. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 16 November 2016

Nusa Dua Fiesta Terbesar Sepanjang Sejarah Berlangsung Hari ini

Agenda tahunan Nusa Dua Fiesta 2016 resmi dibuka Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Peninsulla, Nusa Gede, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11.) Iven bertema “Bring the World to Bali” ini bakal berlangsung sampai 20 November dengan proyeksi pengunjung sebesar 100 ribu orang.

Di pembukaan Nusa Dua Fiesta (NDF)2016, main event-nya adan parade budaya, tari sekar jepun, keboIwa colosal dance, dan cak Bali Mandara.

Setiap pagi sampai siang hari acara akan diisi dengan pameran berbagai produk, permainan euro bungy, parade food truck dan demo/lomba kuliner serta body painting dan cosplay.

Mulai sore sampai malam hari, para pengunjung akan dihibur dengan pentas tari dari Bali dan India serta berbagai musisi lokal seperti; Balawan, Emonidan Gus Teja, sampai kenasional seperti: Isyana Sarasvati, Yovie&Nuno, GAC, Maliq & D’essentials, The Groove, Teza Sumendra dan penyanyi internasional seperti; Imela Kei, Sam Willow dan Sezairi (Singapura).

Khusus untuk pengembangan potensi lokal, selama acara NDF 2016 juga akan disisipkan kompetisi sun down blues on stage battle, yang finalis terbaiknya akan ditampilkan bersama musisi blues nasional dan internasional pada Bali Blues Festival di bulan Mei 2017 di tempat yang sama.

Menpar Arief Yahya menilai NDF tahun ini caranya semakin beragam. Dari event buatan (pertunjukan music, Nusa Dua 10K Bali Cultural Run, Tennis Nusa Dua Open, Cross Culture Cycling, Hero Waste Fun Walk dan Nusa Dua Golf Tournament), event budaya (pawai budaya, pertunjukan kesenian tradisional, dll), event MICE (pameran-pameran, Celebrity Cooking Workshop), yang digelar selama 9 hari non stop.

“Bali memiliki jenis wisata yang paling lengkap. Kulturnya kuat, naturenya hebat, dan man made-nya juga kreatif, termasuk di dalamnya MICE, meetings, incentives, conferences and exhibitions,” kata Arief Yahya.

Khusus MICE itu, yang terbaik di Indonesia adalah Bali Nusa Dua. Yang punya convention hall yang mampu menampung lebih dari 5.000 orang, dan memiliki hotel dan resort terintegrasi dalam satu kawasan.

“Singapura adalah trade and investment hub buat Indonesia, tapi Bali adalah tourism hub yang tidak mudah dikalahkan, dan sudah mendunia pamornya,” kata Arief Yahya.

Abdulbar M.Mansoer, Dirut ITDC Nusa Dua Bali menyebut NDF tahun ini adalah fiesta terbesar sepanjang sejarah. ”Ini Fiesta ke-20, event terbesar, terlama di Bali yang digelar oleh swasta, setelah Pesta Kesenian Bali (PKB) yang biasanya satu bulan di Bali Art Center,” ungkapnya.

Dulu Fiesta ini dimulai kali pertama tahun 1996. Awalnya hanya wahana untuk penghuni hotel dan tenant yang berada di dalam Kawasan Pariwisata Nusa Dua Bali saja.

Belakangan, size-nya dinaikkan dan berkembang menjadi sebuah pesta besar (fiesta) dan menghadirkan atraksi seni, budaya, kuliner, kegiatan olahraga, hiburan dan pentas musik lokal, nasional dan internasional.

“Proyeksi kami selama 9 hari itu dikunjungi 100.000 orang ke Nusa Dua. Dan melalui kegiatan yang difokuskan di Peninsula ini sekaligus mempopulerkan pulau yang bisa melihat pemandangan laut 270 derajad di Nusa Gede itu,” pungkas Abdulbar.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: denny prawibowo-humas kemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP