. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 11 Januari 2017

Inilah Keuntungan Ikut Wonderful Startup Academy Khusus Pariwisata

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Galeri Indonesia WOW, dan ICSB Indonesia membuat Wonderful Startup Academy, yakni program inkubasi bagi bisnis digital yang fokus di sektor pariwisata.

"Yang diinkubasi nantinya adalah digital company dengan subjek-subjek UKM pariwisata seperti hotel atau homestay. Contoh suksesnya, Gojek yang mengelola pengojek perorangan. Jadi Indonesia akan hebat kalau koperasi dan UKM dikelola secara korporasi," ungkap Menpar Arief Yahya seperti release yang Travelplus Indonesia terima.

Manfaat program ini, lanjut Arief Yahya, ada Market Access yang dibuka. Peserta berkesempatan mengikuti kunjungan ke kawasan industri usaha kecil menengah dan berbagai objek wisata di Indonesia, ada demo day, kompetisi, dan investor speed dating.

“Dan yang lebih penting lagi, peserta program Wonderful Startup Academy tidak dipungut biaya apapun,” terangnya.

Program yang dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, MarkPlus dan Telkom itu akan mulai direalisasikan mulai 15 Januari 2017. Durasinya sembilan bulan. Dari Januari-September 2017, kegiatan inkubasi akan intens dilakukan di gedung Smesco.

Nantinya, pelaku bisnis digital tersebut didorong mengembangkan aplikasi kreatif terkoneksi dengan UKM di daerah.

Selain bakal memudahkan wisatawan mendapatkan informasi wisata hingga memesan homestay, para pelaku UKM juga bakal dirangkul agar lebih bertumbuh. "Kami akan fokus di 10 destinasi prioritas. Tetapi kami juga tidak menutup kemungkinan kalau ada startup dari luar 10 destinasi itu yang berpotensi bagus," tambah Arief Yahya.

Program pengembangan startup business yang fokus pada sektor pariwisata di Indonesia ini juga didukung Yayasan Dharma Bhakti Astra, Indigo Creative Nation, dan Blibli.com.

“Silakan bergabung di Wonderful Start up Academy. Untuk WSA, ada peran besar Pak Hermawan Kertajaya, founder Markplus sebagai inisiator awal. Informasinya bisa disimak di www.wonderfulstartupacademy.id,” ajak Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah Sambudhy Thaib.

Program WSA dibuat untuk mengembangkan usaha pariwisata berskala usaha kecil dan menengah (UKM).

Menurut Hirmansyah benefit program ini banyak. Pembinaannya akan didampingi langsung oleh para mentor yang berasal dari kalangan pelaku bisnis, pejabat pemerintahan, dan akademisi yang sangat mengerti dunia startup dan industri kecil menengah yang berfokus pada sektor pariwisata.

Para peserta juga akan mendapatkan pembinaan dari para CEO perusahaan ternama di Indonesia.

Mentornya selain Hiramsyah, juga ada Jacky Mussry Executive Vice President ICSB Indonesia/ Deputy CEO MarkPlus, Inc, Henry C. Widjaja Vice President Empowerment ICSB Indonesia/ Chairman of Yayasan Dharma Bhakti Astra, dan Marina Kusumawardhani Inclusive Business and Digital Application Task Force Kemenko Perekonomian.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: humas-kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP