. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 25 November 2016

Punya Banyak Potensi, Pesawaran Dicanangkan Jadi Kabupaten Pariwisata di Lampung

Pesawaran resmi dicanangkan menjadi kabupaten pariwsata, karena telah memilih pariwisata sebagai lokomotif pembangunan atau andalan (leading sector) atau sebagai pemasok utama Pendapatn Asli Daerah (PAD). Faktor pendukungnya, salah satu kabupaten di Provinsi Lampung ini memiliki banyak potensi wisatanya, antara lain puluhan pulau.

Pencanangan Pesawaran sebagai kabupaten pariwisata dilakukan bersamaan dengan pembukaan Festival Pahawang Teluk Ratai 2016 yang berlangsung di Marine Eco Park, Piabung, Pahawang, Pesawaran, Lampung pada Jumat (25/11).

Keputusan pencanangan Pesawaran sebagai kabupaten pariwisata menurut Bupati Pesawaran Dendi Romadhona berdasarkan potensi wisatanya.

Di kabupaten bahari ini ada 37 pulau yang layak dikembangkan jadi kawasan wisata. Tiga di antaranya pulau terbesar yakni Pahawang, Kelagian, dan Legundi yang tengah dikembangkan jadi destinasi wisata.

Kabupaten berpulau-pulau ini juga mempunyai Teluk Ratai yang indah dan dekat dengan ibukota Provinsi Lampung yakni Bandar Lampung, karenanya festival ini dinamakan Festival Pahawang Teluk Ratai.

Selain wisata bahari, Pesawaran juga mengembangkan kerajinan daerah dengan menjadikan Kecamatan Negeri Katon sebagai sentra tapis, tenun asli Lampung.

Acara pencanangan Pesawaran menjadi kabupaten pariwisata ditandai dengan penyerahan 45 unit sarana mandi, cuci, dan kakus (MCK) dari Perum Damri mewakili Kementerian BUMN kepada Pemkab Pesawaran untuk mendukung sarana kebersihan di berbagai destinasi wisata.

Festival Pahawang Teluk Ratai kali pertama ini diselenggarakan untuk membuktikan bahwa Pesawaran bukan sekadar destinasi wisata melainkan juga ingin menjadikan pariwisata sebagai pendulang pendapatan asli daerah (PAD).

Festival yang disemarakkan dengan berbagai lomba ini juga bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Pahawang dan Teluk Ratai ke tingkat Nasional dan internasional.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menilai pencanangan Pesawaran sebagai kabupaten pariwisata ini amat tepat karena sejalan dengan program pariwisata Provinsi Lampung.

Menurut Ridho dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Theresia Sormin, ada delapan prioritas pembangunan wisata Lampung, sebagian ada di Pesawaran seperti pengembangan kawasan maritim Teluk Lampung dan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman.

Pengembangan destinasi wisata lain juga sedang dilakukan, antara lain Teluk Kiluan yang menjadi habitat lumba-lumba, kawasan Teluk Nipah, kawasan wisata pantai barat Lampung, dan Taman Nasional Way Kambas yang memiliki populasi gajah terbesar di Indonesia.

Festival Pahawang Teluk Ratai perdana ini akan berakhir Minggu (27/11). Rangkaian acaranya antar lain Jelajah Pulau, Trip Fotografi dan Blog Writing, Lomba Perahu Hias, Pahawang Adventure Trail, Pahawang Bike Week, Festival Layang-Layang Tradisional, Bazar Ekonomi Kreatif dan Display Foto Pariwisata, serta penampilan spesial Akraksi Terjun Payung oleh Korps Marinir.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP