. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 16 September 2010

Tradisi Lebaran Ketupat Khas Lombok & Madura


Lebaran ketupat, seminggu pasca ldul Fitri diselenggarakan di sejumlah daerah. Namun yang paling menonjol dan meriah perayaannya cuma di Lombok dan Madura. Di kedua pulau ini terdapat beberapa lokasi khusus untuk merayakan kemenangan kedua setelah berpuasa sunat syawal 6 (enam) hari dengan ketupat dan aneka penganan khas lain serta bermacam aktivitas menarik lainnya.

Di Madura, Jawa Timur acara Pesta Rakyat Lebaran Ketupat digelar di 2 (dua) titik pantai pada Jumat (17/9/2010) yakni kawasan Pantai Bandaran di Kecamatan Tlanakan, Pamekasan dan Pantai Camplong di Kabupaten Sampang. Penumpukan massa di dua lokasi ini diperkirakan akan meluber ke tengah badan jalan dan membuat kemacetan arus lalu lintas luar biasa hingga mencapai 4 Km, seperti terjadi tahun sebelumnya.

Pesta lebaran ketupat di dua pantai ternama di Pulau Garam ini diselanggarakan turun-temurun secara spontan oleh masing-masing masyarakat yang berdomisili di sekitar dua pantai tersebut.

Di Pantai Bandaran, warganya merayakan lebaran ketupat ini dengan berkeliling menaiki becak dan motor di sepanjang jalur Pantai Bandaran. Ada juga yang memberi nuansa hiburan dengan mendirikan panggung musik dangdut oleh sekelompok anak muda yang kerap memicu kemacetan di pinggir jalan Trans Madura karena membuahkan aksi joget massal. Maklum warga dari sejumlah desa se-kabupaten Pamakesan berdatangan ke pantai ini.

Suasana serupa juga terjadi di Kabupaten Sampang, ribuan masyarakatnya berbondong-bondong mendatangi obyek wisata andalan Pantai Camplong untuk merayakan lebaran ketupat sebagaimana tahun sebelumnya.

Enam Lokasi
Perayaan hari lebaran ketupat atau yang lebih dikenal dengan lebaran topat di Lombok, Nusa Tenggara Barat dipusatkan di 6 lokasi. Di Kota Mataram, perayaannya dipusatkan di Makam Loang Baloq atau lubang buaya, yakni salah satu makan keramat yang belakangan ramai dikunjungi pengunjung sebagai objek wisata religi. Di samping makam Loang Baloq terdapat kolam bermain yang dibangun Pemerintah Kota Mataram setahun lalu dengan biaya Rp1 miliar lebih.

Lebaran topat merupakan tradisi yang dilaksanakan masyarakat Lombok sejak ratusan tahun silam seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Pada hari itu masyarakat biasanya ke luar rumah untuk pergi berwisata ke sejumah obyek wisata dan ke makam.

Sehari sebelum perayaan, kaum ibu disana dibantu anak putrinya melakukan penampahan atau memasak ketupat, opor ayam, dan telur serta bantal (jajan khas Lombok terbuat dari ketan) serta berbagai masakan khas Lombok lainnya. Selama hari Lebaran Topat, masyarakat di sana menyantap ketupat sebagai pengganti nasi sejak pagi hingga malam.

Di Lombok Barat, lokasi lebaran topat jumat ini ada di 5 (lima) titik yakni Senggigi-Batu Layar, Pantai Induk, Cemare, Kuranji, dan Taman Narmada. Menurut Bupati Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, H Zaini Arony tujuannya agar tidak terjadi penumpukan massal di satu lokasi. Selian itu, perayaan lebaran topat tahun ini digelar selama dua hari karena jatuh pada hari Jumat.

Pada hari Jumat, dikhusukan untuk kegiatan religi sejak pagi, antara lain berziarah ke beberapa yang dikeramatkan di Lombok Barat, dilanjutkan dengana selakaran dan ngurisan (cukur rambut bayi). Ba’da (setelah) Jumatan atau sekitar pukul 14.00 Wita, masih dilanjutkan dengan kegiatan religi.

Sementara keesokannya, Sabtu (18/9/2010) khusus untuk perayaan seremonial tahunan yang digelar Pemkab Lombok Barat di Pantai Duduk, Kecamatan Batu Layar. Bermacam lomba memeriahkan hari kedua seperti lomba membuat ampas ketupat dan lainnya. Di Taman Narmada, perayaan Lebaran Topat berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu antara lain dengan panggung hiburan musik untuk menghibur masyarakat pada hari terakhir.

Lebaran Ketupat di Madura dan Lebaran Topat di Lombok, pada intinya dirayakan oleh orang yang berpuasa sunat selama enam hari pada bulan Syawal setelah Idul Fitri. Tapi uniknya masyarakat yang tidak ikut puasa di kedua pulau itu, ikut bersuka cita dan justru lebih aktif berpartisipasi merayakannya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP