. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 09 Desember 2009

Transaksi Indonesia di WTM London 2009 Rp 267 Milyar


Indonesia dalam hal Departemen Kebudayaan & Pariwisata (Depbudpar) berhasil memperoleh transaksi sekitar Rp 267 milyar dalam pameran pariwisata World Travel Market (WTM) 2009 yang berlangsung selama 4 hari, 9-12 November lalu di London, Inggris. Dari mana hasil itu didapat?

Hasil transaksi tersebut diperoleh setelah Depbudpar membagikan questioner ke 24 perusahaan pariwisata Indonesia yang turut serta dalam WTM 2009. Dari setiap perusahaan, Depbudpar mendapatkan 23 appointment prospective dengan jumlah perolehan rata-rata 946 wisatawan mancanegara (wisman). Jadi total wisman yang dihasilkan 24 x 946 = 22.704 wisman.

Apabila dengan asumsi pengeluaran per kunjungan US$ 1.178, maka totak devisa yang diperoleh adalah US$ 26.745.312 atau Rp 267.453.120.000 atau Rp 267 milyar lebih.

Peserta Indonesia di WTM London 2009 terdiri atas 7 Dinas Pariwisata Daerah yakni Bali, Kabupaten Badung, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Kota Palembang, Kabupaten Wakatobi dan Kalimantan Timur, ditambah 24 industri pariwisata antara lain Garuda Indonesia, 6 travel agent, 14 hotel, 1 safari park, dan dive centre.

Booth (Paviliun) Indonesia secara resmi dibuka oleh Dirjen Pemasaran Debudpar selaku Ketua Delagasi Indonesia Sapta Nirwandar yang diawali sambutan Dubes RI di London Yuri O. Thamrin, disusul sambutan Oleh Sapta Nirwandar sekaligus pengguntingan pita secara bersama.

Dalam pameran ini Indonesia menggelar sejumlah kegiatan seperti Indonesia Destination Workshop di Royal National Hotel yang dihadiri sekitar 39 travel agent dari Inggris, melakukan interview dengan beberapa media di Inggris, dan mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait seperti tour operator dan travel agent.

Depbudpar juga memasang iklan pariwisata Indonesia di media cetak Travel Weekly WTM Daily News 1 (satu) halaman penuh selama event WTM London 2009 berlangsung. Serta memasang Web Expsosure di website WTM mulai 19 Oktober 2009 s/d 18 Oktober 2010.

Guna menarik perhatian pengunjung untuk datang ke Paviliun Indonesia yang luasnya 200 meter persegi, digelar demo membatik oleh Allure Batik, demo Spa oleh Gaya Spa, dan suguhan kopi Indonesia di coffee corner.

WTM London merupakan bursa pariwisata terbesar kedua setelah Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin. Pada WTM London 2009 ini diikuti sekitar 50.000 travel profesional yang berasal dari 187 negara.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Sumber: Diyak Mulahela, direktur LEPITA
Foto: Diyak Mulahela


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP