. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 23 April 2013

Tour de Indonesia 2013 Tawarkan Konsep Sport Tourism

Dinilai kualitasnya stagnan, Tour de Indonesia (TdI) tahun ini bakal digelar dengan menawarkan konsep paduan olahraga dan pariwisata atau sport tourism. Dengan konsep ini, diharapkan lomba balap sepeda tingkat internasional  di Indonesia ini bakal semakin besar dan meningkat kelasnya. 

Selama ini, TdI berkonsep olahraga murni. Namun mulai tahun ini akan mengusung konsep sport tourism sebagaimana yang sukses diraih Tour de Singkarak yang berlangsung di Sumatera Barat.

Puspita Mustika, Konsultan Teknis balapan dari JIP berharap dengan konsep baru ini akan meningkatkan kelas balapan TdI.

TdI merupakan balapan sepeda kelas 2.2 dalam kalender Tur Asia Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI). Artinya, balapan jalan raya atau road race kelas dua yang melombakan lebih dari satu etape.

"Dengan kualitas balapan yang meningkat, diharapkan meningkatkan kelas balapan, dari kelas 2.2 menjadi 2.1,” kata Puspita di Jakarta beberapa waktu lalu.

Di TdI 2013 jumlah etape yang dilombakan tetap yakni10 etape dengan rute lama dari Jakarta hingga  Denpasar, Bali sepanjang 1.500 kilometer.

Dalam konsep baru ini, sebelum memulai lomba akan ada suguhan agenda budaya untuk menyemarakkan balapan. "Atraksi budaya setiap daerah yang menjadi titik start dan finish akan ditampilkan," ujar Puspita.

Dengan konsep ini, diharapkan kualitas balapan juga meningkat. Caranya, penyelenggara menargetkan mengundang 25 tim. “Sekitar 6 tim ditujukan untuk tim lokal atau tim nasional. Sisanya untuk tim mancanegara, tim continental ataupun klub-klub,” terangnya.

TdI 2013 rencananya akan digelar 25 Oktober hingga 3 November 2013. Ada beberapa kategori yang diperlombakan antara lain sprinter dan climber atau tanjakan.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sangat mendukung lomba balap sepeda terbesar di Indonesia ini. Ketua Umum PB ISSI, Edmound Simorangkir, memastikan TdI tahun ini bakal lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Menurut Azis Manaf perwakilan KONI Pusat Bidang Humas, pihaknya sangat menyambut gembira event yang diselnggarakan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) bekerjasama dengan PT Mitra Lintas yang diwakili oleh Associantenya JIP dan Arthayasa ini.

Ismed M.Noor perwakilan JIP selaku penyelenggara TdI 2013 mengatakan konsep sport tourism merupakan perpaduan yang sangat ideal. “Konsep ini memiliki misi memajukan dunia olahraga sekaligus pariwisata di Indonesia," ujarnya.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP