. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 23 April 2014

Gerakan Indonesia Coffee for the World, Upaya Mengangkat Kopi Indonesia ke Tingkat Dunia

Usai sukses menggelar Putri Kopi Indonesia 2011, lalu mengirim pemenangnya ke ajang Reinado del Café 2012 di Kolombia, tahun ini Indonesia Kebanggaanku (IK) dan Induk Koperasi Pribumi Indonesia (Inkopi) serta didukung Lions Club Nastiti akan menyelenggarakan gerakan Indonesia Coffee for the World dengan serangkaian acara menarik.

“Tujuan penyelangaraan gerakan Indonesia Coffee for the World ini untuk mempromosikan dan mengakat kopi Indonesia agar lebih diakui dunia sebagai kopi terbaik di dunia sekaligus menarik wisatawan dunia ke Jakarta dan daerah-daerah lain di Indonesia,” kata Rudi J. Pesik selaku CEO PT IK di Resto Rarampa, Jakarta, Rabu (23/4). 

Menurut Rudi ada serangkaian acara yang bakal digelar terkait gerakan tersebut. Pertama, Pameran Nasional Industri Kopi 2014 di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan berlangsung pada tanggal 8-12 Oktober 2014 di Jakarta. “Acara ini akan diikuti seluruh PUSKOPI dan pelaku industri kopi, asosiasi-asosiasi kopi, dan dihadiri pula para Duta Kopi dan Putri Kopi Indonesia 2014,” papar Ketua Umum Inkopi ini.

Selanjutnya akan diselenggarakan Pameran Nasional Kopi 2014 di ajang Interfood yang berlangsung pada tanggal 12-15 November di Jakarta. “Pesertanya para pelaku bisnis kopi Indonesia dan tak ketinggalan para Duta Kopi terpilih dan Putri Kopi Indonesia 2014,” terangnya.

Kata Rudi kedua pameran kopi tersebut menjadi ajang bagi para produsen kopi terkemuka di Indonesia untuk memamerkan produk-produk kopi unggulannya masing-masing.

Dalam pameran-pameran tersebut, lanjutnya juga akan diadakan Konferensi Kopi Nasional, seminar, dan workshop kopi Indonesia yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang jenis-jenis kopi dengan segala karakteristik dan kegunaannya serta cara pengolahan kopi yang baik sehingga dapat menghasilkan kopi yang terbaik.

Berikutnya akan diadakan Pemilihan Duta Kopi Daerah 2014 di masing-msing kabupaten dan atau kotamadya di seluruh Indonesia. Pesertanya putri-putri berbakat yang dipilih di setiap daerah. Final pemilihan Duta Kopi Daerah 2014 ini akan digelar pada 16 Agustus 2014, sebelumnya para pesertanya masuk karantina mulai tanggal 10-15 Agustus 2014.

Baru kemudian Grand Final Pemilihan Putri Kopi Indonesia 2014 yang akan berlangsung di Jakarta. Pesertanya para pemenang Duta Kopi Daerah dari masing-masing provinsi di Indonesia. Masa karantinanya 1-6 Oktober 2014, sedangkan finalnya pada 7 Oktoner 2014.

Para pemenang Putri Kopi Indonesia 2014 akan mengikuti road show di sejumlah kota di Indonesia dan luar negeri seperti ke Turki, Italia, Spanyol, dan Belanda serta seluruh Amerika Serikat. “Setelah itu mereka akan dipersiapkan lebih intens untuk mengikuti ajang Ratu Kopi Dunia di Kolombia pada Januari 2015 dan Ratu Kopi ASEAN 2015 serta Ratu Teh ASEAN 2015 yang rencananya akan diadakan di Danau Toba, Sumatera Utara,” jelas Rudi.

Sebagai catatan, pada pemilihan Putri Kopi Indonesia 2011, pemenangnya Laskary Andaly Metal Bitticaca atau biasa dipanggil Mela, asal Toraja, Sulawesi Selatan. Dia mengalahkan 30 Duta Kopi Daerah lainnya dari 14 provinsi penghasil kopi di Indonesia.

Mela pun mewakili Indonesia dalam kontes Reinaldo del Café 2012 di Manizales Kolombia pada 8 Januari 2012. Dia berhasil menyabet juara tiga World Queen of Coffee dan penghargaan khusus Rambut Terindah. 

Reinaldo del Café 2012 merupakan program tahunan yang telah diselenggarakan selama 41 tahun di Kolombia. Kendati Indonesia baru kali pertama mengikutinya, ternyata langsung menorehkan prestasi yang cukup membanggakan sekaligus mengharumkan nama Indonesia selaku negara produsen kopi terbesar ketiga di dunia.

Naskah & Foto: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP