. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 26 Desember 2023

Tahun 2023 TravelPlus Bikin 250 Konten Video, Ada yang Viewers-nya sampai 31 Ribu


Sepanjang tahun 2023 (dari 3 Januari - 26 Desember), TravelPlus Indonesia membuat ratusan ragam konten video, 250 di antaranya diunggah di Reels Instagram (IG) @adjitropis sebanyak 174 konten video, TikTok @FaktaWisata.id (67), dan di kanal YouTube @kelana180 sebanyak 9 konten video.

Ada 174 konten video di Reels IG @adjitropis, 30 di antaranya jumlah penonton (viewers)-nya di atas 1000 sampai 12 ribu lebih warganet.

Lima dari 30 konten video tersebut berhasil menjaring penonton terbanyak yaitu pertama konten berjudul: "10 Tips Jumatan di Masjid Al Jabbar Bandung" dengan 12.900 viewers, kedua "Tentang Jamak Taqdim & Takhir" (7.764), ketiga "Fakta Raung 1" (4.019), keempat "13 Informasi Aksi Bela Palestina yang Dibutuhkan Peserta" (3.676), dan kelima konten bertajuk "Di Atap Sumatra" dengan 2.738 viewers.


Adapun 67 konten video di TikTok @FaktaWisata.id, 18 di antaranya sudah ditonton dari 1.000 lebih sampai 31 ribu viewers.

Lima dari 18 konten tersebut berhasil menjaring penonton terbanyak yaitu pertama konten berjudul "Di Aksi 2510, Atribut Palestina Laris Manis" dengan 31 ribu viewers, sekaligus menjadikannya   sebagai konten racikan TravelPlus yang terbanyak penontonnya baik yang tayang di IG, Tiktok maupun YouTube.


Kedua "Aksi Bela Palestina di Tiga Kota: Jakarta Selatan, Bogor & Jakarta Pusat" (9.114), ketiga "Aksi 2510: Berzikir, Bersalawat, Berorasi & Berdoa Buat Palestina di Tugu Kujang Bogor" (8.280), keempat "Aksi Akbar Bela Palestina Ini Juga Bawa Berkah Buat Pedagang" (4.673), dan konten kelima bertajuk "Aksi Bela Palestina Bikin Senyum Pedagang Semringah" dengan 4.268 viewers.

Gaya atau ciri khas konten video TravelPlus, selain meracik sendiri videonya ditambah dengan captions berupa teks informatif yang disertai sejumlah tagar, juga membuat lirik lagu dan menyanyikannya sendiri tanpa musik.

Intinya perpaduan karya jurnalistik (tulisan, foto, dan video) dengan kreativitas seni (berupa vokal lagu karya sendiri).

Buktinya, sepanjang 2023 ada 150 lagu yang TravelPlus buat untuk audio konten video di tiga medsos tersebut.

Contoh 10 lagu di Reel IG @adjitropis  berjudul: Pray for Marapi, Monas Tempat Bermunajat, Di Atap Sumatra, Menyatu dalam Jiwa, Pesona Indonesia, Seulawah Agam, Bekal Peduli, Oh Barelang, Hutan Kota, dan Fakta Raung 1. Sedangkan contoh 5 lagu di TikTok @FaktaWisata.id bertajuk Rancak Bana Ranah Minang, Purnama di Atas Kubah, Warnai Seindah-indahnya, Masa Putih Abu-abu, Gapai, dan Hati yang Mau.


Mengapa sepanjang 2023, TravelPlus lebih banyak membuat konten video dibanding tulisan (yang hanya 100 lebih tulisan di weblog TravelPlus Indonesia)? Jawabannya untuk memberi pilihan kepada warga yang lebih senang melihat/menonton konten video dibanding membaca tulisan, sekaligus memperluas pasar/peminat.

Alasan lain karena konten video juga menjadi salah satu bentuk promosi/publikasi yang lebih kekinian, beda, dan lebih kreatif karena bisa diberi captions berisi informasi sebagaimana tulisan.

Tujuan TravelPlus membuat banyak konten video yang diunggah di tiga medsos tersebut sepanjang 2023 sama seperti weblog TravelPlus Indonesia yaitu untuk melambungkan lagi ragam daya tarik yang dimiliki Indonesia, baik itu di sektor Kepariwisataan (termasuk Ekonomi Kreatif), Kebudayaan (konservasi budaya), maupun sektor Lingkungan dan Kehutanan (konservasi alam) serta sekaligus beribadah menyebarluaskan kebaikan.

Selain tulisan kreatif terkait Kepariwisataan, Kebudayaan serta Lingkungan dan Kehutanan di media online berkonsep weblog TravelPlus Indonesia, akankah tahun 2024 TravelPlus masih tetap konsen meracik konten video sesuai ciri khasnya lalu diunggah di ragam medsos-nya? 

Akankah pihak-pihak terkait yang selama ini sudah didukung/dibantu TravelPlus Indonesia, mau bersinergi lebih untuk meningkatkan kualitas, berkelanjutan, dan kemajuan ketiga sektor terkait tersebut? Tunggu saja di tahun depan yang tinggal menghitung hari.

Naskah & foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1. Tiga atribut TravelPlus Indonesia (kaos, topi, dan kartu pers)
2. Empat konten video Masjid Al Jabbar Bandung, Pantai di Pandeglang, Gunung Raung, dan Gunung Kerinci di Reels IG @adjitropis dengan jumlah viewers terbanyak
3. Empat konten video tentang pedagang atribut Palestina dan suasana aksi bela Palestina di TikTok @FaktaWisata.id dengan jumlah viewers terbanyak.
4. TravelPlus Indonesia saat meliput pendakian beberapa gunung di Tanah Air lalu membuat sejumlah tulisan, foto berikut konten video serta lagu.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP