. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 12 Juni 2014

Delapan Tempat Kongkow Seru di Jakarta Sepulang 'Ngantor'

Banyak cara dilakukan orang Jakarta untuk menghindari macet sepulang ngantor. Ada yang pulang lebih awal dengan beribu alasan. Ada yang memilih berolahraga mulai dari ber-jogging di Senayan, nge-gym, main futsal, dan lainnya. Ada juga yang memilih karokean dan berbelanja. Tapi yang paling disukai selama ini, kongkow sambil makan di tempat-tempat favorit bersama teman. 

Kemacetan di Jakarta semakin lama semakin menggila. Terlebih jam pulang kerja, ditambah kalau hujan turun. Kondisi seperti itu, membuat penderitaan menjadi sempurna karena dipastikan bakal terjebak kemacetan berjam-jam. Lapar, lelah, dan stres pun menari jadi satu.

Untuk mengindari penyiksaan karena terjebak kemacetan, warga Jakarta pun mencari solusi dengan kongkow atau hangout istilah kerennya di lokasi yang memiliki banyak keistimewaan. 

Travelplusindonesia mencatat sekurangnya ada 8 tempat yang kerap disinggahi orang-orang Jakarta dan sekitarnya untuk kongkow sepulang ngantor. Ada kawasan Sarinah-Sabang-Wahid Hasyim, Blok M, Pujasera Blok S, Plaza Semanggi, Plaza Festival, Pejaten Village, Plaza Atrium, dan kawasan Kalibata. 

Pertama, Sarinah-Sabang-Wahid Hasyim. Kawasan yang tak pernah tidur ini menjadi salah satu lokasi kongkow paling startegis di Jakarta Pusat. Sejumlah gerai makanan cepat saja atau fast food, kedai kopi, café, resto, mini market, dan food hall ada di kawasan ini. Beberapa di antaranya buka 24 jam.

Belum lagi jajanan street food-nya seperti sate, nasi goreng, soto ceker, sop buntut, bakso, mie ayam, dan lainnya menjamur di sini mulai sore hingga dini hari. 

Kedua, Blok M. Kawasan ini merupakan pusat perbelanjaan terpadu di Jakarta Selatan. Tercatat ada 4 pusat perbelanjaan ternama di sini yakni Blok M Mall, Plaza Blok M, Blok M Square, dan Pasaraya Blok M.

Lokasinya pun termasuk yang strategis karena masih satu kawasan dengan Terminal Bis Blok M. Berbagai angkutan umum ke segala jurusan ada di sini termasuk bis transjakarta koridor Blok M- Kota. 

Sejumlah café dan food court ada di semua pusat perbelanjaannya. Belum lagi café, pub, mini market, dan resto yang ada di sekitarnya. Tak ketinggalan street food yang sudah lama tersohor seperti gultik alias gule tikungan di dekat Blok M Plaza dan aneka lesehan ala Malioboro Jogja di trotoar Blok M Square.

Ketiga, Pujasera Blok S. Kawasan ini juga sudah lama menjadi lokasi kongkow warga Jakarta sepulang kerja. Lokasinyak tidak jauh dari Blok M, masih di Jakarta Selatan.

Pusat jajanan serba ada atau Pujasera di belakang Lapangan Blok S ini menyediakan berbagai menu lokal seperti sate, kerak telor, bakso, nasi goreng, tahu gejrot, es buah, es podeng, dan lainnya, sampai kuliner mancanegara seperti nasi kebuli dan steak.

Keempat, Plaza Semanggi atau Plangi. Merupakan salah satu mall yang kerap dijadikan lokasi hangout karena letaknya sangat strategis dan memiliki sejumlah kafe dan resto bukan hanya di lantai dasar pun di bagian atapnya yang disebut sky dinning. Ditambah tempat hiburan seperti karoke dan bisokop.

Mall yang terletak amat strategis di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat ini berdekatan dengan area perkantoran terpadu. Tempatnya dilalui sejumlah kendaraan umum baik yang ke Tangerang maupun Bekasi dan tentunya ke lima wilayah di Jakarta.

Kelima, Plaza Festival atau lebih dikenal dengan Pasar Festival. Merupakan lokasi kongkow yang komplit karena menjadi tempat berolahraga, hiburan, dan tempat makan. Maklum disini terdapat sejumlah arena berolahraga seperti lapangan bulutangkis, bowling, volley, gym, sepak bola, renang, panjat dinding atau wall climbing, dan lainnya. Sejumlah kafe, resto, dan mini market juga menjamur disini dan ditambah tempat ber-karoke.

Plaza ini menjadi pilihan para para karyawan untuk melepas lelah setelah bekerja mengingat lokasinya di area perkantoran Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan.

Keenam, Pejaten Village atau Penvil. Mall yang terbilang baru ini juga sering dijadikan warga Jakarta sepulang berutinitas. Di sini tersedia sejumlah café dan resto serta tempat hiburan seperti bioskop dan tempat karoke.

Kebanyakan yang datang kesini warga Jakarta yang tinggal di ujung selatan seperti Lebakbulus, Ragunan hingga Depok dan Pamulang.


Ketujuh, Plaza Atrium Senen. Mall satu ini dekat dengan Terminal Bis Senen dan terletak di persimpangan yang dilewati beragam kendaraan umum, termasuk halte bis Tranjakarta. 

Biasanya karyawan yang singgah untuk kongkow di sini, tinggal di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Bekasi. 

Di plaza ini banyak café dan resto ditambah tempat hiburan seperti bioskop dan tempat karoke. Plaza ini juga dekat dengan perkantoran dan sejumlah hotel. 

Kedelapan, kawasan Kalibata. Di sini terdapat Plaza Kalibata dan Kalibata City atau Kalcit serta Pujasera di seberang Taman Makam Pahlawan. Di dua mall-nya itu banyak café dan resto serta tempat hiburan seperti tempat karoke. Sementara di pujasera, ada sejumlah café tenda yang menjajakan aneka makanan seperti nasi goreng, sate, ayam goreng, dan lainnya. 

Kelebihan kawasan ini juga dekat dengan Stasiun Kereta Api Kalibata dan dilewati kendaraan umum mikrolet jurusan Pasar Minggu-Kampung Melayu dan Kopaja jurusan Kampung Rambutan - Blok M. Biasanya, orang kantoran yang sering singgah di kawasan ini, tinggalnya di bilangan Depok, Bogor, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. 

Kedelapan lokasi di atas disukai karena strategis, banyak kendaraan umumnya, mudah parkir buat kendaraan pribadi, punya banyak tempat makan dan minum yang enak, tak ketinggalan ada tempat berbelanja, hiburan, dan berolahraga serta banyak tempat yang terkoneksi internet jaringan WiFi. 

Naskah & foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com) 

Captions: 
1. Para pekerja kantoran kongkow di salah satu kedai fast food di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat. 
2. Plaza Atrium, Senen salah satu mall yang juga ramai dijadikan tempat kongkow.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP