. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 31 Oktober 2016

Begini Cara Nusa Dua Membawa Dunia ke Bali

Nusa Dua sudah tersohor namanya sebagai destinasi MICE bertaraf internasional. Kendati begitu, destinasi andalan Bali ini tetap saja membuat sejumlah iven berkelas dunia, salah satunya Nusa Dua Fiesta (NDF) yang tahun ini bakal berlangsung di kawasan Nusa Dua, Bali pada 12-20 November mendatang.

NDF yang ke-20 kali ini diprediksi bakal lebih spektakuler dibanding NDF tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya bakal menyajikan sajian seni, budaya, kuliner, olahraga dan hiburan yang juga berkelas dunia dengan tema “Bring The World To Bali”.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi penyelenggaraan NDF 2016 dalam upaya mempromosikan kawasan wisata Nusa Dua sekaligus meningkatkan kunjungan wisman ke Bali, khususnya menjelang liburan akhir tahun dengan menggelar beberapa iven menarik.

Menurut Arief Yahya Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman.

“Tahun lalu dari 10,4 juta wisman ke Indonesia yang masuk melalui Bali sebanyak 4 juta wisman, sedangkan target tahun ini dari 12 juta wisman sebanyak 4,4 juta hingga 4,8 juta di antaranya melalui Bali. Oleh karena itu, kunjungan wisman melalui great Bali harus, terutama menjelang year and ditingkatkan antara lain dengan menggelar even-even menarik,” kata Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers NDF 2016 bersama Presiden Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M.Mansoer dan Direktur Operasional ITDC Ngurah Wirawan di Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata,  Jakarta,Senin (31/10).

Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia secara kumulaltif sebanyak 7.356.310 wisman atau tumbuh 8,39%. Dari total kunjungan wisman tersebut yang masuk melalui great Bali sebanyak 3.176.309 wisman atau tumbuh 23,61% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Pada bulan Agustus 2016 ketika kunjungan wisman menembus angka 1 juta atau 1.031.986 wisman (untuk kedua kalinya setelah kunjungan bulan Juli 2016) yang masuk melalui Bali sebanyak 440.121 atau tumbuh 46.28%. Pertumbuhan wisman yang tinggi ini harus dipertahankan antara lain dengan menciptakan iven-iven kreatif bersumber dari daya tarik seni budaya (culture), alam (nature) maupun manmade,” tambah Arief Yahya. 

Abdulbar M.Mansoer mengatakan, PT ITDC sebagai perusahaan BUMN bangga dapat menyelenggarakan iven tahunan yang dimulai sejak 1996 ini.

Penyelenggaraan NDF 2016 dijadikan sebagai wahana apresiasi hotel dan tenant yang berada di Kawasan Pariwisata Nusa Dua (KPND) kepada para tamu dan pengunjung dan belakangan berkembang menjadi sebuah pesta besar (fiesta) yang merupakan ajang penampilan berbagai atraksi seni, budaya dan kuliner di Indonesia, termasuk kegiatan olahraga, hiburan dan pentas musik lokal/nasional/internasional yang diolah secara harmonis.

“Iven NDF 2016 dimulai dengan program Road to NDF 2016 tanggal 12 November 2016 berupa konser Julio Iglesias, kemudian secara resmi NDF 2016 akan dibuka oleh Menpar Arief Yahya pada 16 Nopember 2016, selanjutkan kegiatan akan terus berlangsung sampai 20 Nopember 2016,” kata Abdulbar M.Mansoer.

Seluruh rangkaian acara akan dipusatkan di Pulau Peninsula sebagai ikon baru KPND untuk berbagai acara besar di luar ruang dengan kapasitas pengunjung sampai 10.000 orang.

“Penyelenggaraan NDF 2016 menggunakan konsep baru, sebagai pesta seminggu penuh di Kawasan Nusa Dua, berupa rangkaian kegiatan yang tiada henti dari pagi sampai malam, dilaksanakan pada berbagai venue di dalam lokasi seluas 350 hektar, yang masing-masing memiliki bentuk kegiatan berbeda dan jadwal yang terukur jelas, sehingga seluruh peserta, penonton, tamu, pengunjung dan pemirsa TV maupun media sosial dapat menikmati suguhan tiada henti dan terus menerus berkelanjutan,” jelas Abdulbar M.Mansoer. 

Pada acara pembukaan NDF 2016, sebagai satu acara pokok (main event), akan dimulai dengan parade budaya, tari sekar jepun, keboIwa colosal dance dan cak Bali Mandara, kemudian setiap pagi sampai siang hari acara akan diisi dengan pameran berbagai produk, permainan euro bungy, parade food truck dan demo/lomba kuliner serta body painting dan cosplay. Mulai sore sampai malam hari, para pengunjung akan dihibur dengan pentas tari dari Bali dan India serta berbagai musisi lokal seperti; Balawan, Emonidan Gus Teja, sampai kenasional seperti: Isyana Sarasvati, Yovie&Nuno, GAC, Maliq & D’essentials, The Groove, Teza Sumendra dan penyanyi internasional seperti; Imela Kei, Sam Willow dan Sezairi (Singapura).

Khusus untuk pengembangan potensi lokal, selama acara NDF 2016 juga akan disisipkan kompetisi sun down blues on stage battle, yang finalis terbaiknya akan ditampilkan bersama musisi blues nasional dan internasional pada Bali Blues Festival di bulan Mei 2017 di tempat yang sama.

Selain itu ada sekurangnya 7 acara pendamping (side event) antara lain Nusa Dua 10K, 5K & Kids Run tanggal 13 November 2016 pukul 06.00 -09.00 di dalam KPND dengan rute jalan taman, tepi pantai dan lapangan golf. Tenis Nusa Dua Open tanggal 15-19 November 2016 di lapangan tenis Nusa Dua dan Grand Hyatt Bali; Cross Cultural Cycling sejauh 23 KM tanggal 19 November 2016 pukul 07.00 – 11.00, dengan Start di GWK Cultural Park dan Finish di KPND; dan Nusa Dua Golf Tournament tanggal 20 November 2016 pukul 06.00 – 14.00 di Lapangan Golf Bali National Golf Resort, Nusa Dua.

Lalu Green Hero Fun Walk tanggal 20 November 2016 pukul 06.00 – 10.00 dengan kegiatan kerja bakti warga Nusa Dua dalam pengumpulan sampah, berkunjung ke Pusat Pengolahan Limbah KPND di Lagoon dan belajar tentang proses pengolahan limbah cair, sortasi sampah daur ulang, dan komposting sampah organik.

Kemudian kunjungan dan partisipasi BUMN dalam pengembangan Desa Wisata Pinge, Tabanan tanggal 19 November 2016 pukul 06.00 – 12.00; serta Lomba Desain Produk Merchandise dan Maskot Nusa Dua, yang hasilnya akan ditampilkan saat NDF 2016 berlangsung.

Penyelenggaraan iven tahunan NDF yang ke-20 ini dimaksudkan untuk mengangkat nilai kawasan secara keseluruhan sebagai salah satu destinasi terbaik di Bali bahkan di Indonesia dan dunia.

Tujuan lainnya sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisman melalui pintu masuk utama Bali yang memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman ke Indonesia.

Naskah : adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig:@adjitropis)
Foto: adji & farhan-humaskemenpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP