. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 27 September 2023

Di Pulau Lengkuas Tak Hanya Abadikan Mercusuar, Ini 5 Aktivitas Menarik Lainnya



Berkunjung ke Pulau Lengkuas, pengunjungnya tak cuma bisa mengabadikan (memotret, merekam/memvideokan) bangunan mercusuar-nya, pun bisa masuk lalu naik ke atas mercusuar-nya, dan atau beraktivitas wisata menarik lainnya.

Sekurangnya ada lima kegiatan wisata yang bisa dilakukan pengunjung di pulau yang berada di Kabupaten Belitung, perairan Pulau Belitung, provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

Pertama, berwisata sejarah dengan cara mencari tahu lebih jauh asal usul mercusuarnya. Pengunjung bisa mengorek informasinya antara lain dari petugas setempat. Tak lupa melihat koleksi foto-foto yang ada di dalam mercusuar, yakni foto-foto  mercusuar lainnya yang ada di Pulau Belitung dan di Pulau Bangka serta  beberapa foto orang Belanda salah satunya foto  Ir. C. de Groot yang membangun mercusuar ini.

Kedua, berekowisata dengan cara membeli tukik atau anak penyu di sana untuk dilepasliarkan ke laut. 

Ketiga, berwisata kuliner antara lain menikmati air kelapa muda, mie rebus/goreng, pempek, dan pisang goreng yang dipotong kecil-kecil. 

Keempat, berwisata bahari seperti bermain di pantainya yang berpasir putih kecoklatan, snorkeling bahkan diving, salah satunya spot menyelam kapal karam di kedalaman 17 meter. 

Pilihan lainnya sewa perahu nelayan dari Pantai Tanjung Kelayang untuk keliling sekitar 5 pulau seperti Batu Garuda, Batu Belayar, Pulau Pasir, Pulau Kelayang, Pulau Gede atau Pulau Babi, dan tentu saja Pulau Lengkuas.


Pantauan TravelPlus Indonesia, kelebihan pulau-pulau di perairan Belitung tersebut selain berpanorama menawan dengan bermacam bebatuan granit, berlangit biru, dan pantai serta lautnya bersih dari sampah, letaknya pun berdekatan satu sama lain dan ditambah perairannya relatif tenang.

Terakhir atau kelima, bisa sekaligus berwisata budaya dan sport tourism bila pengunjung datang saat penyelenggaran even Festival Tanjung Kelayang, Belitong Geopark International Kayak Marathon, Festival Geopark Belitong, dan Pesona Belitung Beach Festival.

Travel Tips
Kalau pengunjung datang dari Jakarta, paling praktis dan cepat ke Belitung menggunakan pesawat sekitar 44 menit menuju Bandara H. AS. Hanandjoedddin. Dari bandara sewa mobil travel seperti Avanza ataupun Innova ke Pantai Tanjung Kelayang.

Di Pantai Tanjung Kelayang sewa perahu ke Pulau Lengkuas dan ke beberapa pulau sebagaimana tersebut di atas serta menyewa life jacket agar perjalanannya lebih aman dan nyaman.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP