. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 23 Maret 2017

Pelni Tambah Satu Kapal, Akses ke Karimunjawa pun Semakin Mudah

Pesona Kepulauan Karimunjawa kian diminati wisatawan. Buktinya sejak 11 Maret 2017 lalu, PT Pelni (Persero) menambah satu kapal penumpang yang menuju ke Karimunjawa, Jawa Tengah, yaitu KM Lawit. Sebelumnya sudah beroperasi KM Kelimutu.

Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio mengatakan KM Lawit sudah berlayar ke Karimunjawa terhitung 11 Maret kemarin. Kapal berkapasitas 1000 orang ini sandar di Karimun Jawa setiap hari Sabtu pada pekan ke-2 dan pekan ke-4 setiap bulannya.

Berangkatnya dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Sabtu pagi pukul 08.00 kembali pukul 23.00 Sabtu malam atau hari itu juga.

“Jadwal KM Lawit ini juga diharapkan mampu mendorong aktivitas perekonomian penduduk di Kepulauan Karimunjawa yang hendak ke Semarang,” terang Didik.

Berbeda KM Lawit, KM Kelimutu yang sudah masuk di Karimun Jawa sejak 2015 ditujukan untuk mengangkut wisatawan dari Semarang yang akan menuju Kepulauan Karimun Jawa. KM Kelimutu berangkat dari Semarang setiap Jumat malam pukul 24.00, dan kembali ke Semarang pada Minggu siang pukul 13.00. 

KM Kelimutu sendiri berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang ke Karimunjawa pada pekan ke-1 dan ke-3 setiap bulannya. “Dengan begitu, setiap pekan ada satu kapal Pelni yang melayani kebutuhan transportasi antara Semarang-Karimunjawa-Semarang atau sebaliknya. Dengan pelayanan di atas kapal yang semakin baik dan lengkap, kami sungguh kontribusi Pelni kepada perekonomian masyarakat maupun industri pariwisata dikedua wilayah tersebut dapat semakin besar,” terang Didik.

KM Kelimutu juga menjadi salah satu kapal utk kegiatan Study on Board dari Semarang dan Karimunjawa. “Ke depannya kami akan mencoba menawarkan kepada wisatawan dari Kumai yang akan berwisata ke Karimunjawa,” akunya.

Selain mengangkut penumpang dari dan menuju Kepulauan Karimunjawa, KM Kelimutu juga dijadikan sebagai hotel terapung selama bersandar di Kepulauan Karimunjawa. Dengan waktu sandar yang lebih dari 24 jam, sudah beberapa travel perjalanan lokal yang memberikan paket wisata yang menyertakan kapal Pelni sebagai hotel terapung bagi wisatawan yang berminat berkeliling Karimun Jawa selama akhir pekan.

Manager PR & CSR PT. Pelni (Persero) Akhmad Sujadi menambahkan untuk paket wisatanya, lanjut Akmad tergantung penumpang kapal kelas apa. “Nanti kami ber-partner dengan pengelola wisata lokal di Semarang,” terangnya.

Leboh rinci Akhmad menjelaskan KM Kelimutu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang setiap Sabtu pukul 01.00 dini hari, tiba di Karimunjawa Sabtu pagi pukul 06.00 P/P regular. Turunnya lewat Rede (perahu rakyat) P/P yang ikut paket wisata langsung tur laut sesuai paket yang di beli.

Paket wisata bervariasi, ada yang harganya Rp 900 ribu, Rp1. 250 ribu, dan ada yang Rp 1,5 juta dan seterusnya. Setiap paketnya dipandu oleh pemandu wisata lokal yang sudah bersertifikat, durasinya sampai sore hari.

Setelah tur kembali ke penginapan entah itu homestay/hotel. Minggu pagi pukul 08.00-11.00 tur darat ke objek-objek wisata yang ada di darat, kemudian kembali ke kapal dan pukul 13.00 siang kapal bertolak ke Semarang.

“Ongkos KM Kelimutu dari Semarang ke Karimunjawan untuk Kelas 1 dewasa Rp 352.00 Anak-anak Rp 270.00 Balita Rp 39.800. Untuk Kelas II Dewasa Rp 296.000, anak-anak Rp 228.000, dan Balita Rp 33.800 Sedangkan rute dari Karimun Jawa ke Semarang Kelas I Dewasa Rp 390.000, Anak-anak Rp 257.000, Balita Rp 39.800. Sedangkan Kelas II Dewasa Rp 283.000, Anak-anak Rp 215.000, dan Balita Rp 33.800. Sementara untuk Kelas Ekonomi Rp 249.000,” pungkas Akhmad.

Travel Plus Indonesia sendiri mencatat, selain dengan kedua kapal Pelni tersebut, ada beberapa kapal Fery yang berangkat dari Jepara ke Karimunjawa PP, antara lain Fery Jepara dan Express Jepara, serta Express Semarang Kendal.

Untuk paket wisatanya memang bermacam-macam, antara lain Paket Open Trip 3 Hari 2 Malam seperti yang ditawarkan @karimunjawa_trip. Harganya Rp 730 ribu dengan Fery Jepara, Rp 920 ribu (Express Jepara), dan Rp 975 ribu (Express Semarang Kendal). Kalau yang mendaftar 6 orang langsung diskon 50.000/orang.

Adapun objek wisata yang dikunjungi peserta paket trip tersebut antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Besar, Cemara Kecil, Pantai Tanjung Gelam, Spot Umair, Spot Gosong, dan Spot Nemo.

Fasilitas yang didapat setiap peserta paket tersebut antara lain Tiket Kapal Jepara - Karimunjawa PP, transport ke penginapan PP, Penginapan 3 Hari 2 Malam, kapal untuk keliling pulau dan snorkeling, makan 5x, tiket masuk ke pulau-pulau dan Penangkaran Hiu, serta tiket masuk Taman Nasional.

Selain itu bakar ikan 1x, welcome drink, snack, aqua, P3K, dan lainnya, sewa alat snorkeling lengkap, dokumentasi GoPro, dan pemandu.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @pelniline & @karimunjawa_trip

Captions:
1. KM Lawit milik Pelni
2. Taman Nasional Karimunjawa
3. Bermain dengan hiu di periaran Karimunjawa

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP