. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 27 September 2023

Tips Berwisata ke Pulau Ber-Mercusuar Biar Aman Nyaman, dan Menyenangkan


Mau pelesiran Anda ke pulau ber-mercusuar berjalan aman, nyaman, dan berakhir menyenangkan? Tak ada salahnya, Anda ikuti tips atau panduan dari TravelPlus Indonesia berdasarkan pengalaman dan pengamatan langsung ke pulau-pulau ber-mercusuar di sejumlah daerah di Tanah Air. 

Sekurangnya ada 13 travel tips-nya. Pertama, cari tahu dan kumpulkan data/informasi pulau atau pantai ber-mercusuar yang ingin Anda sambangi.

Informasi yang harus Anda kumpulkan antara lain kondisi pulau atau pantai tersebut apakah terbuka untuk kunjungan wisata atau tidak. Selain itu info akses menuju pulau/pantai tersebut termasuk moda transportasi menuju ke sana berikut harganya, dan kapan waktu kunjungan terbaik.

Tak ketinggalan, informasi fasilitas yang tersedia di sana serta aktivitas wisata yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

Kedua, pemilihan pulau ber-mercusuarnya disesuaikan dengan ketersedian dana dan waktu Anda. Kalau mau yang ongkosnya murah dan tak memakan waktu tempuh yang panjang, pilih saja pulau ber-mercusuar terdekat dengan dominasi Anda.

Misalnya, Anda tinggal di Jakarta, bisa mengunjungi Pulau Damar Besar yang berada di perairan Teluk Jakarta. Pilihan lainnya mercusuar yang berada di pantai pesisir pulau Jawa terdekat dengan tempat Anda tinggal, tidak perlu menyeberang laut. Misalnya Mercusuar Sunda Kelapa di Jakarta Utara; Mercusuar Cikoneng di Banten, dan lainnya.

Tapi kalau Anda ingin pelesiran ke pulau ber-mercusuar yang jauh, pilihannya juga banyak, ada Mercusuar Wilem Toren III di Aceh, Mercusuar Tanjung Datu di Kalimantan Barat, Mercusuar Oinake di Papua, dan lainnya.

Ketiga, sebaiknya pelesirannya bareng rekan se-frekuensi dalam kelompok kecil (small group). Selain lebih seru dan asyik pun bisa share cost sewa perahu untuk menyeberang ke pulau ber-mercusuar yang dituju, dan lain sebagainya.


Keempat, mengindahkan peraturan/ketentuan berkunjung ke pulau ber-mercusuar tersebut, seperti titik naik pengunjung sampai di mana, apakah boleh sampai lantai teratas atau puncaknya atau hanya sampai  lantai tertentu. Selain itu waktu kunjungannya, biasanya pagi sekitar pukul 8 sampai 4 sore setiap hari. Apakah boleh memakai alas kaki (sepatu/sandal) atau tidak boleh.

Kelima, membawa perbekalan logistik untuk keperluan selama berkunjung dan peralatan pendukung seperti topi, suncream dll.

Keenam, menyiapkan perlengkapan untuk melakukan aktivitas wisata bahari di sana seperti berenang, snorkeling, diving, birdwatching, dan lainnya.

Ketujuh, mengetahui lebih jauh sejarah mercusuar di pulau tersebut lewat petugas setempat yang bertugas ataupun penduduk yang tinggal di pulau itu.

Kedelapan, melakukan  pengamatan, pengabadian (motret/video), dan  pendataan flora dan fauna yang ada di sekitar mercusuar atau di pulau itu.

Kesembilan, bila diperbolehkan mendirikan tenda Anda bisa membawa tenda beserta perlengkapan pendukungnya (matras, sleeping bag, sarung, bantal tiup, lampu tenda dll).

Kesepuluh, kalau diperbolehkan naik ke puncak mercusuar, Anda wajib mencobanya untuk melihat/mengabadikan pemandangan yang berbeda dari sudut pandang dari atas.

Kesebelas, jangan lupa abadikan setiap aktivitas wisata yang Anda lakukan di sana sebagai dokumentasi atau untuk keperluan bahan unggahan di ragam medsos Anda.


Keduabelas, pilih waktu kunjungan terbaik, misalnya saat kondisi perairannya berombak tenang dan atau saat ada penyelenggaraan even sport tourism ataupun budaya setempat. Contohnya kalau ke Pulau Lengkuas, sebaiknya saat penyelenggaraan Belitong Geopark International Kayak Marathon. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui artinya Anda bisa sekalian melihat bahkan mengikuti rangkaian acara festival tersebut.

Terakhir atau tips ketigabelas, tetap menjaga kebersihan mercusuar dan pulaunya secara keseluruhan dengan membuang sampah logistik Anda di tempat yang sudah tersedia atau membawa kembali jika memang tidak ada tempat sampah. Tidak melakukan aksi vandalisme atau corat-coret bangunan mercusuarnya dan juga tidak berbuat hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran kawasan lahan sekitar mercusuar.

Semoga ke-13 travel tips di atas bermanfaat. Selamat menikmati pelesiran di pulau ber-mercusuar.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP