. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 25 Agustus 2011

Ancol Targetkan 1,5 Juta Pengunjung Libur Lebaran


Taman Impian Jaya Ancol (TIJA), Jakarta menargetkan 1,5 juta pengunjung selama liburan tahun ini mulai 1 Agustus sampai 18 September 2011. Untuk mencapai target tersebut, pengelolanya menambah wahana baru, pintu masuk, petugas, perluasan parkir, dan jam operasional TransJakarta Busway ke Ancol. Kendati Tornado, salah satu wahana andalan di Dufan dipastikan tak dioperasikan, pengelola Ancol tetap optimis target itu tercapai.

Wahana baru yang diluncurkan untuk menjaring pengunjung selama liburan lebaran 2011 antara lain Kalila Adventure di Dunia Fantasi (Dufan).

Kata Planning Division Head & Corporate Secertary TIJA, FX Husni, Kalila Adventure merupakan wahana animatronik ber-setting hutan dengan bermacam karakter hewan-hewan khas Indonesia. “Seqment wahana ini buat anak-anak dan keluagra dengan durasi 25 menit,” jelasnya di Ancol, Kamis (25/8/2011).

Selain itu, lanjutnya ada program Fantastique berupa Multimedia Show di Ecopark yang dulunya bekas lapangan golf Ancol.

Pintuk masuk ke Ancol yang semula 20 pintu ditambah menjadi 80 pintu masuk. “Ini untuk mencegah terjadinya antrean panjang,” jelasnya seraya menambahkan tiket masuk Ancol khusus libur lebaran sebesar 15.000 per orang.

Untuk keamanan, pengelola berkoordinasi dengan kepolisian dan memasang CCTV di sejumlah pintu masuk untuk memantau segala kemungkinan. “Kalau ada pelanggaran ketertiban atau kemacetan, polisi memantau dari CCTV lalu berkomunikasi dengan petugas dengan alat komunikasi untuk segera mengatasinya,” ungkapnya.

Pengelola juga menyiapkan 28 penjaga pantai dan petugas patroli laut dengan speedboat untuk mengamankan pengunjung yang beraktivitas di sekitar pantai.

Untuk mengatasi masalah perpakiran, pihaknya menyiapkan lahan parkir seluas 18 hektar berdaya tampung 9.000 kendaraan yang sebelumnya berkapasitas 7.000 kendaraan.

Ancol pun bekerja sama dengan Transjakarta busway dengan menambah jam operasional bus Transjakarta tujuan Ancol mulai H+2 hingga H+6 hingga pukul 22.00. Kerjasama juga dilakukan dengan PT KAI dengan melayani commuter line Ancol untuk wilayah Bekasi – Ancol – Tanjungpriok mulai H+2 sampai H+6.

Ketika ditanya oleh Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenbudpar Firmansyah Rahim seputar persiapan TIJA jelang liburan lebaran, Husni menerangkan selama bulan puasa, pihaknya sudah melakukan perbaikan dan pengecekan semua wahana yang ada di Ancol dan Dufan guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung. “Keamanan pengunjung bagi kami nomor satu,” terangnya.

Petugas di Dufan, lanjutnya ditambah jumlahnya 10 persen dari 600 orang. Sedangkan untuk Ancol yang biasanya 2.000 petugas ditambah lagi 200 orang.

Tornado Tak Dioperasikan
Manager Operasional Dufan Wahyu Widayat menjelaskan wahana Tornado di Dufan dipastikan tidak akan dioperasikan selama liburan lebaran. “Sampai saat masih dalam proses perbaikan karena ada beberapa komponen yang harus didatangkan dari Itali,” jelasnya.

Sebagai gantinya, lanjutnya Dufan membuat wahana Kalila Adventure yang semula bekas wahana balada kera.

Harga Tanda Masuk (HTM) Dufan, lanjut Wahyu tetap Rp 180ribu per orang. Kalau tidak mau mengantri panjang, pengunjung dapat membeli paket fashtrack senilai Rp 100ribu per orang.

“Dengan paket ini pengunjung melewati jalur khusus dengan cepat untuk menikmati 6 wahana Dufan. Namun karena Tornado tak beroperasi, hanya 5 wahana saja,” ujarnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP