. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 18 Januari 2017

Oh Bali.., Memang Sarangnya Aktivitas Wisata Buatan Bertaraf World Class

Pesona Bali bukan cuma sebatas kekhasan budayanya, dan keindahan alamnya yang sejak dulu berhasil menghipnotis wisatawan dari dalam dan mancanegara. Beberapa tahun ini, beragam wisata buatannya yang ber-level world class pun semakin memperkokoh posisi pulau wisata terbaik se-Asia dan nomor lima dunia ini sebagai tujuan wisata travelers mancanegara.

Wisata buatan berkelas dunia yang dimiliki Bali beragam, mulai dari objek wisata bertema taman air (waterpark), adventure yang memacu adrenalin, bertema laut, kursus, pengobatan, kecantikan/Spa, seni-budaya, pusat perbelanjaan/toko/restoran/penginapan/infinity pools bertema unik, dan lainnya.

Objek wisata buatan bertema waterpark di Bali berkelas dunia dan diminati turis mancanegara ada beberapa, umumnya semua bisa digunakan untuk segala umur mulai dari anak-anak sampai orangtua, yakni Splash Waterpark Bali, Circus Waterpark Bali, dan Waterbom Bali.

Splash Waterpark Bali yang berada di Jalan Pantai Berawa, Banjar Tegal Gundul, Canggu Bali menyajikan berbagai wisata air. Harga tiket masuknya pun sebesar Rp 300.000 untuk Dewasa dan Rp 180.000 untuk anak-anak. Jam buka mulai pukul 09.00-19.00 WITA.

Circus Waterpark Bali yang terletak di Jalan Kediri, Kuta ini menyediakan bermacam permainan air seperti wave slide, spiral slide, lazy river, trampoline, dan speed slide. Harga masuk domestik Rp 150.000 per orang dewasa dan biaya masuk untuk anak, Rp 100.000 / anak (2-12 tahun).

Waterbom Bali yang berada di Jalan Kartika Plaza, Kuta menawarkan water slide standar klas dunia. Terdapat 9 jenis permainan di taman air Waterbom seluas 3,8 hektar ini, seperti smash down, pipe line, boogie ride, fantastic, boomerang, boogie ride, lazy river, race track, dan climax.

Tiket masuk ke waterpark terbaik versi TripAdvisor ini untuk domestik dewasa Rp 310.000 per orang, anak-anak Rp 265.000 per anak umur dibawah 11 tahun. Waterbom ini buka setiap hari, kecuali pada saat Hari Raya Nyepi di Bali. Buka mulai dari jam opersionalnya 09.00-19.00 WITA.

Objek wisata buatan bertema adventure yang dapat memacu adrenalin di Bali, antara lain Bali Slingshot dan Bungee Jumping.

Bali Slingshot yang berlokasi di Jalan Kartika Plaza, Kuta dirancang untuk menguji nyali siapapun. Slingshot serupa katapel raksasa yang terpancang dari sepasang menara setinggi 35 meter. Permainan berdurasi 3 menit ini, minimal pesertanya 2 orang, tarifnya Rp 300.000/orang.

Bungee Jumping di Bali ada beberapa yang bisa dipilih, dari atas hotel maupun di alam terbuka. Lokasi pertama di Blangsinga, Blahbatuh, Gianyar. Tepatnya di Airterjun Tegenungan. Di sana ada bungee jumping setinggi 50 meter berpemandangan alam asli dengan areal terjun lebih luas. Anak SMP sampai orang dewasa bisa mencoba bungee jumping di sini.

Lokasi lainnya Bali Tower Bungy yang terletak di Pantai Kuta. Di sana ada bungee jumping dari atas menara setinggi 45 meter di bawahnya ada kolam renang yang dibuat khusus di bawah menara tersebut. Di sini bisa mencoba tandem jump atau ultimate fireball kick. Objek pemacu adrenalin ini buka dari Senin hingga Jumat pukul 12.00-20.00 dan Sabtu-Minggu pukul 02.00-06.00 WITA.

Satu lagi A.J. Hackett Bungee di Jalan Arjuna, Seminyak. Di sana ada menara setinggi 45 meter untu ber-bungee jumping ria sambil menikmati pesona pantai di Seminyak. Tarifnya untuk Single Rp 990.000 dan Tandem Rp 1.850.000.

Objek wisata buatan bertema laut di Bali ada Flying Fish, Bali Seawalker, Kapal Selam Odyssey, dan Adopsi Bayi Kura-Kura.

Flying Fish yang berada di Tanjung Benoa ini bisa dimainkan maksimal 3 orang, yaitu 2 orang penumpang disisi kanan kiri dan 1 orang instruktur di tengah-tengah. Posisi penumpang bisa berdiri seperti mengendarai sepeda motor atau tidur terlentang.

Flying Fish kemudian ditarik 3 speed boat berkecepatan tinggi dengan jalur melawan arah angin. Dengan demikian, flying fish akan terbang di atas air kira-kira 2 meter atau lebih bergantung pada kecepatan angin. Persis seperti layangan.

Bali Seawalker yang berlokasi di Sekar Menuh Building, Jalan By Pass Ngurah Rai No 5 Padang Galak, Sanur, Denpasar ini menawarkan sensasi berjalan di dasar laut dan menelusuri kehidupan bawah laut cukup dengan pelindung kepala khusus. Tarif untuk menikmati sensasi itu mulai dari Rp 1.139.000.

Odyssey yang bertempat di Jalan Raya Kuta No 9X, Kuta merupakan nama sebuah kapal selam dengan AC yang dapat menampung 36 orang sekaligus masuk sampai kedalaman 150 kaki ke bawah laut.

Kapal selam ini akan membawa Anda dari Dermaga Amuy dan menyelam ke bawah laut untuk melihat terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang indah dengan durasi 45 menit. Tarifnya Rp 1.139.000 (dewasa) per orang, Rp 804.000 (anak-anak di bawah 12 tahun) per anak.

Adopsi Basyi Kura-Kura bernama Turtle Conservation and Education Centre di Pulau Serangan. Di sana, wisatawan bisa mengadopsi bayi kura-kura sebelum melepaskannya kembali ke laut. Tarifnya Rp 134.000 untuk mengadopsi satu bayi kura-kura.

Objek wisata bertema kursus di Bali juga banyak. Ada kursus bikin parfum sendiri sesuai kesukaan. Lokasinya bernama L’atelier Parfums et Creations di Jalan Raya Nusa Dua Lot #3, Sawagan, Nusa Dua (Ritz Carlton) dan di Jalan Karang Mas Sejahtera, Jimbaran, Bali (Ayana Resort & Spa).

Di kedua tempat itu menawarkan workshop cara membuat aroma yang unik lengkap dengan sertifikat dan 30 ml parfum khas Anda sendiri untuk dibawa pulang, berdurasi 90 menit dan 3 jam. Tarifnya Rp 1.072.000 (90 menit) dan Rp 1.675.000 (3 jam) dan Rp 469.000 untuk sesi anak-anak selama satu jam.

Kalau mau kursus memasak dengan Bumbu Bali? Datang saja ke Jalan Pratama, Tanjung Benoa Nusa Dua. Di sana bisa mengikuti kursus memasak dengan bumbu khas Bali bersama Heinz von Holzen, seorang juru masak terkenal dan penulis buku tentang memasak. Usai belajar kursus tersebut, pesertanya mendapatkan sertikat memasak dari Balinese Master Chef. Tarifnya mulai Rp 1.070.000.

Mau mengikuti penyembuhan ala tradisional Bali ala  film Eat Pray Love, And bisa mengunjungi Ketut Liyer, seorang tabib terkenal dari buku tersebut di Ubud. Lokasi rumah Ketut Liyer di Banjar Kaja Pengosekan, Ubud, Gianyar. Tarifnya mulai Rp. 375.000 per orang.

Kalau berminat jadi penyanyi dan punya album rekaman sendiri, Anda bisa datang ke Hard Rock Hotel. Di sana ada Boom Box Recording Studio, sebuah ruang karaoke khusus untuk penyanyi pemula dan studio yang dilengkapi dengan peralatan rekaman, lengkap dengan sound engineer. Jadi wisatawan bisa merekan suaranya dan membawa pulang hasil rekamannya.

Lokasinya di Jalan Pantai, Banjar Pande Mas, Kuta. Tarifnya Rp 563.000 (rekaman selama 90 menit sebanyak 2 lagu) dan Rp 455.000 (karaoke 1 jam).

Apalagi objek wisata buatan bertema budaya, di Bali sangat banyak dan umumnya diminati wisman. Mau menyaksikan aktivitas budaya seperti menonton latihan dan pertunjukan gamelan di desa-desa dengan gratis, Anda bisa datang ke Desa Peliatan, yang posisinya ada di dekat Ubud, yang terkenal dengan pertunjukan gamelan dan tarinya.

Pertunjukan biasanya diadakan setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu, pukul 19.30 di Panggung Balerung. Lokasinya di Jalan Peliatan, Ubud.

Turis juga kerap menyaksikan pertunjukan ini di Puri Saren (Ubud) pukul 19.30 WITA setiap malam. Tiket dijajakan oleh penjual di pinggir jalan (harga sekitar Rp 80.000) mulai sore hari, tapi kalau kamu datang lebih awal, harganya bisa lebih murah. Lokasinya di Jalan Raya Ubud, Ubud.

Pilihan lain melihat Mepantigan, salah satu permainan tradisional Bali di sawah, berkotor-kotor dan berlumurkan lumpur. Turis biasanya datang bersama keluarga, pasangan  atau temannya mencoba berbagai permainan lokal seperti menangkap belut atau kodok, menunggang kuda di lumpur, mencium bebek, perang-perangan di lumpur, perang bantal di lumpur, body painting kecak, gamelan dan tarian lumpur, dan juga pijat di dalam lumpur.

Lokasinya di Ubud dengan tarifnya Rp 550.000 termasuk fasilitas mandi, sabun, suvenir berupa kalung, transport dengan mobil bambu (dengan ekstra charge), makan siang/malam berupa Nasi Lumpur setelah aktivitas selesai (dengan ekstra charge), minuman, dan snack.

Banyak juga turis yang menyaksikan sejumlah even festival budaya dan wisatanya yang sudah bertaraf internasional antara lain Pesta Kesenian Bali (PKB), Legian Beach Festival, dan Nusa Dua Fiesta.

Objek wisata bertema penginapan bertema unik di Bali juga banyak. Wisatawan bisa memilihnya sesuai minat dan anggaran.

Kalau Anda pecinta binatang akan jatuh cinta dengan Mara Safari Lodge, karenab bisa tinggal di antara binatang-binatang. Kalau kamu pecinta air, maka vila-vila air di Bali ini akan menjadi pilihan yang tepat antar lain di Villa Seminyak, Villa Laksamana II, dan Villa Bambu Indah. Kalau suka bersuasana lingkungan bisa memilih menginap di Sharma Springs Bamboo House.

Pilihan lainnya menginap di penginapan bertema futuristik atau merasakan menginap dalam tenda atau berkemah di Sandat Glamping Tents.

Objek wisata buatan bertema pusat perbelanjaan/toko/restoran/cafe berkonsep unik di Bali juga beragam. Kalau senang wisata belanja, bisa kunjungi Gate 88 yang berlokasi di Jalan Raya Kerobokan No. 88, Badung. Pusat berbelanja satu ini berdesain unik dan futuristik, dengan menggunakan badan pesawat sebagai daya tarik utamanya.

Tempat ini bahkan bisa dipesan untuk mengadakan festival atau pesta pribadi. Jam operasionalnya setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WITA.

Kalau senang ngemil dan kuliner, bisa mencoba ngemil coklat sambil memeluk beruang madu di took Pod Chocolate Factory & Café. Lokasinya di Jalan Tukad Ayung, Carangsari, Petang. Jam operasionalnya pukul 09.00-01.00 WITA. Kalau mau makan dengan raja hutan, bisa dating ke Bali Safari and Marine Park’s Tsavo Lion Restaurant.

Pilihan lain ke Pomegranate berlokasi di tengah hamparan sawah asli. Sambil makan Anda bisa melihat kunang-kunang. Suguhannya antara lain teh beraroma dan pizza, atau segelas cocktail. Lokasinya di Jalan Subak Sok Wayah, Ubud, jam operasionalnya setiap hari dari pukul 09.00-21.00. Harga menunya mulai dari Rp 20.000.

Atau ke Sardine yang berada di antara sawah yang sengaja dibuat di Petitenget untuk pengalaman natural yang mengasikkan Lokasinya di Jalan Petitenget No 21 Kerobojan. Buka setiap hari dari pukul 11.30-01.00 WITA. Harga menunya mulai dari Rp 100.000.

Di sejumlah hotel dan villa, Bali juga banyak memiliki restoran dengan tema menarik, antara lain Frankenstein’s Laboratory dengan menu berbagai bentuk monster dan bahkan Frankenstein sendiri.

Wisatawan akan dibawa ke suasana seperti dalam kehidupan seorang bajak laut di The Pirate Bay bernama Jack Kapten Jack Sparrow, sementara pecinta dongeng dapat menikmati waktu magis di Gardin Bistro.

Pilihan lain ke Stadium Sports Bar yang bertema klub olahraga favorit dan ke Cosmic Dinner yang bertema retro untuk menelusuri waktu kembali ke masa silam.

Kelebihan lain Bali, juga punya sejumlah infinity pool terbaik di dunia. Anda bisa menikmati kolam renang di antara gumpalan awan di Munduk Moding Plantation’s. Kalau Anda berbaring di sisi ujungnya, rasanya hampir seperti melayang di antara awan-awan.

Lokasi infinity pool  terbaik lainnya ada di Alila Ubud dan Hanging Gardens Ubud yang cocok buat Anda yang suka dengan suasana keheningan alam karena berada di tengah-tengah hijaunya pegunungan, di antara lembah, sungai, dan hutan.

Infinity pool di Alila Uluwatu memiliki sisi ujung di tebing yang dengan pemandangan laut yang luar biasa.

Bali juga menjadi sarangnya Spa berkelas dunia. Bahkan Bali pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Spa Summit (GSS), yakni even pertemuan internasional tahunan yang khusus mendiskusikan industri Spa & kesehatan (wellness).

Beberapa Spa Bali ada yang menyabet penghargaan tahunan dari Asia Spa Magazine di Hongkong yang diikuti lebih dari 400 top profesional industri Spa di dunia, antara lain Spa Alila, Alila Villas Uluwatu sebagai Eco-Spa of the Year & Asian Spa Capital of the Year; Susan Stein dari Jari Menari sebagai Spa Personality of the Year; Oazia Spa Villas sebagai Spa Design of the Year; Jari Menari sebagai Spa Therapist Team of the Year; dan The Spa at the Edge sebagai Most Innovative Spa of the Year.


Melihat keragaman wisata buatannya yang ber-level world class, wajar rasanya Bali sampai detik ini masih menjadi andalan utama pariwisata Indonesia karena sudah berhasil menjadi salah satu tujuan wisata dunia yang bergengsi dan berkelas dunia.

Bali pun mendapat predikat pulau tujuan wisata terbaik se-Asia versi situs wisata terbesar di dunia TripAdvisor tahun 2016, mengalahkan Phuket-Thailand dan Langkawi-Malaysia. Bahkan sebagai pulau tujuan wisata terbaik No. 5 dunia.

Bagaimana dengan kota/kabupaten/provinsi lain? Bagaimana pula dengan 10 destinasi prioritas atau yang disebut-sebut sebagai “Bali-Bali Baru” yang ditetapkan pemerintah era Jokowi? Mampukah sesukses Bali meraup bukan cuma wisnus pun wisman dalam jumlah besar setiap bulan hingga akhirnya menjadi destinasi kebanggaan travelers dunia dan juga berprestasi internasional? Kita tunggu saja hasilnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP