. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 21 Desember 2023

Jelang JPAT 2023 dan Kenangan Liputan Tahun Lalu


Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) digelar Kemenparekraf/Baparekraf lewat Biro Komunikasi (Birkom) atau Humas-nya setiap tahun. JPAT merupakan acara laporan kinerja Kemenparekraf selama setahun dan target tahun depan yang disampaikan Menparekraf.

JPAT 2023 akan diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Lantai 1, Gd. Sapta Pesona Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta, Jumat (22/12) sore. 

TravelPlus Indonesia yang juga konsen meliput sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) diundang secara offline, dan undangannya dikirim oleh salah satu staf Birkom pada 5 Desember via pesan WA.

Dalam undangannya disebutkan 
JPAT 2023 akan dihadiri oleh Menparekraf dan Wamenparekraf serta para pejabat eselon 1 di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. 

Diingatkan pula setiap media dipersilakan untuk mengajukan maksimal 2 pertanyaan kepada Birkon yang ditunggu paling lambat Jumat, 15 Desember 2023 pukul 18.00 WIB. 

Beberapa hari kemudian TravelPlus mengirim 2 pertanyaan buat Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno lewat pesan WA ke kepala Birkom dan sejumlah bawahannya.

Pertanyaan pertama: program kerja dan strategi 2023 apa saja yang menurut Menparekraf paling sukses membuat sektor Parekraf bukan hanya meningkat pun berhasil menjaring wisman berkualitas secara signifikan? Apa buktinya? Apakah program kerja dan strategi tersebut akan dilanjutkan untuk mencapai target kunjungan wisman tahun 2024 atau justru ada program kerja dan strategi baru yang lebih ok?

Pertanyaan kedua: program kerja dan strategi apa saja yang akan Menparekraf lakukan untuk mengantisipasi dampak negatif isu kesehatan (Covid) jelang akhir 2023 ini di beberapa negara seperti China, Singapura, dan Malaysia serta dampak negatif bencana alam di sejumlah daerah di dalam negeri terhadap sektor Parekraf tahun 2024?.

Hari ini, Kamis (20/12) atau sehari jelang JPAT 2023, staf Birkom Kemenparekrf mengirimkan link registrasi jurnalis yang akan hadir di JPAT 2023 secara offline agar terdata di web panitia. TravelPlus pun segera mengisi registrasi dan mengirimkan screenshot hasil registrasi tersebut.


Setelah itu TravelPlus membuat tulisan ini sekaligus menginformasikan bahwa Kemenparekraf menggelar Pameran Capaian Kinerja Tahun 2023 selama tiga hari dari 20-22 Desember 2023 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Dalam siaran persnya dijelaskan pameran yang menampilkan 9 booth dari lingkungan kedeputian, Sekretariat Kementerian, Inspektorat Utama, dan mitra Kemenparekraf tersebut dibuka secara resmi oleh Menparekraf Sandiaga Uno bersama Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenparekraf Nur Asia Uno dan Sesmenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, Rabu (20/12/2023).

Menurut Sesmenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani pameran tersebut memamerkan  capaian akuntabilitas Kemenparekraf/Baparekraf selama tahun 2023 dan mengkomunikasikan rencana program yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. 

JPAT 2022
Sebagai pengingat, JPAT lalu atau 2022 yang berlangsung secara hybrid di venue yang sama, Senin (26/12), TravelPlus diundang secara online. TravelPlus juga mengirim 2 pertanyaan terkait JPAT 2022 sesuai permintaan staf Birkom yang mengirim undangan waktu itu.  


Pada hari itu juga TravelPlus buat artikel yang beda bertajuk "Pempek, Teh Tarik, dan JPAT Kemenparekraf 2022".

Sesuai judulnya, TravelPlus sekaligus mempromosikan kuliner tradisional yang merupakan bagian atau sub dari Ekraf yaitu Pempek dan Teh Tarik, dua jenis makanan dan minuman yang sudah sangat populer.

Dua kuliner itu TravelPlus pesan di sebuah kedai khusus menjual Pempek di bilangan Jakarta Selatan.


Sambil menunggu kehadiran Menparekraf membuka dan menyampaikan laporan kinerjanya di JPAT 2022 yang mengusung tema “Parekraf Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat”, TravelPlus menyantap aneka pempek (kapal selam, lenjer, adaan, dan bulat) ukuran mini dengan cuko dan irisan timun kecil-kecil serta menyeruput teh tarik es seraya mengabadikannya dalam bentuk foto dan video.

Selain satu tulisan tersebut, TravelPlus juga membuat konten video liputan JPAT 2022 secara offline sambil menyantap dua kuliner tersebut. Link tulisan dan konten video itu kemudian diunggah pula di akun IG @adjitropis hingga kabar acara tahunan tersebut kian meluas.

Naskah: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Foto: adji & dok. Kemenparekraf 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP