. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 06 Januari 2024

Gong Si Bolong, Bikin Aksi Bela Palestina Tanah Baru Jadi Lebih Istimewa


Kehadiran Gong Si Bolong dalam Aksi Bela Palestina Tanah Baru yang berlangsung di Kelurahan Tanah, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024) bukan sekadar meramaikan pun membuat aksi penggalangan dana untuk rakyat Palestina ini terasa beda, lebih istimewa.

Kenapa bisa begitu? Ya karena Aksi Bela Palestina Tanah Baru yang berlokasi di Lapangan Gaban, Tanah Baru, tepat di seberang Taman Pemuda Pratama tersebut bukan semata berisi deretan tokoh agama, ketua panitia, perwakilan dari Ketua RW se-Kecamatan Beji, dan lainnya berorasi serta berdoa, berzikir, dan berselawat untuk tujuan mengumpulkan dana dari masyarakat yang datang dari berbagai tempat.


Juga bukan hanya memberikan hiburan musik religi atau yang bernafaskan perjuangan rakyat Palestina serta pelelangan satu unit vespa dan lainnya. 

Bukan pula mengikutsertakan para pedagang UMKM bermacam kuliner (makanan dan minuman) se-Tanah Baru dan para penjual atribut Palestina dari berbagai daerah, pun sekaligus memperkenalkan budaya lokalnya, yakni Gong Si Bolong.

Apa itu Gong Si Bolong? Berdasarkan data dari berbagai sumber Gong Si Bolong adalah seni pertunjukan asli  masyarakat di Kelurahan Tanah Baru yang merupakan akulturasi kesenian Sunda dengan Betawi, yakni musiknya bernuansa Sunda dan nyanyian menggunakan sindiran bahasa Betawi.


Sesuai namanya, alat musik utamanya adalah sebuah gong besarnya. Dulu, gong tersebut ber-bolong karena termakan usia. Dari situlah kesenian yang juga menghadirkan alat musik lain seperti gendang, bende, rebab, terompet, keromong, dan saron ini dinamakan Gong Si Bolong.

Bukti kalau Gong Si Bolong adalah budaya lokal Depok tepatnya di kalangan warga Tanah Baru adalah dengan ditetapkannya sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2021. 


Bukti lainnya, di dekat perempatan Tanah Baru, juga terdapat sebuah tugu yang diberi nama Tugu Gong Si Bolong. Dinamakan begitu karena di atas tugu itu terdapat sebuah replika Gong Si Bolong.

Bocil Ikut Tampil
Amatan TravelPlus Indonesia, seni pertunjukan Gong Si Bolong tampil di awal acara Aksi Bela Palestina Tanah Baru, sekitar pukul 7:00 WIB. Mereka membawakan beberapa instrumental dan selawat. Menariknya sebagai besar pemainnya masih berusia remaja, bahkan ada yang masih bocil alias bocah cilik. 


Melihat kehadiran mereka, TravelPlus memberi acungan jempol buat pihak panitia dan sejumlah pihak yang mendukung. Kenapa? Pertama, karena dengan menghadirkan mereka secara tidak langsung ikut memperkenalkan WBTb asli Depok tepatnya dari Tanah Baru ini (maklum Gong Si Bolong belum begitu dikenal masyarakat luas), juga sekaligus turut menghidupkan/melestarikannya.

Kedua, para pemain Gong Si Bolong yang masih remaja bahkan bocil tersebut boleh dibilang sesuatu yang menggembirakan karena membuktikan adanya regenerasi lewat pelatihan dan juga penampilan di berbagai kesempatan acara, salah satunya di Aksi Bela Palestina Tanah Baru kali ini.

Naskah & Foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1-5: kolase foto seni pertunjukan Gong Si Bolong tampil di Aksi Bela Palestina Tanah Baru dan beberapa pemainnya yang masih remaja bahkan bocil serta suasana aksi yang berlangsung di Lapangan Gaban, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP