. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 24 Juni 2017

Wisatawan Malaysia Pilih Shalat Idul Fitri di Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Tak bisa dipungkiri pesona Masjid Raya Baiturahman di Banda Aceh begitu kuat. Terlebih setelah wajahnya dipoles sedemikian rupa hingga kini tampil lebih kinclong dan modern. Buktinya wisatawan asal negeri jiran Malaysia banyak yang terpesona hingga rela meluangkan waktu untuk bisa shalat Idul Fitri saat berlibur Lebaran 2017 di Serambi Mekah ini.

Wisatawan dari negeri tetangga itu sengaja membeli Paket Wisata Pesona Lebaran di Aceh yang salah satu mata acaranya adalah Shalat Idul Fitri di masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022H/1612 M yang kemudian menjadi ikon pariwisata Aceh tersebut.

Pimpinan Great Wall Tour, Mahlizar membenarkan hal itu dan mengatakan ada beberapa rombongan tour khususnya dari Kuala Lumpur dan Seulangor yang akan berwisata dan berlebaran Idul Fitri di Aceh.

Menurut Mahlizar motif utama kunjungan orang Malaysia ke Aceh saat Lebaran tahun ini selain ingin merasakan nuansa Lebaran di Aceh, juga berkeinginan untuk melakukan Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baiturahman yang kini berpenampilan baru dengan 12 payung raksasanya.

“Mereka juga ingin mencicipi makanan khas Lebaran di Aceh sambil bersilaturahmi dengan masyarakat Aceh,” terang Mahlizar dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

Tour operator lainnya, Sardifa Travel juga mengatakan hal yang sama. Menurut pimpinannya beberapa rombongan keluarga berasal dari Jakarta juga akan berkunjung ke Aceh.

“Mereka ingin merasakan syahdu dan nuansa Idul Fitri, khususnya shalat Idul Fitri bersama dengan masyarakat Aceh,” terangnya.

Paket Wisata Pesona Lebaran di Aceh yang dirancang khusus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh memang  melibatkan sejumlah tour operator.

Kepala Disbudpar Aceh Reza Fahlevi menjelaskan pihaknya merancang dan mempromosikan Paket Wisata Pesona Lebaran di Aceh ini dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan Aceh kepada wisatawan, khususnya pada momen unik dan khusus seperti Lebaran ini.

"Lebaran di Aceh tentu sangat berbeda dengan daerah-daerah lainnya, karena keunikannya yang sarat dengan berbagai aktivitas spiritual sebagai sebuah tradisi menarik, sehingga menjadi ajang meluapkan suka cita untuk membawa keluarga melancong ke berbagai destinasi wisata menarik selama di Aceh," ujar Reza.

Ada banyak tradisi yang menarik untuk diikuti selama lebaran di Aceh yang termasuk dalam peket ini, seperti pawai malam takbiran, "teut beude" atau meriam bambu yang saling bersahutan antar kampung, shalat Ied bersama keluarga, bersilahturahmi, berziarah, menikmati sajian kuliner khas lebaran dan mengunjungi objek-objek wisata menarik dan bersejarah lainnya.

Kata Reza pihaknya juga menyiapkan 10 top destinasi yang wajib dikunjungi selama Lebaran di Aceh yakni Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Museum Tsunami Banda Aceh, PLTD Apung Banda Aceh, Pantai Lampuuk Aceh Besar, Monumen Kilometer Nol RI Sabang, Pantai Iboih Sabang, Pantai Anoi Itam Sabang, Danau Lut Tawar Aceh Tengah, Pacu Kude Gayo, dan Komplek Kerajaan Samudera Pasai Aceh Utara.

Promosi yang dilakukan Disbudpar Aceh, lanjut Reza memang  bersinergi dengan pelaku industri pariwisata.

Selain itu bekerjasama dengan komunitas dan juga lewat media sosial (medsos) dengan menggunakan beberapa tagar #MudikPenuhPesona, #MudikWisataKemana, #LebarandiAceh, dan #CahayaAceh.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disbudpar Aceh Rahmadhani menambahkan informasi pesona lebaran di Aceh juga sangat gencar dimainkan di sejumlah akun medsos milik Disbudpar Aceh.

"Mulai dari Pesona Ramadhan, Pesona Kuliner, hingga Pesona Lebaran juga kita tampilkan sejumlah foto menarik dalam dua bahasa di akun Instagram @acehtourism.travel serta di Twitter dan Facebook Disbudpar Aceh," ungkap Rahmadhani.

Sebelumnya Disbudpar Aceh juga sukses me-launching dan mempromosikan Paket Wisata Pesona Ramadhan 1438 Hijriah, yang juga berhasil menjaring wisatawan nusanatara dan mancanegara terutama asal Malaysia.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh diminati wisman Malaysia untuk Shalat Idul Fitri tahun ini.
2. Kadisbupar Aceh Reza Fahlevi.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP