. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 01 Oktober 2023

Enam Cara Asyik Semarakkan Hari Batik


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk turut menyemarakkan Hari Batik Nasional, salah satunya mengikuti acara Istana Berbatik di depan Istana Merdeka, Jakarta. Minggu (1/10). Tapi kalau tak diundang atau berhalangan hadir, bagaimana?

Tenang, masih banyak cara lain. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman TravelPlus Indonesia, sekurangnya masih ada 6 cara asyik untuk menyemarakkan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Cara asyik pertama, berwisata ke Kampung Batik.

Pilihan lokasinya antara lain Kampung Batik Kauman Pekalongan, Pesindon Pekalongan,  Wiradesa Pekalongan, Giriloyo Yogyakarta,  Ngasem Yogyakarta, Laweyan Solo, Kauman Solo, Semarang, dan Kampung Batik Kasepuhan Cirebon.

Selain itu Kampung Batik Putat Jaya Surabaya, Jetis Sidoarjo, Giri Kliwonan Sragen, Rifa'iyah Batang, Cigadung Bandung, dan Kampung Batik Cibuluh Bogor.

Pilihan lainnya Sentra Batik Lasem Rembang, Sentra Batik Palbatu Jakarta, dan Sentra Batik Trusmi Cirebon.


Di kampung batik, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, di antaranya melihat proses membatik, belajar membatik, menggali sejarah asal usul batik di kampung tersebut, dan melihat aneka produk batiknya yang siap jual. 

Tak lupa belanja batik buat sendiri dan orang-orang tersayang serta mengabadikan (memotret atau memvideokan aktivitas di kampung batik tersebut berikut suasana kampungnya).

Cara asyik kedua, menyaksikan calendar of event terkait batik, ada beberapa iven yang digelar diberbagai kota terkait perayaan Hari Batik Nasional tahun ini.

Di Jakarta ada Festival Batik yang berlangsung di Lapangan Banteng dari tanggal 30 September sampai 2 Oktober 2023.

Ragam acaranya antara lain Expo UMKM bermacam jenis batik, pagelaran budaya, mencanting bersama, workshop, lomba membatik, dan menikmati kuliner.

Di Bogor ada even Ragam Pesona Batik Bogor Chapter 2 yang berlangsung di Mal Botani Square Lt. 2  tanggal 1- 6 Oktober 2023. Rangkaian acaranya pameran, fashion show, experience membatik, talk show, dan workshop craft.

Di Solo ada acara BNI Solo Batik Music Festival 2023. Lokasinya di Lapangan Pamedan, Mangkunegaran Solo dari tanggal 30 September- 2 Oktober 2023.
Open Gate : 15.00 WIB – 22.00 WIB.

Berikutnya atau cara asyik ketiga, wisata belanja ke pasar batik. Selain di kampung batik, Anda juga bisa belanja batik di pasar atau pusat grosir batik.


Pilihannya antara lain kalau di Pekalongan Anda bisa ke Pasar Sertono dan ‌International Batik Centre; di Solo bisa ke  
Pasar Klewer Solo, Beteng Trade Center (BTC), dan Pusat Grosir Solo (PGS); dan di Yogyakarta antara lain Pasar Beringharjo. Sedangkan di Jakarta pilihan pasarnya antara lain Pasar Tanah Abang Blok A maupun Blok B dan Thamrin City, keduanya di Jakarta Pusat.

Cara asyik keempat, berkunjung ke museum terkait batik. Pilihannya antara lain Museum Batik Pekalongan di Kota Pekalongan, Museum Batik Danar Hadi atau House Of Danar Hadi di Solo, Museum Batik Yogyakarta di Yogyakarta, Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, dan Museum Tekstil di Palmerah Jakarta Barat.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan antara lain melihat koleksi batik masing-masing museum dan juga belajar membatik.

Selanjutnya atau cara asyik kelima, menginap di hotel bernama/bertema batik. Pilihannya antara lain Hotel Batik Cottage Yogyakarta, Hotel Museum Batik. Yogyakarta, The Batik Bed and Coffee Bandung, U Stay Hotel Style Batik di Tebet Jakarta Selatan, dan Grand Batik Inn di Sawah Besar Jakarta Pusat, 

Terakhir atau cara asyik keenam, melakukan kegiatan yang Anda suka dengan mengenakan batik. 

Kegiatan bersifat lebih keseru-seruan (fun activity) ini antara lain kalau suka main futsal tak ada salahnya sesekali memakai kaos dan celana kolor batik. Bila suka ke pantai, bisa memakai baju pantai bermotif batik atau kalau senang mendaki gunung setibanya di puncak mengenakan batik, dan lainnya. 


Sebaiknya cara-cara tersebut Anda lakukan bersama rekan-rekan sehobi agar lebih seru. Jangan lupa pula abadikan (difoto/divideokan) kemudian disebarluaskan di ragam medsos agar publik tahu.

Sebagai pengingat, Hari Batik Nasional diperingati 2 Oktober setiap tahun, mengingat pada tanggal tersebut tepatnya tahun 2009, UNESCO menetapkan batik yang merupakan warisan budaya milik Indonesia sebagai "Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi" (Masterpieces of the oral and intangible Heritage of Humanity).

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP