (JFW) 2018 yang berlangsung di samping Sency (Senayan City), Jakarta, Senin (23/10/2017), tak bisa dipungkiri membuat pamor Batik Jambi kian mentereng dan berkelas.

Pagelaran yang didukung Dewan Kerajinan Nasional Tingkat  Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi bekerjasama dengan perancang busana ternama Barli Asmara (39) ini berupaya untuk mengangkat Batik Jambi agar menasional bahkan mendunia.

Pagelaran yang dimulai jelang pukul 3 sore diawali dengan suguhan tarian tradisional modifikasi yang dibawakan 6 perempuan cantik yang mengenakan busana Batik Jambi berwarna hijau tosca dan balutan kain pink.

Rambut keenam penarinya disanggul. Mereka menari dalam gerakan cukup variatif dan energik tanpa alas kaki alias nyeker di arena catwalk.

Saat mereka menari, ada video yang menyuguhkan gambar Candi Muaro Jambi dan Jembatan Gentala Arasy yang keduanya menjadi ikon wisata Jambi.

Tak lama kemudian sejumlah peragawati kurus dan jangkung-jangkung satu per satu berlenggak-lenggok di atas catwalk berwarna putih.

Busana yang mereka kenakan semuanya berbahan Batik dan Songket Jambi sesuai tema dengan bermacam warna pastel seperti baby pink, light blue, peach, ungu muda, hijau, coklat bata, dan coklat muda.

Motif batik yang diangkat ada 8 yang bernuansa flora dan alam Jambi yakni motif daun karet, tampu manggis (diambil dari museum Jambi), durian pecah, sawit, rotan, bunga sepatu, kelupaku, dan motif Sungai Batanghari.

Kedelapan motif itu dituangkan dalam puluhan outfit busana bersiluet dengan cutting-an modern, klasik, dan glamor berupa gaun malam, juga potongan A-line dan potongan mermaid.

Sebagian besar busananya juga menggunakan layer atau buntut berupa kain Batik Jambi panjang yang menjuntai di belakangan maupun di samping kiri-kanan pemakainya sampai menyentuh lantai catwalk.

Secara keseluruhan busana Batik Jambi rancangan Barli Asmara (@barliasmara) yang ditampilkan di  runway stage bergengsi JFW 2018 hari ketiga yang memakai kain Batik Jambi jenis sutra, semi sutra kembang, viscose, sifon, dan organdi yang beraneka warna itu, begitu elegan.

Sejumlah peragawatinya mengenakan aksesoris di kepala dan  leher berwarna emas  koleksi Le Ciel Design (@leciel.design) dan sepatu high heels merek DEKAFE Shoes (@dekafeshoes_official) yang memberi kesan mewah dan percaya diri kuat, bak seorang putri raja dari sebuah kerajaan tempo doeloe di Jambi.

Barli Asmara dipercaya Dekranasda Provinsi Jambi merancang busana dari Batik Jambi untuk JFW 2018 ini bukan tanpa sebab.

Barli sendiri sudah menjadi Duta Jambi 2017 dan telah melakukan pembinaan, workshop, dan sosialisasi untuk pengembangan motif dan warna dari kain Batik Jambi selama kurang lebih sepuluh bulan terakhir ini.

Pantauan TravelPlus Indonesia, fashion show yang mengangkat Batik Jambi di JFW ke-10 yang bertema “Bhineka & Berkarya” sore itu, dipadati penonton.

Ada para fashionista, perancang busana, penikmat mode, artis, warga Jambi di Jabodetabek, dan tentu saja sejumlah jurnalis, blogger, dan fotografer.

Di ujung acara, Barli hadir diiringi puluhan peragawati cantik kombinasi wajah lokal dan indo bule.

Barli mendapat banyak karangan bunga dari sejumlah penggemarnya.

“Rancangannya simple tapi berkesan berkelas, mewah, dan mahal,” ujar salah seorang fashionista usai menikmati pagelaran busana Batik Jambi tersebut.

Menurut salah seorang panitia JFW 2018, kabarnya Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli, mantan model dan pemain sinetron bakal hadir.

Tapi sampai akhir acara, orang nomor satu di provinsi yang memiliki objek wisata alam Gunung Kerinci dan Geopark Merangin itu tidak terlihat batang hidungnya.

Namun di akun Instagram (IG) resminya @zumizolazulkiflijambi, gubernur terganteng se-Indonesia ini sempat mempromosikan fashion show Batik Jambi di JFW 2017 ini beberapa kali.

“Bagi pencinta Batik Jambi yang berada di Jakarta, mohon mampir di acara Jakarta Fashion Week di Senayan City hari ini jam 14.30. Ini kerjasama Dekarnasda Provinsi Jambi dengan Barli Asmara,” tulis Zumi Zola di IG-nya, Senin (23/10) pagi.

Zumi Zola menjelaskan keikutsertaan Jambi dalam JFW 2018 merupakan salah satu program Dekranasda Provinsi Jambi untuk terus mempromosikan Batik Jambi.

“Insya Allah upaya ini makin memperkuat branding Batik Jambi di tingkat Nasional,” ujar Zumi seperti tertera di IG-nya yang menyuguhkan video yang memuat kabar tentang keikutsertaan Jambi di JFW 2018.

Tak cuma itu, Zumi Zola juga mem-posting video lain yang menyuguhkan pengambilan gambar para model mengenakan busana Batik Jambi karya Barli Asmara di beberapa lokasi wisata kebanggaan masyarakat Jambi yakitu Candi Muaro Jambi di Kabupaten Muaro Jambi yang berjarak sekitar 1 jam dari Kota Jambi, dan Jembatkan Gentala Arasy yang membentang di Sungai Batanghari Kota Jambi.

Video yang disukai 8.095 warganet itu dikomentari 13 netizen. “Cantik batiknya pak, ceweknya juga😊,” komentar pemilik akun IG @dickyhandratma.

Sebagai informasi tambahan, pekan mode tahunan terbesar di Indonesia, JFW 2018 berlangsung sejak 21-27 Okrober 2017.

Selama sepekan, JFW 2018  menampilkan peragaan busana para perancang ternama seperti Deden Siswanto, Barli Asmara, Dian Pelangi, Jenahara, Zaskia Sungkar,  Oki Setiana Dewi, Ria Miranda, Chris Ran Lin, Nitin Bal, Chauhan, Novita Yunus, Rani Hatta, Danjyo Jiyoji, dan lainnya.

Tak ketinggalan kolaborasi dengan para mitra serta lembaga pemerintahan, seperti Bekraf, Dekranasda Jambi dan  DKI Jakarta, mau pun lembaga internasional antara lain Kedutaan Besar Swedia, Kedutaan Besar Australia, Fashion Design Council of India, The British Council, Korea Creative Content Agency, Korea Model Association, dan Japan Fashion Week Tokyo.

JFW 2018 juga diramaikan dengan berbagai acara bincang-bincang dan kompetisi untuk para desainer dan fashionista yang diselenggarakan oleh para mitra antara lain Himpunan Desainer Interior Indonesia.

Ada pula Fashionlink Showroom dan Fashionlink Market di The Hall, Sency.

Fashionlink berlangsung selama 5 hari, sejak Senin, 23 Oktober sampai penutupan JFW 2018 Jumat, 27 Oktober 2017.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Angkat pamor Batik Jambi lewat Jakarta Fashion Week (JFW) 2018 hari ketiga, 23 Oktober 2017.
2. Runway stage bergengsi JFW 2018 . 
3. Elegan dan percaya diri.
4. Barli Asmara kebanjiran karangan bunga usai pagelaran Batik Jambi di JFW ke-10.
5. Simple tapi mahal. 
6. Batik Jambi jadi berkelas lewat JFW 2018.
7. Cutting modern untuk Batik Jambi.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP