. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 25 Juni 2017

Gunung-Gunung Ini Diserbu Pendaki Pasca-Lebaran, Promonya Via Instagram

Lepas ‘puasa’ mendaki gunung selama sebulan Ramadhan, kaki-kaki para pendaki sudah ‘gatal’ ingin mendaki gunung lagi selepas merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Rupanya hasrat mendaki para pemburu atap-atap bumi berparas molek itu sudah tak tertahankan.

Buktinya sSejumlah tur operator pendakian berbasis komunitas atau indie travel pun membaca geliat itu lalu membuat paket-paket pendakian untuk pendakian akhir Juni samapi agustus 2017. Dan ternyata peminatnya luar biasa.

Berdasarkan paket-paket pendakian massal (penmas) maupan dalam jumlah (kuota) terbatas yang dibuat opetrator trip/komunitas dan atau perorangan, TravelPlus Indonesia mencatat ada beberapa gunung yang paling diincar para penggila ketinggian usai Lebaran yakni Gunung Merbabu (Jateng), Marapi (Sumbar), Rinjani (Lombok-NTB), Semeru (Jatim), Kerinci (Jambi), Lawu (Perbatasan Jateng-Jatim), dan Prau (Jateng).

Gunung Merbabu yang berketinggian 3.142 Mdpl dan memiliki 7 puncak ini kerap diburu pendakai lantaran berpanorama khas berupa lembah dan lerang savana serta memiliki 7 puncak (seven summits). 

Ada 4 jalur pendakian yang biasa dipakai pendaki untuk mencapai puncak-puncak Merbabu, yakni jalur Wekas, Chuntel, Gentis, dan Thekelan. Namun yang paling popular jalur dari Wekas dan Thekelan.

Jalur Wekas sangat populer dikalangan pendaki Kabupaten dan Kota Magelang. Selain lebih dekat juga banyak terdapat sumber air. Waktu tempuhnya sekitar 6-7 jam. Jalur Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Ketasan, Kabupaten Semarang diminati kalangan pendaki di Kabupaten dan Kota Semarang.

Pasca-Lebaran komunitas track mountain lewat akun instagramnya @ trackmountain menggelar open trip pendakian bertajuk Ekspresi Persahabtan part VI ke gunung ini pada tanggal 29 Juni s/d 1 Juli 2017 dengan biaya Rp 300 ribu per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk transport Terminal Magelang-Basecamp Wekas PP, tiket pendakian, t’shirt, tenda dan neskom, merchandise, guide, dan makan sebelum/sesudah pendakian ini. Meeting point (mepo)-nya di Terminal Magelang.

Gunung Semeru atau atapnya Jawa bernama Mahameru yang berketinggian 3.676 mdpl juga menjadi gunung favorit pendaki Indonesia.

Gunung dengan kawah di puncaknya yang berlabel Jonggring Saloko ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Usai Lebaran tahun ini, sejumlah pendakian ke gunung ini digelar oleh komunitas baik dalam kelompok kecil maupun pendakian massal, salah satunya komuntas sahabat pendaki. Lewat akun instagramnya @sahabat_pendaki membuka open trip pendakian ke Mahameru, puncaknya Gunung Semeru selama 4 hari 3 malam dengan biaya 645 ribu per orang, minimum 10 orang.

Biaya tersbut sudah termasuk tranportasi dari Stasiun malang-Ranupani-St Malang, tiket masuk TNBTS, 2X makan dibasecamp, Tenda, Matras, kompor untuk grup, merchandise, porter grup, dan tour guide. Meeting point-nya di Stasiun Malang, Jatim.

Komunitas lainnya yakni Pendaki Tangerang lewat akun instagramnya @pendaki_tangerang juga mengadakan pendakian bersama ke Mahameru bertajuk 3 Nights in Semeru Part 3 pada tanggal 29 Juli-3 Agustus.

Biayanya Rp 765 ribu per orang sudah termasuk kereta api dari Stasisun Senen Jakarta ke Malang PP, jeep PP, angkot PP, makan 2 kali, tenda dan nesting serta kompor per kelompok, guide, surat izin masuk kawasan, dan P3K. Mepo-nya di Staisun Senen, Jakarta.

Sementara komunitas Pendaki Indonesia via akun Instagram @pendakiindonesia juga mengadakan pendakian Gunung Semeru bertajuk Seven Shelter di Mahameri tanggal 15-20 Agustus 2017 dengan biaya Rp 950 ribu. Mepo-nya di Stasiun Senen Jakarta.

Gunung Rinjani yang berketinggian 3.726 mdpl di Pulau Lombok, NTB, masih menjadi gunung berapi favorit pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Dari puncaknya, saat cuaca cerah di pagi hari pendaki disuguhi ‘sarapan’ panorama Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen-Merapi di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa.

Objek menarik berpanorama indah juga sudah didapat sebelum puncak, antara lain Segara Anakan, sebuah danau kawah di ketinggian 2.000 mdpl.

Ada dua jalur yang biasa digunakan poendaki yakni dari Desa Senaru (500 mdpl) dan Desa Sembalun Lawang (1.200 mdpl). Namun jalur mendaki yang paling disukai pendaki dari Sembalun karena bisa hemat 700m ketinggian lalu turun ke Senaru.

Pasca-Lebaran ini, sejumlah komunitas pendaki menggelar pendakian ke Rinjani, salah satunya Pendaki Cantik.

Lewat akun instagramnya @pendakicantik mengadakan pendakian bersama berjudul Heavenly Rinjani pada tanggal 17-21 Agustus 2017 dengan biaya Rp 1,5 juta, mepo-nya di Lombok International Airport (LIA).

Biaya tersebut sudah termasuk transport Lia-pos pendakian PP, makan sebekum dan sesudah pendakian, logistik pendakian dan makan selama pendakian, tenda dan alat masak, alat makan, tiket masuk kawasan wisata, team leader, porter team, doorprize, dokumentasi, dan jodoh jika beruntung.

Gunung Marapi Sumatera Barat (Sumbar) yang tergolong paling aktif di Sumatera ini juga jadi incaran para pendaki setelah Lebaran. Soalnya banyak pendaki yang pemasaran ingin melihat wajah pucaknya setelah sempat erupsi kecil saat puasa pekan kedua Ramadhan kemarin.

Gunung berketinggian 2.891 mdpl ini dapat dilihat dari Bukit Tunggi, Padanpanjang dan Kabupaten Tanah Datar.

Usai Lebaran, sejumlah pendaki dari berbagai komunitas di Kota Padang dan sekitarnya berencana mendaki gunung ini.

Gunung Kerinci yang berketinggian 3.805 mdpl sekaligus menjadi gunung aktif tertinggi Pulau Sumatera, juga diburu para sahabat atap bumi setelah Lebaran ini.

Pemilik akun @ridwan.maulana.yusuf misalnya membuat open trip Gunung Kerinci plus Danau Gunung 7 pada tanggal 15-20 Agustus 2017 dengan biaya Rp 2,2 juta per orang. Mepo-nya di Jakarta menggunakan pesawat.

Biaya tersebut sudah termasuk Transpor PP-Jakarta-TNKS, tiket masuk kawasan TNKS, makan/logistik selama pendakian, alat camping dan cooking set, medical kit, guide hiking, kaos kegiatan, souvenir dan doorprize. Kalau MP-nya di Padang biayanya Rp 950 ribu per orang.

Pendaki luar Sumatera yang datang ke Kabupaten Kerinci sampai kini lebih banyak lewat Padang, Sumatera Barat. Pasalnya jarak dari Padang ke Sungai Penuh, kota terdekat dengan Kabupaten Kerinci ini hanya 249 Km dengan waktu tempuh selama 6 jam melewati Muara Labuh. Rute lainnya Padang-Painan-Tapan-Sungai Penuh sekitar 277 Km.

Kalau dari Jambi berjarak 465 Km ke Kerinci selama lebih dari 12 jam dengan rute Jambi-Bangko-Sungai Penuh. Bayangkan dua kali lipat beda jarak dan waktu tempuhnya dibanding lewat Padang. Bahkan kalah cepat dibanding dari Bukit Tinggi, kota lain di Sumbar yang hanya berjarak 350 Km dengan rute Bukit Tinggi-Solok-Muara Labuh-Sungai Penuh.

Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jateng dan Jatim, usai Lebaran juga diminati pendaki. Komunitas Pendaki Peduli lewat akun instagramnya @pendakipeduli misalnya menggelar pendakian bersama dalam jumlah terbatas ke gunung berketinggian 3.265 Mdpl ini lewat jalur Chetho pada tanggal 22-23 Juli 2017 dengan biaya Rp 80 ribu per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk simaksi, tenda per tim, makan 1X sebelum pendakian, snack, stiker dan doorprize. Mepo-nya di basecamp Cheto.

Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang hanya berketinggian 2.565 Mdpl juga diserbu para pemburu puncak-puncak gunung berpanorama menawan setelah Lebaran ini.

Komunitas kompas.adventure lewat akun Instagram-nya @kompas.adventure contohnya menggelar pendakian ke gunung cantik ini dengan kuota terbatas pada tanggal 14-16 Juli 2017 dengan biaya Rp 550 ribu per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk transport PP Si kasi/tiket masuk, tenda dan alat masak, logistic pendakian, makan malam di gunung, tour leader, teman baru dan dokumentasi. Mepo-nya di Terminal Cicaheum, Bandung.

Pendaki yang ingin ikut harus membawa matras dan SB, cemilam pribadi, baju ganti, peralatan mandi, obat-obatan pribadi, senter/headcamp, sendok dan piring plastik. Prau kerap diburu pendaki lantaran pesona dari puncaknya sungguh luar biasa. Dari atapnya, duabelas (12) gunung terlihat jelas, seolah memagari dan menjaganya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji, iwoel & rinjanitrekker

Captions:
1. Menapaki jalur pendakian Gunung Merbabu.
2. Gunung Merbabu punya seven summits.
3. Pesona Gunung Semeru.
4. Spot tercantik Gunung Rinjani.
5. Menuju puncak Gunung Marapi.
6. Gagahnya Gunung Kerinci.
7. Menikmati senja di taman teletubis puncak Gunung Prau.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP