. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 31 Maret 2017

Kiat Untung Berburu Paket Wisata Selam di Deep & Extreme Indonesia 2017

Ada banyak keuntungan yang bakal Anda peroleh jika mengunjungi Deep & Extreme Indonesia (DEI) 2017 yang tengah berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta sampai 2 April. Selain dijamin lebih memudahkan Anda mendapatkan berbagai peralatan diving (menyelam), pun Anda bakal lebih praktis menemukan paket-paket wisata diving sesuai minat.

Sebelum melangkah ke pameran tahunan yang erat kaitannya dengan dunia diving dan bahari ini, ada baiknya Anda simak tips berburu paket wisata selam sesuai pengalaman dan pengamatan TravelPlus Indonesia disela-sela meliput talkshow bertema “Indonesia Bangsa Penyelam” yang dihelat Masyarakat Selam Indonesia (MASI) untuk mengedukasi pengunjung DEI 2017 di JCC, Jumat (31/3).

Pertama-tama, Anda catat daerah mana saja yang ingin diselami. Setidaknya Anda punya 3 calon daerah, misalnya Kepulauan Togean diSulawesi Tengah, Taman Nasional Taka Bonerate di Una-Una-Sulawesi Selatan, dan Perairan Taman Nasional Komodo di Flores NTT.

Dengan memiliki calon daerah yang ingin Anda salami, akan memudahkan Anda untuk mencari booth yang menjual paket-paket wisata di ketiga daerah tersebut. Jadi lebih fokus.

Datangilah satu-per satu booth Togean, Taka Bonerate, dan Pulau Komodo atau booth yang khusus yang menjual paket wisata menyelam di ketiga daerah yang ingin Anda salami tersebut.

Temui penjaga booth, lebih bagus lagi kalu bertemu dengan operator tour-nya. Kalau bisa, jangan cuma mengambil lembaran (brosur, leaflet) paket wisata diving dan kartu nama operator tour-nya, ada baiknya Anda menggali informasi lebih jauh dengan tour operator-nya mengenai spot-spot diving yang terbaik di ketiga destinasi selam yang ingin Anda salami tersebut.

Setelah mendapat informasi lengkap termasuk nomor contact person tour operator-nya, Anda bisa melanjutkan penjelajahan ke booth-booth lainnya untuk mencari paket wisata selam cadangan, atau berbelanja perlengkapan diving, atau bisa juga mengikuti talkshow/seminar yang ada kaitannya dengan dunia diving dan bahari agar wawasan semakin meluas.

Catat juga tips berburu paket wisata selam dari Ketua MASI Ricky Soerapoetra. Menurut Ricky, sebaiknya Anda memilih dive tour operator yang sudah berstandar internasional.

Kata Ricky, hampir semua tour operator khusus menyelam yang ada di DEI 2017 itu menghindahkan namanya “Safety for joyful”.

Semakin mahal paket diving yang ditawarkan sebuah operator, sambung Ricky, biasanya diiringi dengan service yang semakin baik. “Jadi jangan khawatir, saya mengalami sendiri,” akunya.

Sebagai informasi tambahan, TravelPlus Indonesia mencatat beberapa harga paket wisata menyelam yang ditawarkan di beberapa booth DEI 2017.

Tour operator Selayar Dive & Adventure di Booth Taka Bonerate misalnya menawarkan sejumlah paket wisata menyelam di Taka Bonerate. Harga paketnya dari Rp 18 juta hingga Rp 33 juta.

Paket Tanabo Rame-Rame dengan durasi 5 Hari 4 Malam (5D4N) dipatok dengan harga Rp 18 juta dengan rincian 4 hari 3 malam di Tanabo dan 1 malam di Selayar, rombongan terdiri atas 8-10 orang, aktivitaa snorkeling, sudah termasuk full alat snorkeling dan 2 pemandu.

Selain itu ada Paket Tinabo Family (5D4N) Ro 11 juta, Tanabo Honeymoon (4D3N) Rp 10 juta, Diving Timur Selayar (4D3N) Rp30 juta, dan paket Diving Taka Bonerate (5D4N) Rp 33 juta

“Ada juga paket khusus Diving per hari per orang dua kali menyelam minimal 3 orang Rp 700 ribu per orang,” kata Aulia Fadli tour operator dari Selayar Dive & Adventure.

Di booth Togean, ada sejumlah paket wsiata menyelam di perairan Kepulauan Togean yang ditawarkan, di antaranya paket 3 Malam 6 Kali Menyelam (3N/6D) yang dibanderol dengan harga 3.768 K sampai paket 14N/39D dengan harga 21.692 K, kamar inapnya room rate deluxe.

Kalau kamar inapnya yang standar ada paket 3N/6D seharga 3.534 K sampai paket 8N/21D dengan harga 11.234 K.

“Harga deluxe room dengan private bathroom mulai dari Rp 350 ribu pe orang, untuk Eco AC Room juga dengan private bathroom mulai dari Rp 475 ribu per orang. Sedangkan standar room dengan shared bathroom mulai dari Rp 250 ribu per orang,” kata Andri Yusuf dari Sanctum Una-Una, tour operator yang menjual paket-paket wisata selam di Kepulauan Togean.

Nah, kalau Anda ingin menyelam di perairan Pulau Komodo, ini salah satu paket yang ditawarkan tour operator JavaScuba. Nama paketnya Komodo seharga Rp 12,1 juta yang berlaku untuk tanggal 21-25 September 2017. Paket tersebut sudah dengan liveboard (perahu kayu wisata).

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP