. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 12 Januari 2017

10 Hal yang Bikin Wisata Petik Kurma Pasuruan Lebih OK daripada Thailand

Ingin menikmati sensasi wisata petik kurma, rasanya Anda tak perlu jauh-jauh ke negeri orang, ke Thailand apalagi ke Timur Tengah. Cukup di dalam negeri saja, soalnya sejak 1 Januari 2017, sudah ada agro tourism (wisata agro) kurma Pasuruan, Jawa Timur.

Berdasarkan pengamatan Travelplus Indonesia, sekurangnya ada 10 (sepuluh) hal yang bikin wisata petik kurma di Kabupaten Pasurauan, tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Purwosari ini lebih Ok dibanding di Thailand.

Pertama, di sana pengunjung bukan cuma bisa melihat ratusan pohon kurma di lahan seluas 3,7 hektar dengan desain perkebunan yang menarik, bak sebuah perkebunan kerajaan.

Saat ini ada 150 pohon, rencananya HN Roeslan pemilik Duta Wisata Group yang mengelola wisata agro kurma ini akan ditanam 400 pohon kurma beragam jenis, antara lain Azwa, Rootop, dan masih banyak lagi. Pengelolanya juga memanam Pohon Zaitun, Siwak, Delima Merah dan Hitam serta Pohon Tin.

Kedua, biayanya jelas lebih murah, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuknya pun terjangkau cuma Rp 5.000 per orang.

Ketiga, pengunjung bisa menikmati olahan kurma antara lain minuman dan makanan.

Keempat, buat yang suka dengan kain/pakaian batik, pengunjung bisa membeli batik bermotif kurma

Kelima, pengunjung juga bisa mengikuti pelatihan singkat terkait pengolahan kurman (saat ini tengah diupayakan).

Keenam, pengunjung bisa menikmati sensasi melihat wisata petik kurma dari atas ketinggian.

Ketujuh, bisa selfie di pesawat Boeing 737 bekas pesawat Maskapai Bouraq bercat putih dengan garis hijau di badan pesawat, yang sengaja ditempatkan di sana agar pengunjung dapat melihat panorama kebun kurma dari atas.

Kedelapan, nantinya juga bisa digunakan untuk tenpat manasik haji karena akan dibangun miniature Ka’bah.

Kesembilan, sebagai wisata edukasi buat pelajar, mahasiswa dan umum.

Kesepuluh, wisata petik kurma itu menyehatkan. Berdasarkan penelitian, kurma memiliki beberapa manfaat gizi yang besar. Kurma mengandung tembaga, kalium, serat, mangan, vitamin B-6 dan magnesium.


Kurma berkhasiat meningkatkan Kesehatan Pencernaan, kurma sebagai penghilang rasa sakit, bagus untuk penderita tekanan darah tinggi dan stroke serta membuat otak bekerja lebih baik. Sedangkan buat para ibu, kurma bagus untuk kehamilan agar sehat.

Makan kurma tiga biji sehari dijamin bikin sehat, apalagi makannya sambal berwisata agro kurma di Pasuruan.

Biji kurma juga bisa dibuat bubuk kopi setelah diproses, pengeringan dan sebagainya. Manfaat bijinya  antara lain memberi energi instan, menyembuhkan diabetes, sakit perut, darah tinggi, kolesterol, dan stoke serta menghilangkan letih.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji, serumpunlubai & kabarmakkah

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP