. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 07 September 2023

Tujuh Taman Nasional Milik Indonesia Berpredikat ASEAN Heritage Parks, Ini Keistimewaannya


Indonesia punya puluhan kawasan konservasi berstatus Taman Nasional (TN). Menariknya, tujuh di antaranya menyandang predikat sebagai ASEAN Heritage Parks alias Taman Warisan ASEAN

Ketujuh TN tersebut adalah TN Kerinci Seblat, Bantimurung-Bulusaraung, Kepulauan Seribu, Gunung Leuser, Way Kambas, Lorentz, dan TN Wakatobi.

Berdasarkan amatan langsung TravelPlus Indonesia ditambah data dari berbagai sumber, antara lain website dan Instagram (IG) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), ketujuh TN di atas memiliki keistimewaan (kekhasan dan daya tarik wisata) masing-masing.

Pertama, TN Kerinci Seblat atau biasa disingkat TNKS yang berada di Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Sumatera Selatan ini juga menyandang gelar Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera dan Situs Warisan Dunia (Natural World Heritage Site) UNESCO.

TN yang ber-ekosistem dari tipe ekosistem hutan dataran rendah hingga ekosistem sub alpin serta beberapa ekosistem khas seperti rawa gambut, rawa air tawar, dan juga danau ini menjadi rumah buat sederet flora fauna langka dan endemik seperti Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, Beruang madu, Tapir asia, bermacam burung Sumatera, Rafflesia, dan Taxus sumatrana.


Aktivitas wisata yang kerap dilakukan wisatawan di TN yang kota terdekatnya adalah kota Sungai Penuh, Lubuklinggau, dan Curup ini antara lain mendaki Gunung Kerinci yang berketinggian 3.805 Mdpl sekaligus menjadi atapnya Sumatera, mengamati burung (bird watching), melihat bunga Raflesia arnoldi, berwisata ke Danau Kerinci, dan jelajah alam ke Danau Gunung Tujuh.

Kedua, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (disingkat TN Babul) yang mencakup tiga wilayah kabupaten yang saling berbatasan, yaitu Kabupaten Maros, Pangkep, dan Kabupaten Bone di Sulawesi Selatan (Sulsel) ini memiliki keistimewaan tersendiri karena menjadi satu-satunya taman nasional berupa kawasan karst di Indonesia.

Selain Air Terjun Bantimurung yang nama dan keindahannya sudah begitu tersohor, TN yang berjarak sekitar 28 Km dari Kota Makassar (ibukota Provinsi Sulsel) ini juga memiliki ratusan gua, dimana puluhan di antaranya merupakan gua prasejarah yang pernah dihuni manusia purba ribuan tahun silam.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan di TN yang juga menjadi rumah bermacam jenis flora dari vegetasi karts dan hutan daratan rendah serta sejumlah fauna endemik antara lain Enggang sulawesi, Musang sulawesi, Kera sulawesi, Kuskus, dan Tarsius ini antara lain berendam dan bermain air di Air Terjun Bantimurung, susur gua (caving) antara lain di Gua Batu dan Gua Mimpi, panjat tebing (rock climbing), dan jelajah perbukitan/pegunungan karst.


Ketiga, TN Kepulauan Seribu (TN KepSer) yang berada di Teluk Jakarta, tepatnya di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu  Provinsi DKI Jakarta ini merupakan kawasan pelestarian alam bahari satu-satunya yang berada di ibukota negara karena letaknya kurang lebih 45 km sebelah utara Jakarta.

TN yang memiliki daya tarik berupa keindahan alam laut dengan ekosistem karang yang unik seperti terumbu karang, ikan hias dan ikan konsumsi, molusca, penyu, tumbuhan laut dan darat, mangrove, padang lamun, dan lainnya ini, wisatawan bisa melakukan bermacam kegiatan wisata bahari antara lain menyelam, snorkeling, memancing, menikmati sunset dan sunrisewater sports, wisata pendidikan bernilai konservasi (penanaman lamun, mangrove, serta rehabilitasi karang, penyu sisik, elang bondol), berjemur di pantai, berkemah, dan berwisata kuliner.

Keempat, TN Gunung Leuser atau TNGL yang terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) juga berpredikat sebagai  Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi bagian dari Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera.

TN yang memiliki tipe ekosistem dari ekosistem pantai hingga ekosistem pegunungan sub alpine dengan puncak tertinggi pada ketinggian 3.404 mdpl ini juga menjadi rumah terakhir bagi 4 spesies penting di dunia yakni Harimau Sumatera, Orangutan Sumatera, Badak Sumatera, dan Gajah Sumatera.

Daya tarik dan aktivitas wisata alam yang bisa dilakukan wisatawan di dalam kawasan TNGL antara lain pendakian Gunung Leuser yang disebut-sebut pendakian gunung terpanjang di Sumatera, mengunjungi Pusat Pengamatan Orangutan Sumatra - Bukit Lawang di Kawasan Wisata Alam Bukit Lawang - Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumut, melihat konservasi gajah Sumatera di Tangkahan, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumut.


Kelima, TN Way Kambas (TNWK) yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Lampung merupakan TN yang memiliki sekolah gajah pertama di Indonesia dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) lalu menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG).

Di TN yang memiliki tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah, riparian, hutan pantai, dan ekosistem hutan mangrove/payau ini menjadi rumah bagi sejumlah satwa istimewa di antaranya Badak sumatera, Gajah Sumatra, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit, Kijang, Tapir, Rusa, Beruang Madu, dan berbagai jenis burung serta flora seperti meranti, rengas,  puspa, api-api, nipah, pandan, ketapang, dan cemara laut.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan di TN yang kota terdekatnya adalah Kota Bandar Lampung dan Metro ini antara lain menunggang gajah, menonton atraksi Gajah, jelajah alam, susur sungai dan berkemah.

Keenam, TN Lorentz yang terletak di antara 3 provinsi di Pulau Papua yakni Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan ini juga berpredikat sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Di TN yang memiliki puluhan tipe vegetasi di antaranya vegetasi hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan pegunungan, padang rumput, dan vegetasi lumut kerak ini menjadi tempat tinggal sejumlah fauna khas seperti cendrawasih ekor panjang, puyuh salju, dan burung Pigeon Crowned Selatan, babi duri moncong panjang, kuskus, walabi, kucing hutan, dan kanguru pohon ini serta bermacam flora antara lain nipah dan  bakau.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan wisatawan di TN yang kota terdekatnya adalah Kota Timika ini antara lain berwisata alam sekaligus budaya di Lembah Baliem, terutama saat berlangsung Festival Lembah Baliem.

Pilihan lain mendaki Puncak Carstenz dari Pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 4.884 Mdpl sekaligus menjadi salah satu dari 7 puncak tertinggi di dunia yang menjadi satu-satunya gletser tropika di Indonesia dan menikmati keindahan Telaga Biru Wamena atau Kali Biru Wamena yang airnya berwarna tosca.

Terakhir atau ketujuh, TN Wakatobi yang berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), tepatnya di antara segitiga koral menjadi rumah bagi bermacam jenis koral, ikan, moluska, dan spesies tanaman laut terbesar di dunia.


Di TN yang namanya diambil dari akronim nama empat pulau besarnya yaitu Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko ini wisatawan bisa puas berwisata bahari menikmati keindahan alam bawah laut seperti menyelam, snorkeling, dan berenang serta menikmati berbagai kebudayaan termasuk kuliner khas masyarakatnya.

Itulah keistimewaan sekaligus daya tarik serta aktivitas wisata di 7 TN yang berpredikat ASEAN Heritage Parks (AHP).

AHP & Harapan
Sebagai informasi tambahan, di IG @kementerianlhk dijelaskan AHP atau Taman Warisan ASEAN adalah kawasan lindung yang memiliki nilai konservasi tinggi secara keseluruhan dalam melestarikan spektrum lengkap ekosistem yang mewakili ekosistem di kawasan ASEAN.

Lewat tulisan ini TravelPlus Indonesia berharap semoga ketujuh TN tersebut bukan hanya mampu menjaga keberadaanya sebagai kawasan-kawasan konservasi yang semakin berkualitas, pun dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ramah lingkungan terlebih dari negara-negara anggota ASEAN, yang akhirnya bermuara pada peningkatan pendapatan bagi masyarakat setempat dan juga negara. 

Teks & foto: Adji TravelPlus @adjitropis



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP