. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 08 Agustus 2023

Diikuti 25 Ribu Peserta, Raimuna Nasional XII Tahun 2023 Berkontribusi Tambah Pergerakan Wisnus


Raimuna Nasional XII Tahun 2023 yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus dipastikan turut berkontribusi menambah pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) tahun ini.

Pasalnya kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berusia kisaran 16-25 tahun ini akan diikuti 25 ribu peserta dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini tentunya akan memperkuat capaian target (1,2 miliar-1,4 miliar) pergerakan wisnus," ungkap Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Sebelumnya, Sandiaga menjelaskan perjalanan wisnus sampai Juni 2023 tercatat baru 433,57 juta.  Ada 5 provinsi yang menjadi menyumbang perjalanan wisnus terbesar yakni Jawa Timur 26,92 persen, Jawa Barat 17,40 persen, Jawa Tengah 14,55 persen, DKI Jakarta 6,94 persen, dan Banten 4,80 persen.

Pihaknya, lanjut Sandiaga akan terus melakukan berbagai program termasuk kolaboraksi promosi dengan online travel agent termasuk dengan mitra, influencer, pelaku industri, media, dan travel agent.  

Pemerintah daerah diharapkan lebih aktif mempromosikan dan menciptakan event  untuk pemasaran pariwisata Indonesia. "Kami juga mendorong kerja sama yang lebih terintegrasi dengan konsep bangga berwisata di Indonesia," terangnya. 

Terkait Raimuna tahun ini, Sandiaga berharap kegiatan ini juga mampu memperkuat semangat kebangsaan dan kontribusi positif pemuda khususnya bagi masa depan pariwisata Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di tingkat global.

Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka, Fatkhul Manan menjelaskan Raimuna Itu dari kata Rai yang bermakna sekelompok anak muda yang berkumpul, Muna yang berarti  jiwa mereka yang membawa kebaikan.


Dalam Raimuna ini ada lima pilar yang melandasi kegiatan-kegiatannya yakni untuk merawat persatuan dan kesatuan, merawat kebudayaan, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, adaptasi tehadap teknologi, dan pilar kelima pengabdian masyarakat.

"Khusus pilar keempat yakni meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, kita mengangkat sebuah tema pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Terkait itu pihaknya akan melibatkan lebih dari 250 UMKM untuk menghadirkan berbagai produk ekonomi kreatif seperti fesyen, kuliner, merchandise, dan lainnya.

"Dengan begitu diharapkan kegiatan ini juga menjadi momentum untuk menaik-kelaskan UMKM," terangnya.

Ketua Pelaksana Raimuna Nasional XII Tahun 2023, Raihan Muhammad Sujaya, lebih detail menjelaskan dalam Raimuna tahun ini karena pesertanya pemuda seluruh kegiatannya tidak dihabiskan hanya untuk kegiatan kepramukaan.

"Dengan lima pilar tadi akan kita sesuaikan dengan ikon-ikon kepemudaan antara lain magang 1 - 2 hari di kementerian/lembaga termasuk di Kemenparekraf, kuliah 1-2 hari di beberapa kampus di Jabodetabek, dan meningkatkan skill pengetahuan pesertanya," ungkapnya.

Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Florida Pardosi jumlah  anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega terdata mencapai 9 juta orang sampai ranting kecamatan.

"Ini potensi luar biasa untuk kita kolaborasikan menjadi agen-agen perubahan dalam pengembangan pariwisata khususnya di desa-desa wisata di seluruh wilayah Indonesia," ujar Florida.


Untuk kegiatan Raimuna nanti, lanjut Florida, Kemenparekraf akan mendukung 34 booth dengan bimtek dan sosialisasi mengenai kegiatan-kegiatan parekraf yang temanya akan disesuaikan.

Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono mengatakan pihaknya mengajak peserta Raimuna untuk juga berkolaborasi dalam sisi marketing yakni mempromosikan berwisata di Indonesia Aja dengan bermacam tema seperti seni budaya dan ekonomi kreatif.

"Produk atau paket-paket wisata akan kita jual juga sehingga peserta Raimuna setelah selesai acara tidak langsung pulang , bisa berwisata di Cibubur dan sekitarnya," terangnya.

Teks & foto: Adji TravelPlus @adjitropis

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP