. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 06 Februari 2024

Asyiknya Nanjak Prau via Igirmranak Awal Maret, Bisa Sambil Tanam Pohon


Punya rencana mendaki (nanjak) Gunung Prau awal Maret tahun ini? Sebaiknya pilih jalur pendakian (japen) atau base camp (BC) Prau via Igirmranak, dijamin lebih asyik (baca: lebih bermanfaat) karena bisa sekalian ikutan acara penanaman pohon.

Nama kegiatan penanaman pohonnya "Puncak Bulan Konservasi" yang akan berlangsung pada tanggal 2-3 Maret 2024.

Menurut Irfan Maulana dari BC Prau via Igirmranak acara "Puncak Bulan Konservasi" merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilakukan di Gunung Prau, dan untuk tahun ini ber-tempatan di BC Prau via Igirmranak.

Kegiatan cinta alam yang mengusung tema "Aksara Hijau Untuk Bumi Pertiwi" ini, lanjutnya terbuka untuk umum.

"Target pesertanya 500 orang," terangnya kepada TravelPlus Indonesia via WA, Selasa (6/2/2024).

Adapun bibit pohon yang akan ditaman adalah bibit pohon cemara. "Targetnya 1000 bibit," terangnya seraya menambahkan lokasi penanamannya di Bukit Cendani, atas Pos 2.


Lebih lanjut Irfan menjelaskan BC Prau via Igirmranak berada di Desa Igirmranak,  Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng).

Tak sulit menjangkau BC tersebut. Buat pendaki yang datang dari luar Jateng dengan moda transportasi umum bus, dari Terminal Wonosobo bisa menggunakan moda antar jemput yang sudah disiapkan dengan menghubungi kontak person terlebih dahulu.

"Untuk transportasi sekali jalan menuju basecamp 35 ribu per orang, kalau reguler trayekan bisa 55 ribu per orang sekali jalan. Sekalipun satu orang, kami tetap melayani," ungkapnya.

Untuk tiket simaksi pendakian Prau via Igirmranak per orang 30 ribu. "Buat yang membawa kendaraan, biaya parkir motor 10 ribu sedangkan mobil 20 ribu per unit," tambahnya.

Estimasi pendakian dari BC Prau via Igirmranak ke Puncak Prau yang berketinggian 2.590 meter diatas permukaan laut (Mdpl) sekitar 3 jam.

"Rinciannya 1 jam jalan kaki sampai Pos 1, dari Pos 1 hingga Pos 2 sekitar 30 menit, lalu Pos 2 ke Pos 3 sekitar 45 menit, dan dari Pos 3 sampai Puncak sekitar 45 menit," beber Irfan.


Mendaki Gunung Prau via BC Igirmranak, sambungnya punya banyak kelebihan/daya, di antaranya pemandangan sepanjang jalurnya menawan, Terowongan Kemin, dan tersedia mata air.

Kelebihan lainnya menyediakan ojek sepeda motor dari BC sehingga lebih cepat sampai. "Untuk jasa ojek dari BC sampai Pos 1 tarifnya 25 ribu, sampai atasnya Pos 1 cuma 30 ribu per orang," pungkasnya.

Isi dan Rundown
Di akun Instagram (IG) @basecamp.prau_igirmranak, flyer kegiatan "Puncak Bulan Konservasi" tersebut sudah diunggah.

Dalam keterangan unggahannya dijelaskan HTM acara tersebut sebesar 30 ribu per peserta, sudah termasuk (include) tiket pendakian, bibit pohon, makan 2 kali, coffee break, sticker, piagam penghargaan, doorprize, hiburan, dan api unggun.

Isi acaranya selain penanaman pohon bersama juga ada camp bersama, shearing season, pengenalan jalur pendakian, live akustik, doorprize 2 kali, piagam penghargaan, hiburan, api unggun, dan doa bersama.


Tercantum pula susunan acaranya. Pada Sabtu, tanggal 2 Maret 2024 dimulai dengan regristasi peserta (09:00-14.00); penempatan camp peserta & hiburan (17.00-19.00); istirahat, sholat, makan  (14.00-17.00); doa bersama & pembukaan  (19.30-20.00);  sharing season & doorprize (20.00-21.30); akustik & api unggun (21.30-23.00); dan Istirahat (23.00-06.00).

Pada Minggu 3 Maret 2024 diawali dengan senam pagi (06.00-07.00); sarapan & persiapan tracking (07.00-07.30); tracking & penanaman (07.30-10.00); penanaman & foto bersama (10.00-11.00), menuju basecamp (11.00-12.30), dan terakhir ditutup dengan doorprize & sayonara 12.30- selesai).

Ikutan "Puncak Bulan Konservasi" dari BC Igirmranak awal Maret tahun ini, TravelPlus Indonesia menilai bakal bikin pendakian Anda ke Gunung Prau bukan sekadar pendakian biasa melainkan pendakian yang bernilai plus atau bermanfaat lebih karena punya muatan ramah lingkungan alias pro konservasi dengan aksi tanam pohon. Yuk ikutan...

Naskah: Adji TravelPlus IG @adjitropis & TikTok @FaktaWisata.id, foto: tangkapan layar video dari Irfan Maulana & dok. @basecamp.prau_igirmranak

Captions:
1. Pemandangan alam Gunung Prau dari Basecamp (BC) via Igirmranak.
2. Menikmati sepenggal pesona Gunung Prau dari BC via Igirmranak.
3. BC via Igirmranak tampak depan.
4. Flyer kegiatan "Puncak Bulan Konservasi" yang akan berlangsung pada tanggal 2-3 Maret 2024.





0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP