. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 20 November 2014

Nias Bakal Berstatus Provinsi Tahun 2015

Kepulauan Nias dipastikan bakal memisahkan diri dari Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2015 dengan perubahan statusnya menjadi provinisi. Tahun 2014 ini Nias gagal ditetapkan sebagai provinsi bukan karena kesalahan Nias, melainkan ada daerah lain yang juga ingin menjadi provinsi dan kabupaten baru tapi belum siap sehingga pemerintah pusat menunda penetapan tersebut secara bersamaan. 

Martin Hutabarat anggota DPR-RI Komisi III dari Fraksi Partai Gerindra periode 2009-2014 mengatakan itu di Gunungsitoli, Nias baru-baru ini. “Tahun depan sudah pasti Nias menjadi provinsi. Saya sudah ikut tandatangani di badan Legislatif,” tegas Martin. 

Menurut Martin tahun ini Nias batal ditetapkan menjadi provinsi hanya karena ada persoalan dengan daerah yang lain. “Nias sendiri sebenarnya sudah siap tapi waktu itu ada daerah lain yang belum siap. Pemerintah pusat kan memiliki kriteria sendiri untuk menetapkan daerah lain termasuk Nias untuk ditetapkan secara bersamaan sebagai provinsi. Karena ada yang belum siap, pemerintah pusat akhirnya menunda semuanya,” terang Martin.

Keinginan Nias menjadi provinsi, lanjut Martin sebenarnya sudah lama, lebih dari 10 tahun lalu. “Ini penantian yang cukup lama juga dan ini keinginan rakyat Nias di 4 kabupaten dan 1 kota,” akunya. Anggota Komisi II DPR asal Nias,

Yasonna Hamonangan Laoly yang kini menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, pernah mengatakan hanya tsunami atau gempa besar yang akan menggagalkan pembentukan Provinsi Nias ini. “Sudah 99,99 persen Provinsi Nias disahkan,” kata Yasonna ketika itu.

Jika tahun depan penetapan Nias sebagai provinsi terwujud, berarti Nias akan menjadi provinsi ke-35 Indonesia setelah Kalimantan Utara (Kaltara) yang kini menjadi provinsi termuda atau ke-34 Indonesia.

Mengenai siapa orang yang berhak menjabat sebagai gubernur pertama Nias nanti, Martin mengatakan itu akan ditentukan oleh menteri dalam negeri.

Martin menegaskan Nias ingin menjadi provinsi bukan lantaran dianaktirikan oleh Pemprov Sumut sebagaimana kabar miring yang berhembus. “Nias dibuat provinsi supaya lebih efektif mengurus dirinya,” jelasnya. Kata Martin lagi,

Pemrov Sumut selama ini mengurus terlalu banyak wilayah jadi ada beberapa wilayah yang tak sempat terurus. “Kalau Nias diurus oleh satu gubernur pastinya akan lebih tertangani dan lebih terfokus atau serius untuk membesarkan segala potensinya, termasuk sektor pariwisata” ungkapnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

Captions: 
1. Baru-baru ini Wapres Jusuf Kalla bertandang ke Nias tepatnya ke Gunungsitoli dalam rangka membuka Sidang Raya PGI ke-XVI.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP