. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 18 Januari 2024

Khidmatnya I'tikaf dan Qiyamullail di Masjid Istiqlal


Bertempat di ruang utama Masjid Istiqlal Jakarta pada Kamis (18/1) malam sampai dengan Jumat (19/1) pagi, kegiatan i'tikaf dan qiyamullail berlangsung dalam suasana yang khidmat.

Menurut pengertian istilah atau terminologi, i’tikaf dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) penulisannya iktikaf adalah tetap diam di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beribadah, zikir, bertasbih dan kegiatan terpuji lainnya serta menghindari perbuatan yang tercela. 

Adapun qiyamullail atau dalam KBBI penulisannya qiamulail adalah salat sunah yang dilakukan di tengah malam secara teratur seperti salat tahajud, tasbih, dan witir.

I'tikaf dan qiyamullail merupakan kegiatan bulanan yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) lewat Bidang Penyelenggara Peribadatan. Kegiatan islami ini terbuka untuk umum, muslimin dan muslimat tanpa perlu mendaftar.


Amatan TravelPlus Indonesia, jemaah yang datang juga banyak yang berasal dari luar Jakarta. Mereka kebanyakan berdatangan pada Kamis sore menjelang magrib namun tak sedikit yang datang selepas magrib bahkan isya.

Menurut penuturan beberapa jemaah, informasi kegiatan i'tikaf dan qiyamullail pada bulan Januari ini mereka peroleh dari unggahan flyer acara tersebut di akun Instagram (IG) Masjid Istiqlal Jakarta @masjidistiqlal.official beberapa hari lalu. 
Beberapa jemaah lagi mengaku diajak rekannya. 

Kegiatan i'tikaf dan qiyamullail dimulai dengan salat magrib berjemaah di ruang utama Masjid Istiqlal, dilanjutkan dengan istigasah dan salawat serta mauizah khasanah oleh Imam Masjid Istiqlal KH Husni Ismail, M.Ag. Setelah itu salat isya berjemaah. 

Selepas salat isya, salah seorang pengurus masjid menyampaikan kabar kepada jemaah untuk mengisi i'tikaf masing-masing dengan kegiatan tadarusan, berzikir maupun berselawat. 


Usai i'tikaf, para jemaah disarankan untuk  beristirahat agar pada saat melaksanakan  qiyamullail tidak mengantuk.

"Tepat pukul 2 dini hari, jemaah diharapkan sudah bangun dan siap mengikuti acara qiyamullail," jelas pengurus masjid tersebut.

Menurut salah seorang jemaah yang sudah pernah mengikuti i'tikaf dan qiyamullail di Masjid Istiqlal, menilai kegiatan religi ini mampu menghadirkan kekhidmatan dalam memohon ampunan kepada Allah SWT.

"Alhamdulillah diberi kekhidmatan dan kenikmatan mengikuti acara ini, sekaligus bisa memohon pengampunan akan dosa-dosa lalu, "ujarnya.

Kegiatan qiyamullail diawali dengan mengaji, membaca surat Al-Kahfi dipandu oleh muadzin Masjid Istiqlal.


Rangkaian acara selanjutnya salat tasbih, tahajud, dan salat witir. Menariknya sebelum salat tasbih, pihak pengurus masjid menyampaikan tuntutan tata caranya sebagaimana ditayangkan dalam dua TV layar besar di sebelah kiri dan kanan mimbar masjid.

Tulisan ini TravelPlus buat sebelum para jemaah melakukan qiyamullail. Sementara konten videonya akan ditayangkan Jumat, setelah rangkaian acara secara keseluruhan selesai.

Sesuai susunan acara i'tikaf dan qiyamullail edisi bulan pertama tahun 2024 ini akan ditutup dengan mauizah khasanah oleh Imam Masjid Istiqlal KH Husni Ismail, M.Ag. dan diakhiri dengan subuh berjemaah. 

Naskah & foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1. Suasana khidmat dalam acara i'tikaf dan qiyamullail edisi bulan pertama tahun 2024 di Masjid Istiqlal Jakarta.
2. Ragam pesona Masjid Istiqlal Jakarta jelang malam.
3. Istirahat sejenak usai i'tikaf, sebelum qiyamullail.
4. TravelPlus Indonesia turut hadir mensyiarkan kegiatan islami ini.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP