. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 17 Desember 2023

Lima Alasan Ikut Aksi Bela Palestina di Samping Museum Bahari, Salah Satunya Mengobati Kerinduan


Ada beberapa Aksi Bela Palestina di Jakarta yang digelar pada waktu bersamaan, Ahad (17/12/2023) pagi. Satu di antaranya TravelPlus Indonesia pilih untuk ikut sekaligus meliputnya, yaitu Aksi Bela Palestina Bersama Aliansi Masyarakat Pesisir Jakarta".

Kenapa TravelPlus lebih memilih aksi bertajuk: "Lawan Pembantaian Kemanusiaan di Gaza!" tersebut? Sekurangnya ada 5 alasan, salah satunya mengobati kerinduan. Lho kok, mengobati kerinduan? Kerinduan dengan siapakah?

Alasan pertama, karena tidak bisa mengikuti beberapa aksi bela Palestina dalam waktu yang bersamaan (sebenarnya ingin ikuti semua), apalagi venue atau tempat pelaksanaannya berbeda-beda. Dengan kata lain susah untuk bagi waktunya. Mengingat dalam satu aksi, biasanya TravelPlus bukan  hanya semata meliput rangkaian acaranya dan suasananya pun venuenya terlebih yang punya daya tarik wisata.


Kedua, ingin mendapatkan vibes atau atmosfer/suasana yang beda. Kalau di Aksi Bela Palestina di depan Kedubes AS, di Jakarta Pusat tepatnya dekat dengan stasiun Gambir dan kawasan Monas, sudah pernah TravelPlus ikuti 2 kali pada waktu yang berbeda. Sedangkan Aksi Bela Palestina Bersama Aliansi Masyarakat Pesisir Jakarta yang diadakan di samping Museum Bahari Jakarta, baru kali ini TravelPlus ikuti.

Ketiga, karena venue-nya di samping Museum Bahara Jakarta tepatnya di Jalan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara sehingga bisa sekalian mengabadikan kekhasan arsitektur bangunan tua bekas gudang penyimpanan rempah-rempah, tembaga, tekstil, dan komoditi lain milik VOC yang kemudian pada 7 Juli 1977 diresmikan sebagai Museum Bahari Jakarta.

Keempat, karena juga bisa sekaligus mengabadikan Menara Syahbandar yang berada di bagian depan Museum Bahari, tepatnya di Jalan Pakin masih di Kecamatan Penjaringan.


Alasan terakhir atau kelima, karena ingin mengobati kerinduan dengan sederet objek wisata sejarah di pesisir Utara Jakarta antara lain Museum Bahari, Menara Syahbandar, Galangan VOC, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Dulu, di awal tahun 90-an TravelPlus sering berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta termasuk ke kawasan objek wisata di pesisir Utara Jakarta tersebut untuk tujuan memotret (masih dengan kamera analog).

Kebetulan jarak dari Kota Tua ke Museum Bahari terbilang tidak begitu jauh. Waktu itu seringnya naik bus umum semacam metromini berwarna kuning, pernah juga naik ojek sepeda onthel, dan atau jalan kaki lewat Galangan VOC.


Kalau sekarang pilihannya lebih mudah dan praktis, dari Kota Tua bisa naik transportasi online atau naik mikrolet jeklinko No 13 jurusan Kota Tua - Tanah Abang (gratis asalkan punya kartu Jaklinko, dll).

Dulu waktu berkunjung ke Museum Bahari yang juga pernah digunakan sebagai tempat menyimpan barang logistik tentara Jepang pada masa pendudukan Jepang dan setelah Indonesia Merdeka dipakai oleh PLN dan PTT untuk gudang, bukan sekadar melihat arsitektur bangunannya pun melihat bermacam koleksinya.


Sensasi Bergoyang
Dulu pernah pula naik ke atap Menara Syahbandar yang bangunannya berketinggian 12 meter, melihat deretan kapal kayu dan phinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, suasana Pasar Ikan, dan juga merasakan sensasi bergoyang setiap kali ada kendaraan besar lalu lalang. Maklum menara yang bernama asli Uitkijk yang dibangun sekitar tahun 1839 ini, berdiri di tepi Jalan Raya Pakin yang ramai dilalui bermacam kendaraan besar seperti truk kontainer.

Semua sensasi itu bikin kangen. Sayangnya pas acara Aksi Bela Palestina Bersama Aliansi Masyarakat Pesisir Jakarta berlangsung, baik Museum Bahari maupun Menara Syahbandar tutup.

Jadi usai melihat dan meliput jalannya aksi, TravelPlus hanya bisa mengabadikan kedua objek bersejarah itu dari bagian luar, tidak bisa masuk ke dalam apalagi naik ke atap Menara Syahbandar. Meskipun begitu, itu sudah cukup mengobati kerinduan.

Naskah & foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1. Kolase foto backdrop Aksi Bela Palestina Bersama Aliansi Masyarakat Pesisir Jakarta, bagian samping Museum Bahari, dan foto Menara Syahbandar.
2. Kolase foto suasana aksi di samping Museum Bahari Jakarta.
3. Kolase foto daya tarik arsitektur Museum Bahari Jakarta usai ikut beraksi.
4. Kolase foto pesona Menara Syahbandar dekat Museum Bahari Jakarta.
5. Dulu pernah naik ke atapnya Menara Syahbandar merasakan sensasi bergoyang.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP