. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 27 Juni 2015

Raisa Jadi Pemeran Utama Malam Pertama RJF 2015

Tampil lagi di Ramadhan Jazz Festival (RJF), penyanyi cantik bersuara khas rada nge-jazz Raisa menjadi penampil yang ditunggu-tunggu ratusan penonton RJF 2015 di pelataran Masjid Cut Muetia, Menteng Jakarta Pusat pada Jumat (26/6) malam. Acara malam pertama RJF yang digelar Remaja Islam Cut Muetia (RICMA) dengan WartaJazz ini pun terbilang sukses. 

“Raisa..., raisa.., raisa...”, begitu teriak penonton memangil Raisa untuk segera naik panggung. 

Tak lama kemudian pemilik rambut panjang hitam berkilau ini pun tampil. Dia mengenakan atasan panjang berwarna coklat muda dan celana jeans serta sepatu high hills berwarna senada dengan atasannya. 

Rambutnya seperti biasa diurai, cuma dengan tatanan bergelombang bukan lurus. Dia juga menggenakan aksesoris berupa rantai ikat kepala yang memberikan kesan casual namun tetap elegan, sebagaimana ciri khas Raisa setiap berpenampilan.

Raisa tampil diurutan ketiga. Sebelum tampil ada suguhan pesta kembang api dari atap Masjid Cut Meutia yang memberikan nuansa berbeda RJF kali ini. Kendati menurut panitia pesta kembang api itu hasil sumbangan untuk memberikan kesan meriah, namun justru membuahkan kesan mubazir. Mungkin tahun depan bisa diganti cara lain yang lebih bermanfaat. 

Perbedaan cukup mencolok RJF kelima ini, di panggung terpampang nama merek kecantikan berkonsep Islami yakni Wardah. Menurut Agus Setiawan Basuni dari Warta Jazz sekaligus  Artistic Director RJF menjelaskan memang Wardah menjadi sponsor utama RJF tahun ini. Bahkan pendanaan RJF untuk penyelenggaraan 2 tahun kedepan sudah aman.

Kembali ke Raisa yang tanpa basa-basi langsung membawakan lagu semi beat-nya bertajuk “Teka-Teki”. Selepas itu dia baru menyapa penonton. “Assalamualaikum semua, senang sekali saya bisa kembali hadir di Ramadhan Jazz Festival ini. Mudah-mudahan bisa diundangi lagi RJF berikutnya,” ucapnya.

Kehadiran Raisa kali ini memang bukan untuk kali pertama. Tahun sebelumnya pada RJF 2014, dia juga sempat hadir dan menjadi andalan saat itu. Dan rupanya kali ini pun begitu. Raisa kembali menjadi pemeran utama pada pagelaran malam pertama RJF 2015. 

Selanjutnya Raisa membawakan lagu LDR, Goodbye, dan satu lagu religi lawas yang sebelumnnya dipopulerkan oleh Novia Kolopaking bertajuk “Dengan Menyebut Nama Allah”. 

Menurutnya lagu itu salah satu kesukaannya dan kerap dia bawakan. “Lagu enak banget ya,” ujarnya usai membawakan lagu itu. Dan Raisa pun mendapat jawaban cinta dari fans beratnya. “I love you Raisa,” teriak salah satu penonton. 

Menyaksikan keseluruhan penampilan Raisa malam itu, jelas tidak bisa kita bandingkan dengan penampilannya saat menggelar konser solo perdananya yang sukses dihadiri sekitar 5.000 penonton, termasuk dua diva pop Indonesia Krisdayanti dan Titi DJ di Istora Senayan, Jakarta sebelumnya. Kendati panggungnya tidak semegah panggung konser tunggalnya itu, begitupun sound systen, lighting, dan lainnya. Namun di RJF 2015 ini, dia tetap berusaha menampilkan yang terbaik malam itu. 

Selain Raisa juga tampil sebelumnya Abank Alter lalu Abdul & the Coffee Theory sebagai penampil kedua. Penampilan Abdul mulai memanaskan suasana. Beberapa lagu yang mereka suguhkan cukup menghibur penonton. Yang menarik mereka menyanyikan lagu "Akhirnya" yang pernah dipopulerkan grup Gigi. Sebelumnya satu lagu lawas lagi juga dijazzkan oleh Abenk Alter sebagai penampil pertama. 

Usai Raisa, kemudian giliran Kunto Aji yang penampilannya juga mendapat sambutan hangat penonton. Disambung band senior Emerald yang membawakan beberpa instrumetal. 

Acara malam pertama RJF 2015 ini dimulai pukul 9 malam ba'da tarawih. Pada malam itu jamaah masjid yang bersejarah itu membludak sampai pelataran dan lantai 2 masjid.

Acara yang dipandu Aldi penyiar radio Emotion dan Shafira, pembawa acara Entertainment News NET TV yang berbusana muslimah warna serba putih ini terasa lebih spesial karena kehadiran Menteri Komunikasi dan Informantika (Kominfo) Rudiantara. 

Menurut Rudiantara acara seperti ini sangat positif sekali oleh karena itu harus didukung pemerintah. “Dukungan kementerian saya tentu berkaitan IT. Itu drone, salah satu dukungan kami untuk acara ini. Drone dan pengontrol frekuensi," ungkapnya.

Rudiantara akui acara ini sebenarnya melenceng dari kementerian yang dipimpinnya. Selama ini, acara musik dikaitkan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Pariwisata. “Saya belum telepon menteri-menteri yang langsung bisa membawahi acara musik seperti ini. Nanti saya akan telepon pak Arief Yahya (Menteri Pariwisata-Red) untuk mendukung acara-acara seperti ini," kata Rudiantara. 

Ketua RICMA Muhammad Soekarno Hatta yang biasa disapa Ai mengatakan musik jazz ini dipilih RICMA karena sesuai seqmentasi Ricma yakni pemuda-pemudi berusia 16-25 tahun yang tengah menggandrungi musik jazz. "Mudah-mudahn acara ini memberi inspirasi mereka untuk lebih meningkatkan ibadah dan semoga acara ini membawa keberkahan,” terang Ai. 

Mantan Ketua RICMA yang kini menjadi Ketua Yayasan Ramadhan Masjid Cut Meutia Muhammad Pradana yang akrab dipanggil Dana menambahkan acara ini untuk siar islam. “Musik adalah salah satu sarana siar islam,” ujarnya. 

Sabtu malam ini (27/6), RJF 2015 malam kedua atau terakhir ini akan menampilkan Tulus, Maliq dan lainnya. Seperti malam pertama, penonton tidak dikenakan tiket masuk. Sebagai gantinya setiap pengunjung bisa menyumbang buku inspiratif atau donasi untuk donor darah dan penyediaan air bersih di sejumlah daerah Indonesia yang minim air bersih, yang digalang Dompet Duafa. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Aksi Raisa pada malam pertama RJF 2015 
2. Ratusan penonton antusias menyaksikan penampilan Raisa di RJF 2015. 
3. Logo RJF kelima di t’shirt yang dijual pedagang di sekitar lokasi acara.

1 komentar:

Eno 27 Juni 2015 pukul 05.11  

Congrat Pak Adji buat info beritanya, suatu kehormatan buat saya yg masih muda bisa berkenalan dengan senior seperti Pak Adji, semoga dilain kesempatan kita bisa berjumpa lagi Pak, wish u all the best...best regards

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP