. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 07 September 2011

Enam Acara Utama Sabang International Regatta 2011 di Sabang


Sabang International Regatta (SIR) 2011 yang diselenggarakan Kemenbudpar dengan Pemprov Aceh, Pemkot Sabang, Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi), dan Royal Langkawi Yacht Club Malaysia akan digelar di tiga lokasi yakni Phuket (Thailand), Langkawi (Malaysia), dan Sabang, Aceh (Indonesia) pada 13 sampai 25 September 2011. Lomba layar tingkat internasional ini bertujuan menjadikan Sabang sebagai pusat wisata bahari di Indonesia bagian Barat.

Acara pembukaan SIR 2011 akan berlangsung di Phuket pada 13 September. Di sini akan ada pameran industri dan komunitas khusus olahraga layar dan kegiatan bahari selama satu hari, pertunjukan seni dan budaya Aceh dan provinsi lain di Indonesia serta jamuan makan malam.

Dilanjutkan registrasi di Langkawi pada 16 September, kemudian start race pada 17 September dari Langkawi menuju Sabang. Dan diperkirakan akan tiba pada tanggal 19 September 2011 di Sabang.

Ada 6 acara pokok SIR 2011 di Sabang. Pertama, pada tanggal 20 September penyambutan kapal pertama yang tiba di Sabang oleh seluruh panitia perlombaan. Kedua, tanggal 21 September, penyambutan kapal terakhir yang tiba di Sabang Expo.

Kemudian acara ketiga, tanggal 22 September, ada afternoon tea dan gala dinner untuk penyambutan seluruh peserta. Keempat, tanggal 13 September diisi dengan serangkaian acara antara lain coasteal race & sailling pass, jungle tracking ke KM.0, lomba mancing, diving, cycling, dan expert competition. Kelima, tanggal 24 September, tur tsunami memorial ke Banda Aceh dilanjutkan dengan jamuan makan siang.

Dan keenam, tanggal 25 September 2011 yang merupakan acara penutupan, disi dengan festival makanan lokal, cocktail party, jamuan makan malam, pertunjukan musik dan kesenian, pesta kembang api, dan acara pembagian hadiah bagi para pemenang lomba SIR 2011.

Menurut panita, sampai kini tercatat 26 peserta kapal layar modern yang akan mengikuti SIR 2011. Pesertanya berasal dari Malaysia, Thailand, Hongkong, Singapura, Selandia Baru, Amerika Serikat, Jerman, Australia, Inggris, Perancis, Italia, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Acara launching SIR 2011 berlangung di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Rabu malam (7/9/2011) dihadiri Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenbudpar Firmansyah Rahim yang mewakili Menbudpar Jero Wacik, Direktur Promosi Dalam Negeri Kemenbudpar M. Faried Moetolo, Wakil Gubernur Aceh M. Nazar, Walikota Sabang Munawar Liza Zainal, anggota DPR asal Aceh, tokoh dan masyarakat Aceh yang tinggal di Jakarta.

Firmasnyah Rahim menjelaskan tujuan lomba layar tingkat internasional ini untuk menempatkan Aceh dalam peta destinasi pariwsata dunia terutama wisata bahari di Sabang. “Selama ini Sabang sudah dikenal sebagai salah satu tujuan menyelam para penyelam dunia. Ada sekitar 5 spot diving tersohor di Pulau Weh, Sabang ini,” jelasnya.

Munawar menambahkan sasaran event ini untuk menjadikan Sabang sebagai pusat wisata bahari di Indonesia bagian Barat sekaligus mendorong investasi di Aceh umunya dan Sabang khususnya. “Rencannya event internasional ini akan menjadi salah satu kalender tetap tahunan,” terangnya.

Acara launching SIR 2011 yang dibawakan MC aktor sinetron asal Aceh Tengku Wisnu dan putri pariwisata 2008 Andara ini dimeriahkan sejumlah tarian khas Aceh antara lain tari persembahan Ranup Lampuan, tari Modern of Likok Pulo, dan tarian penutup The New of Ratoeh, serta pemutaran theme song Sabang International Regatta berjudul Sail On yang dibawakan penyanyi berdarah Batak, Lea Simanjuntak.

Sebelum acara dimulai, panita penyelenggara menggelar jumpa pers dengan sejumlah media online khusus pariwisata, cetak, dan elektronik. Dilanjutkan makan malam dengan menu asli Aceh seperti Mie Aceh, Martabak Aceh, Nasi Kebuli, Roti Jala, dan Gulai Kambing serta aneka penganan kecil khas Tanah Rencong.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Tri Akbar Handoko, Pusat Komunikasi Publik, Kemenbudpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP