. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 24 Desember 2014

Wonderful Indonesia Jadi Umbrella Branding Kepariwisataan

Jelang akhir tahun, Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Kedua logo tersebut menjadi country branding sekaligus umbrella branding pariwisata Indonesia. Peluncuran logo baru tersebut bertujuan agar pariwisata Indonesia makin terkenal di kancah internasional sehingga target 20 juta kunjungan wisman pada 2019 tercapai. 

Menurut Arief Yahya satu negara hanya boleh punya satu umbrella branding dengan kata lain tidak boleh mempunyai terlalu banyak brand.

“Jakarta boleh punya brand Enjoy Jakarta tapi harus ditambah by Wonderful Indonesia. Begitupun tagline pariwisata daerah lainnya,” jelasnya saat acara peluncuran logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di Jakarta, Selasa (23/12).

Menurutnya banyak orang awam yang tidak tahu tagline negara ini adalah Wonderful Indonesia. Justru lebih tahu Truly Asia milik Malaysia atau juga Amazing Thailand punya Thailand. “Tapi itu tidak terlalu salah, sebab anggaran promosi Malaysia untuk tahun terakhir 2013, lebih dari 1 triliun. Sedangkan anggaran kita efektif untuk promosi cuma Rp 100 miliar. Jadi cuma 1/10-nya,” ungkapnya.

Padahal biaya untuk meng-attack turis wisman itu perlu anggaran 5 dolar AS per orang. “Jadi kalau targetnya 20 juta wisman, berarti kita perlu 100 juta dolar AS dolar atau setara Rp 1,2 triliun. Tapi kita cuma dapat Rp 300 miliar,” urainya.

Arief menghimbau seluruh kepala dinas pariwisata (Kadispar) baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi untuk menggunakan umbrella branding Wonderfull Indonesia dan Pesona Indonesia di berbagai media promosi online dan offline-nya.

“Seluruh kadispar harus menggunakan logo ini dengan porsi fifty-fifty. Nanti kalau saya datang ke daerah/kotanya atau kemanapun, harus sudah ada umbrella branding itu,” imbaunya. 

Arief juga megharuskan seluruh karyawan Kemenpar memasang Display Picture smartphone, BBM dan lainnya dengan logo Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Menpar Arief Yahya memukul gong sebagai tanda peluncuran logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. 
2. Inilah logo Wonderful Indonesia sebagai Umbrella Branding Pariwisata Indonesia.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP