. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 30 Mei 2014

Ayo ke Jogja Nonton Pencak Malioboro Festival 2014. Ada Pesilat dari Amrik dan Thailand Lho

Akhir pekan di penghujung bulan ini bisa jadi waktu yang pas buat jalan-jalan ke Jogja. Pasalnya saat ini di Kota Gudeg ini tengah berlangsung acara Pencak Malioboro Festival (PMF) yang ke-3. 

Acara yang menjadi ajang berkumpulnya para pesilat dari berbagai belahan Nusantara ini berlangsung sejak Jumat (30/5). 

Pada hari pertama, acara dibuka dengan Bazar/Pameran di Kompleks eks Pasar Burung Ngasem, mulai Jumat, ba'da Shalat Jum’at.

Dilanjutkan dengan Festival Komposisi Gerak Pencak mulai pukul 15.30 hingga 18.30 WIB. Festival Komposisi ini akan berlangsung selama dua hari hingga Sabtu malam. Disambung dengan khaulan atau spontanitas yang diisi oleh para peserta PMF III yang ingin mendemonstrasikan kebolehannya.

Mulai hari pertama ini juga berlangsung Lomba Foto Pencak PMF III yang akan diikuti oleh puluhan fotografer dari DIY dan luar DIY. Lomba Foto Pencak ini baru kali pertama diselenggarakan dalam rangka PMF dengan menghadirkan juri antara lain Johny Hendarta (fotografer profesional) dan Dwi Oblo (Wartawan Foto Reuters). Lomba foto ini berlangsung samapi hari Minggu (1/6) atau selama PMF III berlangsung.

Pada hari kedua, Sabtu (31/5) acara PMF 2014 diisi dengan Workshop Pencak yang akan menghadirkan 2 guru pencak, yakni Mochamad Amien dari aliran silat Madura dan Demank dari Silat Patikaman Kalimantan. Acara yang terbuka untuk umum dan gratis ini berlangsung di Balaikota Kota Yogyakarta, sejak pagi hingga sore.

Ada juga Mini Workshop di area Bazar/Pameran di eks Pasar Burung Ngasem. Di acara ini anak-anak, remaja, bahkan orang tua bisa belajar pencak silat langsung dengan beberapa guru pencak.

Pada Hari Minggu (1/6) pagi akan berlangsung Pawai Pencak yang diikuti ribuan pesilat dengan mengambil start dari Parkiran Abu Bakar Ali dan finish di Nol Kilometer.

Ketua Panitia PFM 2014, Ludyarto Bimasena dalam keterangan persnya mengatakan hingga data terakhir, panitia sudah mencatat 5082 pesilat yang akan memeriahkan ajang tahunan ini.

Mereka akan menampilkan atraksi menarik sesuai ciri khas aliran dan perguruannya masing-masing. "Tercatat ada 61 perguruan yang terlibat di PMF III 2014 ini, 32 perguruan dari DIY dan sekitarnya, serta 29 perguruan dari luar DIY. Ada juga beberapa pesilat dari Thailand dan Amerika," terangnya.

Puncak puncak PMF III ditutup dengan Pesta Pencak Malioboro Festival III di Panggung di Kompleks eks Pasar Burung Ngasem.

Selama PMF III berlangsung, Panitia menyediakan Media Center di Kompleks eks Pasar Burung Ngasem. Para jurnalis yang ingin mendapatkan informasi seputar kegiatan/acara PMF III bisa datang ke Media Center.

Kalau Anda berminat ke Jogja menikmatii PMF III akhir pekan ini, sebaiknya booking penginapan lebih dulu. Maklum setiap ada  event besar seperti PMF ini, akomodasi di Jogja biasanya penuh.

Naskah & foto: adji kurniawan (adji-travelplus@yahoo.com)

Captions:
1. Salah satu cara menikmati suasana malam Malioboro, Jogja.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP