. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 23 Desember 2023

Ini 12 Tren Wisata dan Ekraf 2024 Versi Kemenparekraf dan TravelPlus


Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pun punya gaya mutakhir alias tren setiap tahun. Untuk tahun 2024, sekurangnya ada duabelas (12) tren parekraf terdiri atas 4 tren wisata dan 4 tren ekonomi kreatif (ekraf) atau 8 tren parekraf menurut proyeksi Kemenparekraf serta 4 tren parekraf versi TravelPlus Indonesia. 

Empat tren wisata berdasarkan sudut pandang Kemenparekraf itu Bleisure (Business Leisure), Wellness Experience, Deep and Meaningful, dan Set-jetting. Sedangkan 4 tren ekraf 2004-nya adalah Audio Visual, Mobile Game, Musik, dan Kolaborasi. 

Kedelapan tren parekraf tersebut disampaikan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2023 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (22/12).

Tren wisata Bleisure yang dimaksud Wamenparekraf adalah gabungan antara business and leisure yang akan terus tumbuh pascapandemi. Dengan kata lain  menggabungkan paket-paket gabungan antara bisnis dengan wisata.

Menurutnya peluang itu sangat besar mengingat tahun depan semakin banyaknya MICE. "Jadi ini mendorong pertumbuhan bisnis, ini bisa kita gandengkan dengan paket wisata,” ujarnya seraya mencontohkan orang yang melakukan bisnis di Jakarta bisa ditawarkan untuk bisa berwisata ke Borobudur, Bali, ataupun Labuan Bajo.

Adapun wellness experience atau  pengalaman wisata kebugaran berkaitan dengan pergeseran perilaku wisatawan usai pandemi Covid-19 yang semakin menyadari pentingnya kesehatan jiwa dan pengalaman spiritual.

Ia mencontohkan di Bali ada KEK Sanur kesehatan yang sedang dibangun. "Ini bisa menjadi salah satu point of interest dari wellness experience,” harapnya.

Tren wisata deep and meaningful alias pengalaman wisata yang lebih berkualitas dan bermakna, juga punya kans diminati tahun depan mengingat Indonesia memiliki banyak nature dan culture yang kental. "Kedua adet itu harus dapat dikemas dengan story telling yang menarik," imbaunya.

Satu lagi tren wisata tahun depan adalah set jetting atau berwisata tempat-tempat syuting film. Contohnya tour ke lokasi syuting film Gadis Kretek, dan lainnya.


Adapun 4 tren ekraf proyeksi Kemenparekraf yang pertama audio visual. Tren satu ini menurut Wamenparekraf akan semakin menguat karena banyaknya platform yang bisa diakses oleh generasi muda. 

Untuk tren mobile game tahun depan akan ada transformasi dari hiburan menjadi profesi.

Saat ini, lanjut Wamenparekraf pemerintah sedang menyusun Peraturan Presiden (Perpres) yang ditargetkan akan selesai akhir tahun 2023 sebagai bukti keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan industri game di Tanah Air.

Game ini pun bisa jadi esport tourism yang dapat mendatangkan banyak wisatawan pemain pemain game ke Indonesia kemudian berwisata. "Mereka follower-nya banyak dengan engagement yang tinggi, jadi ini kita bisa manfaatkan untuk mempromosikan Indonesia,” ujarnya. 

Tren ekraf sub musik juga akan terus nge-tren tahun depan karena adanya platform baru para pemusik untuk berkreasi. "Kita akan terus mendorong agar para musisi dapat memproteksi IP mereka," ungkapnya.

Terakhir atau tren ekraf kolaborasi menuju kemajuan, maksudnya dilakukan antar subsektor untuk menghasilkan nilai tambah produk ekraf, misalnya subsektor film dengan kuliner, atau fesyen dengan film. 

Ada tiga prinsip strategi pengembangan sektor parekraf yang tengah disusun yaitu  prinsip produktif, inklusif, dan berkelanjutan. 

“Tiga prinsip tersebut yang akan diturunkan dalam berbagai rencana Program Kerja Tahun 2024,” pungkasnya di JPAT 2023 yang dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno dan sejumlah pejabat eselon I serta tamu undangan termasuk para awal media yang hadir luring maupun during.

Tren Parekraf Bernilai Plus
Adapun 4 tren parekraf bernilai plus versi TravelPlus Indonesia adalah Adventure Plus, Sportainment Plus, Watch a Live Concert Plus, dan Walking Tour Plus berdasarkan amatan langsung dari awal sampai jelang akhir tahun ini.

Adventure Plus adalah tren wisata bermuatan petualangan yang bernilai lebih artinya digabungkan dengan jenis wisata ekraf dan lainnya. Contoh wisata petualangan mendaki gunung di Sumatra Barat plus wisata kuliner khas Minang seperti menikmati Bika dan Kopi Kawa Daun. Bukan hanya mencicipi pun melihat proses pembuatannya.

Contoh lain mendaki Gunung Kerinci plus melihat kegiatan budaya Gebyar Suro yang biasa dilakukan masyarakat Jawa yang sudah lama menetap Kabupaten Kerinci, Jambi persis di kaki gunung tersebut setiap awal bulan Suro. 

Pilihan lain berwisata paralayang atau gantole di Madura dilanjut dengan kulineran khas Madura.

Tren Sportainment Plus adalah tren parekraf 2024 yang menggabungkan antara jenis olahraga tertentu dengan hiburan. Contoh event Sport Party 2023 yang memperlombakan tenis yang dimainkan oleh sederet artis ternama antara lain Yura Yunita dan Luna Maya dalam kemasan hiburan dengan menghadirkan penampilan JKT 48 dan Ariel Noah ft. the Popstar.

Jadi bukan semata kejuaraan olahraga yang memberikan hadiah buat para pemenangnya, pun menyuguhkan hiburan buat penontonnya. Kombinasi keduanya membuat Sportainment Plus diminati tahun ini dan juga tahun depan.

Berikutnya tren Watch a Live Concert/Performance Plus atau menonton konser/pertunjukan secara live atau langsung baik itu konser/pertunjukan musik, tari, teater dan pertunjukan lain namun bukan hanya menonton pun sekaligus berwisata aneka kuliner tradisional maupun kekinian dan belanja bermacam merchandise-nya.


Terakhir atau tren parekraf keempat hasil amatan terkini TravelPlus adalah Walking Tour Plus, yakni wisata menikmati ragam daya tarik kota atau daerah dengan berjalan kaki yang dipandu oleh pemandu wisata yang berpengalaman dan mengenal daerah tersebut dengan baik.

Jenisnya ada walking tour sejarah, kuliner, budaya, kerajinan tangan, alam, dan lainnya. Kalau walking tour sejarah adalah wisata berjalan kaki ke sejumlah bangunan bersejarah di sebuah kota/daerah. Contoh walking tour kota tua Jakarta. Sedangkan walking tour sejarah plus adalah wisata berjalan kaki ke sejumlah bangunan bersejarah di sebuah kota/daerah yang diselingi/diakhiri dengan berwisata kuliner tradisional maupun kuliner kekinian yang ada di kawasan tersebut.

Kalau walking tour sejarah plus budaya, digabungkan dengan menikmati suguhan seni budaya tradisional setempat.

Sesuai namanya, 4 tren parekraf bernilai plus versi TravelPlus tersebut menggabungkan kegiatan wisata dengan ekraf, artinya kegiatan wisata yang punya nilai atau manfaat lebih.

Naskah & foto : Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id

Captions:
1. Mendaki gunung plus kulineran khas masyarakat setempat bakal tren tahun depan versi TravelPlus Indonesia tersebut.
2. TravelPlus Indonesia meliput acara Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2023 yang digelar Kemenparekraf lewat Biro Komunikasi atau Humas-nya di Gedung Sapta Pesona, Jumat (22/12).
3. Walking tour sejarah plus contohnya seperti yang diadakan komunitas Menjejak Lebak bekerjasama dengan Info Rangkasbitung jelang akhir tahun ini, tepatnya Sabtu (23/12) yakni berwisata jalan kaki ke sejumlah bangunan bersejarah maupun berstatus cagar budaya yang ada di Rangkasbitung, diselingi dengan kulineran.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP