. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 27 September 2023

Sejumlah Gunung Ditutup, Pelesiran ke Pulau Ber-Mercusuar Bisa Jadi Pilihan


Punya rencana bulan ini nanjak gunung A, B, dan C, eh ditutup sedangkan yang dibuka sudah pernah didaki. Nah bingung mau kemana sebagai penggantinya? Coba saja pelesiran ke pulau yang memiliki mercusuar, dijamin bakal membuahkan pengalaman berkesan.

Kenapa pilihannya berpelesir ke pulau yang ber-mercusuar? Ya karena ada bangunan mercusuarnya, yakni sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. Dulu, sumber cahayanya api. Bertambah kemajuan, kemudian diganti lampu sampai lensa.

Alasan lainnya karena bulan September ini masih bertepatan dengan Hari Menara Suar yang peringati setia tanggal 22 September dan Hari Maritim Nasional setiap 23 September.

Apa keistimewaannya? Selain lebih menarik, beda, indah, dan eksotis, keberadaan bangunan jangkung yang juga kerap disebut menara api, menara suar, atau menara angin ini punya muatan sejarah yang kental. Soalnya kebanyakan mercusuar di Indonesia merupakan bangunan warisan kolonial Belanda.

Aktivitas wisata apa saja yang bisa dilakukan di pulau ber-mercusuar? Bukan cuma mengabadikan (memotret/merekam/memvideokan) dan atau ber-swa foto atau berfoto diri dengan latar belakang mercusiar tersebut pun melakukan aktivitas menarik lainnya. 

Jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Misalnya Anda bisa masuk dan naik ke atas mercusuarnya, kalau takut ketinggian cukup dibawah saja mengamati flora/fauna sekitar, bersantai di pantainya, dan atau mengabadikan sunset/sunrise. 

Pilihan lain bisa berwisata sejarah, mencari lebih jauh asal usul mercusuar tersebut. Bisa juga kulineran makanan/minuman khas sambil melihat kegiatan seni budaya setempat saat ada even. Satu lagi, tentu saja sekaligus berwisata bahari seperti berenang, snorkeling, menyelam, memancing ikan, dan atau mengelilingi perairannya dengan perahu.

Dimana aja lokasi pulau ber-mercusuar? Pilihan lokasinya banyak, ada sejumlah mercusiar yang berada di pulau, ada pula yang berada di pantai pesisir atau daratan pulau utama.

Contoh di Aceh ada Mercusuar Wilem Toren III, tepatnya di Kampung Meulingge, Pulo Aceh,.Kabupaten Aceh Besar. Bangunan  peninggalan Belanda setinggi 85 meter ini dibangun tahun 1875.

Berikutnya di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Pulau Lengkuas, sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, perairan Pulau Belitung. Di sana ada mercusuar berwarna putih setinggi 52 meter yang dibangun tahun 1882.

Tetangganya Pulau Belitung yakni Pulau Bangka juga ada beberapa Mercusuar antara lain Mercusuar Tanjung Kalian di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Mercusuar setinggi 65 meter ini dibangun  Belanda sejak tahun 1862.

Di Lampung, tepatnya Tanjung Belimbing, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat, terdapat Mercusuar Tanjung Belimbing. Mercusuar setinggi 70 meter yang dibangun tahun 1879 oleh Raja Belanda Willem tersebut masuk kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). 

Menurut Plt. Balai Besar TNBBS Ismanto, mercusuar tersebut masuk Resort Tampang. Biasanya pengunjung yang datang ke resort tersebut antara lain menjelajah dari Tampang - Belimbing (Tambling) dan mampir di mercusuar tersebut.


Lokasi mercusiar lainnya, di perairan Teluk Jakarta, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta antara lain di Pulau Damar Besar dan Pulau Sebira (Sibira atau Sabira).

Di Pulau Damar Besar atau juga disebut Pulau Edam, menara suar-nya bernama Vast Licht, setinggi 65 meter yang dibangun tahun 1879. Sedangkan di Pulau Sebira namanya Mercusuar Noordwachter atau Jaga Utara, setinggi 48 meter yang didirikan tahun 1869. Sedangkan di 

Lokasi selanjutnya di Jawa Barat, tepatnya di Pulau Biawak, perairan Kabupaten Indramayu. Di sana ada mercusuar setinggi 65 meter yang dibangun Belanda tahun 1872.

Di Kalimantan Barat tepatnya di Kelurahan Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas ada Mercusuar Tanjung Datu (kadang ditulis Tanjung Dato). Mercusuar tersebut dibangun pada tahun 1885 semasa Raja Belanda Willem III. 

Di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Desa Labengki kecil, Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara, terdapat juga terdapat mercusuar tua peninggalan Belanda.

Mercusuar di Pesisir Pantai
Adapun mercusuar yang berada di pesisir  pantai atau daratan antara lain Mercusuar Sunda di pelabuhan ikan Muara Baru, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Mercusuar setinggi 17 meter tersebut dibangun sebelum tahun 1862 .

Selain itu ada Mercusuar Cikoneng di Desa Cikoneng, Kabupaten Anyer, Provinsi Banten. Mercusuar setinggi 75,5 meter yang dibangun tahun 1885 ini menjadi saksi bisu pembangunan ruas jalan Anyer sampai Panarukan.

Pilihan lainnya Mercusuar Pantai Baron setinggi 40 meter di tepi Pantai Baron, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogykarta. Selain itu ada Mercusuar Pantai Pandansari setinggi 30 meter di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul.

Masih di daratan Pulau Jawa, ada Mercusuar Willem III yang lebih dikenal dengan sebutan Mercusuar Semarang atau Mercusuar Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah. Mercusuar bercat putih setinggi 30 meter tersebut dibangun sejak tahun 1884.


Sementara di daratan Madura ada Mercusuar Pantai Sembilangan atau disebut juga Mercusuar Bangkalan setinggi 78 meter, tepatnya di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Mercusuar yang didirikan tahun 1879 ini lokasinya berjarak sekitar 6 Km dari pusat ibu kota Bangkalan.

Indonesia Timur
Di Indonesia bagian Timur antara lain ada 
Mercusuar Kupang atau Mercusuar Benteng Concordia. Mercusuar berbentuk menara kerangka bercat putih. setinggi 13 meter ini berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Di Maluku, tepatnya di ujung tanjung Latulahat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon ada Mercusuar Tanjung Nusaniwe. Mercusuar setinggi 21 meter yang berbentuk menara kerangka bercat putih tersebut dibangun tahun 1967.

Di Papua, tepatnya di Watung, Kabupaten Jayapura, perbatasan antara Papua, Indonesia dengan negara Papua Nugini ini ada Mercusuar Oinake. Mercusuar setinggi 37 meter berbentuk menara beton segi delapan dengan lentera dan galeri ini dibangun sekitar tahun 1990an. 

Itulah sederet mercusuar yang bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata alternatif selagi belum bisa mendaki gunung idaman karena masih ditutup.

Sebagai pengingat sekurangnya ada 26 jalur pendakian gunung yang dikelola oleh Perum Perhutani yang ditutup sementara waktu sebagaimana diunggah dalam unggahan Instagram @perumperhutani pada Jumat, 15 September.

Penutupan tersebut sebagai antisipasi kebakaran hutan akibat musim kemarau panjang.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP