. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 21 Agustus 2017

Intip Latihan Musikal ‘BABE’ Muka Kampung Rejeki Kota Bareng Maudy Koesnaedi

“Malam mas Adji.., info aja nih, mbak Maudy sudah ada di Nyi Ageng Serang ya..,” begitu pesan WA dari Lia, asisten Maudy Koesnaedi kepada TravelPlus Indonesia, Senin (21/8/2017) pukul 08.04 malam.

Senin malam, TravelPlus Indonesia memang sudah janjian dengan Lia sejak beberapa pekan lalu untuk bertemu Maudy Koesnaedi perihal wawancara kegiatannya terkini terkait persiapan pementasan musikal berjudul BABE Muka Kampung Rejeki Kota, produksi Teater Abnon (Abang-None).

Siiip saya langsung ke situ. Saya sudah dekat koq, sekarang  di Gedung Pusat Perfilman Usman Ismail,” balasku.

Oiya info lagi, mbak Maudy jam 21 .00 harus pulang dulu,” lanjut Lia.

Tak sampai 5 menit, TravelPlus Indonesia sampai di Gedung Nyi Ageng Serang. “Itu mbak Maudy-nya lagi mau makan,” kata Lia.

“Halo mas adji, di sini aja ngobrolnya,” sapa Maudy ramah.

Malam itu, perempuan 42 tahun itu yang akrab disapa Imod itu tampil bersahaja. Dia mengenakan baju berwarna dan celana hitam, rambut lurus panjangnya dibiarkan terurai. Kecantikannya tetap memesona.

“Oke, Imod habiskan aja dulu makannya,” balasku.

Ngak apa-apa mas, nanti aja saya lanjutin makannya. Soalnya jam 9-an saya juga harus pulang dulu,” jawabnya.

Imod pun meletakkan nasi kotaknya, lalu bercerita.

“Musikal ini produksi Teater Abnon ke-10. Judulnya BABE Muka Kampung Rejeki Kota yang diangkat dari buku biography seniman Betawi Benyamin S dengan judul yang sama,” ujarnya.

Selain sebagai penulis naskah, Maudy mengaku juga sekaligus produsernya. “Nanti Imod ikut main” tanyaku.

“Kalau Cornelia Agatha jadi main sebagai bintang mau, saya akan ikut main juga. Karena di lagu-nya Si Doel ada kejutan buat keluarganya si Doel,” jelas pelakon Zaenab dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang melambungkan namanya ini.

“Saya sudah ngobrol sama Cornelia soal ini. Bisa atau tidaknya dia luangkan waktu, masih belum fix,” tambah Maudy yang pernah jadi None Jakarta tahun 1993.

Selanjutnya istri Frederik Johannes Meijer asal Belanda dan ibu dari Eddy Maliq Meijer ini menjelaskan bahwa musikal BABE menceritakan kehidupan seniman Betawi, Benyamin S (almarhum) dalam 5 sketsa mulai dari Benyamin kecil, remaja, dewasa 1, dewasa 2, dan masa Benyamin S tua. “Durasinya sekitar 2 sampai 2,5 jam,” terang Maudy.

Jumlah pemain yang terlibat sekitar 35 Abnon ditambah bintang tamu, jadi sekitar 40-an orang. “Abnon yang sudah jadi public figure yang ikut bermain di BABE ini antara lain Tommy Tjokro pembaca berita TV, Iman Wibowo, Ayumi Astriani, dan Astry Ovie yang sama-sama penyiar radio, ditambah Indra Bekti  serta Abnon Jakarta lainnya yang tergabung dalam Teater Abnon,” tambah Maudy.

“Sejak beberapa bulan ini, hampir tiap malam kami latihan di sini. Selepas Isya sampai tengah malam,” beber pemilik akun Instagram @maudykoesnaedi dan akun twitter @mpokmod ini.

Menurut Maudy pertunjukkan musikal BABE yang juga didukung Bakti Budaya Djarum Foundation ini nantinya akan ditampilkan 3 kali di Graha Bhakti Budaya (GBB), Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

“Hari Kamis malam, tanggal 14 September 2017 untuk undangan, lalu tanggal 15 dan 16 September atau Jumat dan Sabtu malam-nya pukul 19.30 baru untuk umum, jadi tiga kali show,” tambahnya.

Target penontonnya 1.600 orang dalam 2 pementasan untuk umum, sesuai kapasitas GBB yang mampu menampung 800 orang.

Tiketnya sendiri sudah dijual sejak Agustus 2017. Untuk VIP Rp 500 ribu, Kelas 1 Rp 300 ribu, dan Kelas 2 Rp 200 ribu per orang.

Tiket online-nya dapat dibeli di Blibli.com dan bisa juga pesan di Kayan Production. “Sampai saat ini penjualan tiket early bird sudah hampir 90 persen, kalau untuk umum belum full,” aku Maudy.

Dua tahun lalu, lanjut Maudy, Teater Abnon memproduksi pementasan berjudul Jawara yang juga bermuatan budaya Betawi di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

“Ketika itu hampir 90 persen terisi. Mudah-mudah musikal BABE ini penontonnya juga penuh,” harap Maudy.

Selepas bercerita panjang lebar, Maudy mengajak TravelPlus Indonesia menyaksikan para Abnon latihan untuk pementasan musikal BABE.

“Itu yang rambutnya agak gondrong ikal sutradara BABE, namanya Agus Noor. Kalau penata musiknya Ifa Fachir,” terang Maudy seraya duduk di kursi sambil melanjutkan makan malamnya dengan nasi kotak.

Saat makan, Aktris Pembantu Terbaik di Indonesia Movie Awards 2014 dan Nominasi Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik di FFI 2014 serta Nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik di Piala Maya 2014 untuk perannya sebagai Inggit Ginarsih di film Soekarno: Indonesia Merdeka tahun 2013 lalu ini tetap fokus melihat para Abnon berlatih.

“Saya hanya pantau aja, untuk urusan acting dan blocking sudah ada sutradaranya yang atur,” ujarnya.

Selesai makan, TravelPlus Indonesia meminta Maudy untuk difoto.

“Saya pake lipstikan dan sisiran rambut dulu ya mas,” ucap Maudy yang tahun ini baru saja bermain di film Surat Kecil untuk Tuhan sebagai Mama Soraya.

“Oiya mas, dimakan dulu rotinya, airnya juga diminum,” ujarnya.

Tak lama berselang Maudy datang siap untuk dipotret. Dia tidak ganti baju, dandanannya simple, berbedak tipis senada kulitnya dengan lipstik berwarna merah yang sekadarnya.

Justru dengan kesederhanannya itu, aura kecantikan perempuan yang pernah dianugerahi predikat salah satu dari 50 Wanita Tercantik di Indonesia ini semakin keluar,  ya cantik natural.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Maudy Koenaedi jadi penulis naskah dan produser musilal BABE Muka Kampung Rejeki Kota.
2. Demi 'BABE', setiap malam berlatih keras di gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jaksel.
3. Suradara 'BABE' Agus Noor (berkaos putih) sambil duduk  mengarahkan para pemainnya.
4. Para Abnon yang tergabung dalam Teater Abnon serius berlatih.
5. Kata Imod panggilan akrab Maudy Koesnaedi, musikal BABE ini produksi Teater Abnon ke-10.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP