. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 04 Oktober 2017

Kota Tasikmalaya Bisa Jadi Center Priangan Timur? Ini Pesan Menpar Arief Yahya

Kota Tasikmalaya lebih cocok menjadi kota jasa dan perdagangan serta potensial menjadi center-nya Priangan Timur.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam sambutannya di acara peluncuran Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Rabu (4/10).

“Tasikmalaya kuat di ekonomi kreatif-nya seperti bordir, payung geulis, batik, sendal kelom, dan lainnya,” kata Arief Yahya disambut tepuk tangan tamu undangan.

Menurut Arief, Tasikmalaya tidak cocok jadi kota industri, sebab pabrik-pabrik besar tidak layak di kotamadya. “Cocoknya Tasikmalaya jadi kota jasa dan perdagangan, minimal jadi center-nya untuk wilayah Priangan Timur. Kalau untuk se-Jawa Barat masih kalah dengan Bandung,” terangnya.

Contohnya Singapura, lanjut Arief Yahya setelah ditetapkan sebagai pusat perdagangan dunia, negara mungil itu kemudian menjadi negara tujuan wisata.

Begitupun Bali yang ditetapkan sebagai tourism hub. “Ketika Bali sukses jadi pusat pariwisata, dia juga jadi pusat perdagangan,” terangnya.

Arief Yahya pun mengapresiasi penyelanggaraan TOF 2017 sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata dan khasanah budaya serta produk kreatif unggulan dalam rangka mewujudkan visi Tasikmalaya sebagai “Kota Industri dan Perdagangan Termaju di Jawa Barat Tahun 2025”.

“Tadi saya sudah lihat, tariannya ok, fashion-nya juga ok tapi sebaiknya untuk fashion bordir, batik dan lainnya gunakan desainer ternama misalnya Ivan Gunawan atau Dian Pelangi. Untuk carnival buat TOF-nya minta bantuan Dynand Fariz yang sukses menduniakan Jember Fashion Carnival,” imbau Arief Yahya.

Walikota Tasikmalaya H. Budi Budiman menjelaskan TOF yang berlangsung pada 14-17 Oktober 2017 diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kota Tasikmalaya yang ke-16.

Selain itu, sebagai strategi city branding atau pencitraan kota. “Tema yang diangkat kali ini adalah Dari Tasikmalaya untuk Semua,” terang Budi.

Serangkain acara bakal menyemarakkan TOF 2017 antara lain pameran produk kreatif (TCF), pameran produk kuliner Tasik Halal Culinary Festival, parade budaya Tasik Culture Carnival (TCC), dan Tasikmalaya Great Sale serta pekan diskon di semua toko yang berpartisipasi.

“Ada juga talk show kerjasama pengembangan invetasi dalam Tasik Investment Expo and Conference atau TIEC,” terang Budi.

Launching TOF 2017 sendiri berlangsung menarik. Ada suguhan Tari Rampak Gendang yang dibawakan 5 penari perempuan mengenakan pakaian bergaya kabaret dengan hiasan bulu di kepala, sambil masing-masing penari memukul gendang dengan penabuh dari kayu.

Tariannya bergaya kocak dan menghibur dengan iringan live music oleh 9 pemain musik dan 2 perempuan sebagai penyanyi.

Selain itu ada tarian payung kertas yang dibawakan 5 penari perempuan berbusana kebaya hijau seraya membawa payung kertas merah, pink, hijau, biru, dan kuning.

Dilanjutkan dengan penampilan dua penyanyi asal Tasikmalaya yang membawakan masing-masing lagu berjudul Tasik Bertaqwa dan Pesona Indonesia, theme song-nya branding pariwisata Indonesia.

Menariknya lagi, seluruh tamu yang hadir mulai dari PNS Disbudpar Kota Tasikmalaya, para seniman, SKPD Kota Tasikmalaya sampai Menpar Arief Yahya, Walkot Tasikmalaya H. Budi Budiman, Kepala Disporabudpar Kota Tasikmalaya H. Undang Hendiana, Kabid Promosi Wisata Kemenpar H. Wawan Gunawan, dan lainnya kompak mengenakan pakaian pangsi serba hitam dengan sandal serta ikat kepala khas Tasikmalaya berwarna senada.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Peresmian launching Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017 dengan memukul gendang.
2. Menpar Arief Yahya memberikan cinderamata kepada Walkot Tasikmalaya H. Budi Budiman.
3. Para pengisi acara launching TOF 2017 di Jakarta

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP