. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 13 Maret 2013

Turis Jepang Jatuh di Jurang Gunung Sibanyak

Baru-baru ini seorang turis asal Jepang bernama Kosei Yamada (39) tersesat dan hilang di Gunung Sibanyak, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara sejak Rabu (6/3/2013). Yamada hilang bersama Iptu Bambang. Keduanya terjatuh ke jurang sedalam ratusan meter. 

Untunglah, beberapa hari kemudian, keduanya berhasil dievakuasi di dekat Telaga Putri bersebelahan dengan Gunung Pintau pada Mingggu (10/3/2013). Keduanya dievakuasi oleh tim mapala,, ranger, dan Orari yang berjumlah 53 orang. Yamada kemudian dirawat di RS Berastagi sementara Iptu dibawa ke Medan menggunakan ambulans.

Gunung Sibanyak yang berketinggian 2.094 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung popular di kalangan pendaki Sumatera Utara. Gunung yang menghadap ke Kota Berastagi ini juga kerap didaki sejumlah wisatawan asing.

Gunung yang oleh orang Batak Karo disebut Gunung Raja ini merupakan gunung berapi aktif yang pernah meletus hebat pada tahun 1881.

Gunung yang berada sekitar 50 Km Barat Daya Kota Medan ini memiliki kawah yang cukup landai dan dapat dituruni asalkan tidak terlalu dekat. Akibat letusan hebat itu, puncaknya kini tak kerucut lagi.

Tiga Jalur 
Sekurangnya ada tiga jalur umum untuk menggapai puncak Gunung Sibanyak. Namun yang paling sering dipakai, jalur lewat Desa Raja Berneh (Semangat Gunung) dan dari Kota Brastagi.

Satu lagi Jalur 54 yang terletak di kawasan Tongkoh (bakaran jagung), di Jalan Raya Medan-Berastagi. Jalur ini lebih menantang, tanjakannya terjal dan hutannya masih asri. Jalur yang banyak ditemukan tanaman rotan sebelum menuju puncaknya ini, kerap dipakai mahasiswa penita alam di Medan dan sekitarnya untuk latihan anggota barunya.

Gunung Sibanyak selalu ramai dikunjungi pendaki lokal saban akhir pekan terlebih musim liburan. Mereka biasanya mulai mendaki sekitar pukul 02.00 dini hari untuk menyaksikan pesona sunrise-nya. Kalau cuaca sedang bersahabat, dari puncaknya juga dapat melihat panorama Kota Medan dari kejauhan.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. becasiantar.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP