. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 10 April 2013

Persaingan Bisnis Karaokean Antarartis Kian Sengit

Belakangan ini makin banyak artis yang membuka usaha karokean keluarga. Setelah Inul Daratista sukses mengembangkan Inul Vizta, kemudian menyusul Rossa dengan Diva-nya dan  Lyra Virna dengan Lyrics karaoke-nya. Tak lama berselang Maia Istianti membuka Alegro karaoke. Persaingan sengit pun tak terhindari. 

Tak bisa dipungkiri, Inul Daratista merupakan artis yang mendongkrang bisnis hiburan karaoke keluarga di Tanah Air. Dia pula yang menjadi pelopor artis yang berbisnis karaokean keluarga. 

Pada medio 2005, artis dangdut papan atas ini mulai terjun ke dunia bisnis bersama suaminya, Adam Suseno dengan dana awal sekitar Rp 5 miliar untuk membuka outlet pertama di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sampai tahun ini, sekurang ada 84 outlet karaoke Inul Vizta yang dikelolanya dengan konsep franchise. Penyanyi dangdut yang tersohor dengan goyang ngebor-nya ini bahkan akan membuka cabang karaokeannya ke negara tetangga hingga Jepang.

Dalam kurun waktu tujuh tahun, Inul sudah memiliki outlet di 33 provinsi. Beberapa outlet sedang dipersiapkan. Jika dijumlah, totalnya mencapai 125 outlet. Yang menarik Inul Vista mendapat penghargaan Usaha bisnis hiburan berlabel ‘halal’ dari Indonesian Moeslem Award pada 2008.

Label inilah yang membuat citra karaokean menjadi baik lalu disukai keluarga dari berbagai kalangan dan umur. Namun bisninya ini tak sepenuhnya berjalan mulus. Dia pernah digugat atas izin dan royalti lagu. Salah satunya penggugatnya Karya Cipta Indonesia (KCI) terkait royalti lagu.

Bisnis karoekan keluarga kemudian dilirik Rossa. Penyanyi mungil asal Sumedang ini telah terjun ke dalam bisnis tempat karaoke yang diberi nama Diva Family Karaoke pada awal April 2011. Sebagai gebrakan, mantan Istri penggebuk drum band Padi, Yoyo ini meresmikan lima outlet baru Diva Karaoke-nya secara estafet dalam satu hari hingga meraih rekor MURI.

"Saya lakukan itu karena dasarnya saya seorang public relation. Saya selalu berpikir inovasi apa yang akan dilakukan. Ini breaking through. Makanya ketika ide ini datang, kita cek di MURI. Pernah ada, tapi bukan dilakukan satu orang. Akhirnya saya lakukan," akunya

Di tahun yang sama, Maia Istianti ikut membuka tempat karokean yang diberi label Alegro Karaoke. Outlet pertamanya di Epicentrum Kuningan. Lalu menyusul di Pantai Indah Kapuk dan Kelapa Gading.

Pentolan Duo Maia yang juga mantan istri Ahmad Dani ini juga akan mengembangkan Alegro di Batam, Medan, Palembang, Manado, dan Makassar. Tahun ini ada 11 outlet yang ditandatangani ibunda dari Al, El, dan Dul ini, tiga sudah beroperasi, delapan sisanya akan segera dirampungkan.

Semakin maraknya pemain di sektor ini membuat pemain baru harus putar otak untuk menghadirkan sesuatu yang baru. Alegro misalnya, karaoke ini muncul dengan konsep one stop karaoke, artinya selain karaoke, pengunjung juga bisa makan dan minum di lounge.

 Konsep ini sengaja dipilih Maia melihat karaoke keluarga yang sudah ada hanya sebatas karaoke. Konsep ini diambil untuk mencegah pengunjung yang waiting list tidak kabur atau keluar lokasi karaoke. “Kalau lagi rame dan terjadi waiting list, pengunjung di Alegro bisa menunggu di lounge sambil makan dan minum serta mendengarkan musik atau juga DJ beraksi. Jadi tak perlu keluar ruangan,” jelasnya.

Pemain sinetron Lyra Virna juga serius mengelola bisnis rumah karaoke bersama Erick Strada yang kini menjadi mantan suaminya. Namanya Lyrics Karaoke. Outlet pertamanya di Bandung, lalu Samarinda kemudian pada awal November 2012, dia membuka outlet terbarunya di Sidoarjo.

Yang menarik outlet karaokeannya di Sidoarjo, dari keseluruhan karyawannya sebanyak 75 persen merupakan korban lumpur. "Saya memang prioritaskan karyawan di oulet Sidoarjo ini dari warga korban lumpur," ujar artis yang kini tampil cantik dengan berhijab.

Lyra punya kita sendiri mengembangkan bisnisnya ini. Dia mengaku membuka usaha karaoke ingin berbeda dengan tempat karaoke lainnya. “Ini karaokean murni untuk keluarga dengan menu makanan harga terjangkau dan minuman non alkohol,” jelasnya. Biar bisnisnya maju dan eksis, tak ada pilihan bagi pebisnis karaokean ini untuk terus berbenah diri dan meningkatkan layanannya.

Di luar artis, para pebisnis karaokean keluarga ini juga tak mau kalah. Karaokean Happy Puppy misalnya mengadopsi teknologi Microsoft terbaru yang diaplikasikan ke bisnis karaoke keluarga tersebut.

Menurut Presdir PT Imperium Happy Puppy, Santoso Setyadji, usaha yang didirikannya sejak 20 tahun lalu di Surabaya itu, menggunakan software asli dari Microsoft.

Happy Puppy yang memiliki sekitar 60 outlet di 31 kota di seluruh Indonesia, dengan karyawan sebanyak 1.500 orang. Pada 2013 ini rencananya akan menambah sekitar 15 outlet baru di berbagai daerah.

Semua outlet-nya sudah menggunakan software asli dari Microsoft. Ada tiga jenis perangkat lunak Microsoft yang digunakannya, yaitu Windows sebagai operating system komputer alat pilih lagu, Windows Server untuk keperluan jaringan antar komputer, dan Microsoft Office untuk operasional kantor manajemen.

Makin banyaknya artis yang membuka bisnis karaokean keluarga bisa jadi karena semakin baiknya citra karoakean di Indonesia belakang ini. Jika dulu tempat karaoke sempat bercita negatif sebagai lokasi terselubung esek-esek, hingga menyebabkan orang enggan datang. Kini justru orang, keluarga berbondong-bondong datang ke karaokean keluarga.

Pebisnis di sektor ini pun berupaya terus mengemas karaokeannya menjadi tempat yang bukan saja nyaman pun bercitra positif bagi semua pengunjung baik anak-anak maupun orang tua.

Alhasil peminat karaoke keluarga terus bertambah. Buktinya sekarang bukan cuma kota besar saja seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan yang kebanjiran tempat karaoke keluarga, pun sudah merambah ke kota kecil dari Bogor sampai Sorong, Papua.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP