. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 15 Juli 2011

Panduan Beli Tiket Kereta Api untuk Mudik


Lebaran masih beberapa pekan lagi dan puasa pun belum dimulai. Tak ada salahnya mempersiapkan tiket mudik jauh-jauh hari agar ibadah puasa tidak terganggu. Biar mudik via kereta api berjalan nyaman ikuti panduan membeli tiketnya. Apa saja?

Kalau tak punya kendaraan pribadi, atau tak cukup biaya membeli tiket pesawat yang harganya bisa selangit saat jelang lebaran. Pilihan tepat tentu saja naik kereta api untuk mudik dan balik.

Namun harga tiket kereta api untuk mudik dipastikan juga meninggi setiap jelang lebaran sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Bukan itu saja, untuk memperolehnya juga bakal sulit.

Nah, untuk memudahkan mendapatkan tiket kereta api mudik dengan harga normal, sebaiknya pesan atau beli jauh-jauh hari. Kebetulan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sudah menjual tiket kereta api untuk mudik tahun ini mulai Sabtu, 16 Juli 2011.

Selama ini ada 5 cara untuk mendapatkan tiket kereta api, yakni pesan/beli langsung di loket stasiun yang melayani pemesan. Biasanya harga tiketnya sesuai tarif kereta api yang bersangkutan dan langsung mendapatkan tiket.

Pesan/beli langsung di pusat reservasi, harganya sesuai tarif dan langsung memperoleh tiket. Pesan/beli lewat loket kantor pos yang sudah online, tiketnya langsung dibayar sesuai tarif berikut ekstra charge-nya.

Bisa juga pesan/beli lewat Contact Center kereta api dengan nomor panggilan 121 dan 021-21391121. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kode booking/kode bayar. Pembayarannya lewat e-bangking, antara lain ATM Bank Mandiri, BII, BRI, dan BPD Jawa Tengah. Dan terakhir pesan/beli lewat agen. Harganya sebesar traif plus ekstra charge dan bisa langsung memeproleh tiketnya.

Apakah cara di atas sama dengan memesan tiket kereta api untuk mudik tahun ini? Sebaiknya cari informasinya lebih dulu. Kalau sama, pilihlah cara yang paling praktis. Yang terpenting, pesan atau beli tiketnya jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket.

Kalau telat dan tiket sudah habis entah diborong calo atau pihak lain, tak ada cara lain selain lewat calo yang tarifnya bisa berlipat-lipat dari harga sebenarnya.

Nah, mumpung belum puasa, segera mungkin pesan/beli tiket kereta api untuk mudik dan balik agar puasa Anda tidak terusik.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP