. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 30 September 2023

Mau Berwisata Budaya, Religi, dan Alam di Jakarta? Ini TravelPlus Spill Panduannya


Punya rencana berwisata berbasis budaya, religi, dan alam di Jakarta untuk liburan akhir tahun ini? Delapan panduan yang TravelPlus Indonesia spill berikut ini, mungkin bisa Anda terapkan agar lancar dan menyenangkan. 

"Om, saya pingin liburan akhir tahun ini ke Jakarta. Bisa tolong spill panduannya, terutama wisata budaya, religi dan alam bermuatan petualangan? Tapi alamnya lebih ke laut alias bahari," begitu pesan WA yg saya dapat dari Bondan yang berdomisili di Surabaya.

Pesan serupa juga TravelPlus terima dari Rivan dari Padang dan Nita dari Makassar. Keduanya juga sama ingin mengisi liburan akhir tahun di Jakarta dengan berwisata budaya, religi, dan alam beraroma petualangan. 

Bedanya kalau Rivan, ingin wisata alamnya lebih ke wisata dirgantara seperti paralayang. Sedangkan Nita, justru lebih memilih wisata alam mendaki gunung.

TravelPlus pun membalas singkat, seraya bertanya: "Siyaaap, oiya kenapa memilih Jakarta dan jenis wisatanya budaya, religi, dan alam?". Balasan ketiganya hampir mirip yakni karena belum pernah mencoba ketiga jenis wisata tersebut.


"Saya pernah liburan ke Jakarta kira-kira 3 tahun lalu tapi cuma hang out di cafe dan keliling mall-nya aja. Sekarang pingin sesuatu yang beda," balas Bondan. 

Rivan dan Nita menambahkan. Keduanya mengaku juga karena terinspirasi setelah melihat tulisan dan konten TravelPlus yang diunggah di akun Instagram (IG) @adjitropis

"Saya lihat di IG Om, banyak liputan acara seni budaya seperti tarian dan musik, terus religi terutama masjid-masjid, dan petualangan terlebih pendakian gunung. Jadi kepingin seperti itu juga," terang Rivan diamini Nita.

Berdasarkan jawaban Bondan, Rivan, dan Nita yang tak lain pembaca setia TravelPlus Indonesia, membuktikan bahwa Daerah Khusus Ibukota (DKI) ini masih menjadi tujuan banyak orang untuk menghabiskan liburan akhir tahun. 

Amatan TravelPlus, faktornya banyak antara lain kemudahan akses termasuk pilihan moda transportasinya, pilihan jenis wisata dan tempat wisatanya serta acaranya.

Nah, berikut ini TravelPlus spill delapan panduannya. Pertama, harus tahu tempat atau objek wisata yang ingin dikunjungi sesuai jenis wisata yang didambakan.


Contohnya, bila ingin berwisata budaya khususnya kesenian atau kebudayaan Betawi, pilihannya antara lain mengunjungi beberapa kantong kesenian/kebudayaan Betawi ternama di Jakarta seperti Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel), Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah (Cipayung, Jaktim), dan gedung Dekranasda di lima wilayah kota Jakarta.

Tapi kalau ingin melihat acara kesenian dan budaya lainnya, bisa ke Gedung Kesenian Jakarta di Pasar Baru, Sawah Besar (Jakpus); Taman Ismail Marzuki (Cikini, Jakpus) yang merupakan tempat bermacam acara/pertunjukan seni seperti musik, tari, rupa, teater, dll baik tradisional maupun kontemporer; Gedung Kesenian Miss Tjitjih (Kemayoran, Jakpus) khusus pertunjukan sandiwara, Gedung Wayang Orang Bharata (Senen, Jakpus) khusus pertunjukkan wayang orang dan ketoprak khas Jawa Tengah, dan lainnya.


Kalau ingin berwisata religi, khususnya religi Islam bisa menjelajah sejumlah masjid tua di Jakarta antara lain Masjid Istiqlal di Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar (Jakpus), Masjid Agung Sunda Kelapa (Menteng, Jakpus), Masjid Agung Al-Azhar (Kebayoran Baru, Jaksel), Masjid Al-Makmur (kawasan Tanah Abang, Jakpus), Masjid Al-Alam Cilincing (Cilincing, Jakut), Masjid Tua Al-Mubarok alias Masjid Pangeran Kuningan (Mampang Prapatan, Jaksel), dan Masjid Jami’ As-Salafiyah di Jatinegara Kaum, Klender, Jaktim.


Khusus wisata alam bahari, tujuan utamanya jelas ke Teluk Jakarta, tepatnya ke Kabupaten Kepulauan Seribu. Di sana ada sejumlah pulau, baik yang berada di dalam kawasan Taman Nasional (TN) Kepulauan Seribu ataupun di luar kawasan konservasi bahari tersebut yang dapat Anda kunjungi.

Aktivitas wisatanya mulai dari yang bersifat rekreasi seperti santai di pantai, barbequ-an seafood di pantai, menikmati pesona sunset ataupun sunrise, bersepeda keliling pulau, treking di hutan mangrove, mengunjungi benteng bersejarah, keliling pulau dengan kapal, berburu foto yang instagramable, menginap di resort, dan lainnya.  

Bisa juga kegiatan wisata yang bermuatan konservasi alam di Pulau Pramuka yang masuk kawasan TN Kepulauan Seribu seperti mengunjungi penangkaran penyu sisik, melepas tukik di pantai, menanam bibit mangrove dan lamun serta transplatasi dan menanam terumbu karang.

Kalau senang yang bermuatan petualangan, pilihannya antara lain menyelam (diving), jetski, banana boat, paddling atau stand-up paddleboarding (SUP) di sejumlah perairan di pulau-pulaunya.

Buat yang senang wisata alam petualangan dirgantara, pilihannya di luar Jakarta atau objek terdekat dengan Jakarta antara lain di Kawasan Puncak Cisarua, Bogor. Di sana Anda bisa tandem paralayang.

Kenapa ke luar jakarta? Ya karena Jakarta tidak memiliki sarana alam seperti bukit yang menjadi spot untuk paralayang.


Begitupun kalau ingin mendaki gunung, pilihan paling dekat dengan Jakarta adalah Gunung Salak yang merupakan kawasan konservasi berstatus Taman Nasional yakni Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Selain Puncak 1 Gunung Salak via Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Anda juga bisa treking ke Kawah Ratu via Cidahu ataupun via Pasir Reungit, Kabupaten Bogor.

Panduan kedua, cari tahu agenda acara sesuai jenis wisatanya. Cara mengetahui ada berbagai cara, salah satunya dengan memantau terus informasinya di akun IG masing-masing seperti @gedung_pertunjukkan, @anjungandki parekrafdki, @tmiiofficial, @upkpbb_setubabakan, @uppkjtim, @tim.cikini, @dekranasdadkijakarta, @masjidistiqlal.official, @masjidagungalazhar, @btn_kep_seribu, @btn_gn_halimunsalak, @paralayangpuncak_official (bila ingin ber-paralayang), dan lainnya.

Bermacam acara seni budaya dan lainnya juga bisa dipantau di IG Dinas Kebudayaan DKI Jakarta @disbuddki serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta @disparekrafdki.

Panduan berikutnya atau ketiga, cara melakukan wisatanya bisa secara mandiri ataupun menggunakan travel agent dengan membeli paket wisata, maupun indie travel atau operator trip dengan mengikuti open trip (OT)-nya.

Anda bisa menghubungi pihak travel agent yang biasa membuat paket wisata ke Kepulauan Seribu atau indie travel atau operator trip yang biasa membuat OT mendaki Gunung Salak ataupun ke Kawah Ratu. 

Panduan keempat, sebaiknya liburan ke Jakarta dilakukan dalam kelompok kecil (small group). Selain lebih seru, pun bisa share cost untuk sewa mobil, perahu, dan lainnya.

Selanjutnya panduan kelima, untuk menikmati tiga jenis wisata tersebut minimal butuh waktu kunjungan 5 hari terdiri atas wisata budaya (1 hari full), wisata religi (1 hari full), dan untuk wisata bahari ke Kepulauan Seribu ataupun ber-paralayang di kawasan puncak Cisarua Bogor maupun mendaki Gunung Salak (masing-masing  estimasi waktunya 2 hari 1 malam). 

Panduan keenam, sebaiknya booking tiket moda transportasi (pesawat/kereta ataupun bus tujuan Jakarta P/P), penginapan, dan lainnya dilakukan jauh-jauh hari agar dapat harga miring, minimal masih tersedia.


Jaga Kebersihan
Berikutnya panduan ketujuh, tetap menjaga kebersihan di tempat-tempat wisata yang Anda kunjungi, termasuk saat berwisata kuliner khas Jakarta maupun saat berwisata alam terdekat dengan Jakarta.

Terakhir atau spill panduan kedelapan, jangan lupa abadikan semua tempat dan aktivitas wisata yang Anda lakukan dalam bentuk foto maupun video lalu sebarluaskan ke ragam medsos Anda dengan captions atau keterangan dan audio yang menarik agar kenangan liburan Anda terdokumentasikan sekaligus publik jadi tahu dan tertarik.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP