. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 06 Oktober 2023

Alif Toeanradjo dan Josh Holmes Tur 'Oi, Mate!' di Empat Kota, Ini Sembilan Fakta Menariknya


Musisi muda Alif Toeanradjo yang akrab di sapa Alif menyapa teman-teman musik di berbagai kota di Indonesia lewat tur bertajuk Tur 'Oi, Mate!' di 4 kota dari tanggal 1 sampai 6 Oktober 2023. 

Itu fakta pertama terkait musisi kelahiran Jakarta tahun 1996 bernama lengkap Muhammad Alif Maulana Toeanradjo yang pernah studi di Access Creative College, Birmingham City University - jurusan Popular Music Performance - Birmingham, UK (Inggris).

Masih ada sederet fakta lain tentang Alif yang sudah merilis 5 singel dan juga terkait Tur 'Oi, Mate!' di 4 kota.

Berikutnya fakta kedua, keempat kota yang menjadi lokasi Tur 'Oi, Mate!' adalah Jogja tepatnya di Journey Coffee, kemudian Purwokerto (Hetero Space), ketiga di Bandung (Tambuhak) dan terakhir atau keempat sekaligus menjadi penutup turnya adalah Jakarta, tepatnya di Demajors, M Bloc Space, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (6/10/2023) malam.


Fakta ketiga, Tur 'Oi, Mate!' yang dikelola PartiFaktori (unit kerja Spektakel Manajemen) disebut juga tur kolaboratif karena Alif Toeanradjo tidak tampil sendiri, melainkan berkolaborasi dengan temannya, musisi asal Coventry, Inggris bernama Josh Holmes. Sebagai pengingat, Alif dan Josh pernah bermain bersama di band The Clinks di Inggris.

Selanjutnya fakta keempat, menurut Shuliya Ratanavara dari Spektakel Manajemen, manajemennya Alif Toeanradjo, konsep Tur 'Oi, Mate!' ini tak melulu konser musiknya Alif dan Josh pun ada pertemuan budaya, musik, workshop, dan berbagai cerita bersama komunitas musik/kreatif di 4 kota tersebut.

Tak cuma itu, ditiap kota tersebut mereka berbagi panggung dengan band-band lokal dan atau bekerjasama dengan pihak terkait sebagai venue tur. Buktinya tur di Jogja, mereka menggandeng kawan-kawan dari 7DaysOff, Kultura Space, dan Dian Budaya. Di Purwokerto, mengajak  teman-teman dari studio kreatif SABA Studio.

Di Bandung bekerjasama dengan Tambuhak yang turut mendukung tur ini dengan menjadi tuan rumah. Begitupun di Jakarta, bersinergi dengan Demajors sebagai venuenya.


Media Session
Fakta kelima, sebelum tampil di Tur 'Oi, Mate!' di Jakarta sebagai penutup, pihak penyelenggara menggelar Media Session bersama Alif dan Josh di Restoran Tukang Masak, masih di kawasan M Bloc Space pada Jumat sore dengan mengundang beberapa jurnalis dan blogger antara lain Adji TravelPlus @adjitropis dari weblog TravelPlus Indonesia.

Berikutnya fakta keenam, saat Media Session TravelPlus Indonesia menanyakan apa keinginan/harapan Alif sebagai musisi/penyanyi ke depan. Jawabannya selain ingin segera membuat album pun berharap bisa tampil di Synchronize Fest tahun depan.


Fakta ketujuh ketika tampil di Tur 'Oi, Mate!' edisi Jakarta, Alif membawakan sederet lagi karyanya sendiri berlirik Bahasa Inggris antara lain Hopes & Dreams dan Couldn’t Care Less. 

Begitupun dengan Josh. Sebagai informasi tambahan, lagu-lagu karya Josh yang dibawakan di tur ini, semuanya diproduseri Alif.


Selanjutnya fakta kedelapan, amatan TravelPlus Indonesia yang melihat langsung performance Alif yang tampil sambil memainkan gitar, secara keseluruhan penampilannya boleh dibilang total, energik, menarik (punya sesuatu yang komersial dari sisi suara dan gaya), dan cukup komunikatif. Vokalnya lepas dan mampu menjangkau nada-nada tinggi.

Terakhir atau fakta kesembilan, menariknya kedua orang tua Alif Toeanradjo (ibu dan ayahnya) juga terlihat menyaksikan Alif tampil. Terlebih ibunya, begitu antusias ikut bernyanyi dan mengabadikan putra tercinta satu-satunya itu manggung. "Itu ibu saya, beliau sangat men-support saya,' teriak Alif bangga, seraya menunjuk ke arah ibunya di depan stage. Penonton pun memberi tepuk tangan. 

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP