. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 07 Juni 2023

Mau Jelajah Bangkinang, Tanah Kelahiran Putri Ariani? Ini Ragam Daya Tarik Wisatanya


Nama Bangkinang ikut terdongkrak gara-gara Putri Arini berhasil mendapatkan golden buzzer di audisi America's Got Talent (AGT) 2023 pada Selasa (6/6) petang waktu AS.

Kok, bisa? Ya karena ibukota Kabupaten Kampar di Provinsi Riau itu merupakan tanah kelahiran penyanyi pop solo disabilitas netra bernama lengkap Ariani Nisma Putri yang membanggakan Indonesia ini.

Terdongkrak, lantaran beberapa media online dan media sosial di Tanah Air, termasuk TravelPlus Indonesia dan akun  Instagram (IG) @adjitropis yang menyajikan dan menggunggah berita tentang keberhasilan Putri Ariani memperoleh tombol emas itu, juga turut mencantumkan nama tanah kelahirannya tersebut.

Belum lagi beberapa musisi seperti Iwa K dan Charly ST 12 turut menggunggah video saat pemenang kompetisi Indonesia's Got Talent (IGT) 2014 ini menunjukkan suara emasnya sambil memainkan piano hingga memperoleh golden buzzer langsung dari Simon Cowell usai tampil menyanyikan 2 lagu di ajang audisi tingkat internasional tersebut.

"Saya upload ini bukan karna kenal dan memang saya tidak kenal. Ini hanya semata karna saya merasa sangat bangga dan menangis ikut bahagia atas pencapaian prestasinya di luar sana. Trimakasih @arianinismaputri karyamu sudah buat saya bangga dan nama Indonesia menjadi semakin bermakna di mata dunia," tulis Charly pentolan Setia Band di bawah video yang diunggahnya di akun IG-nya @charly_setiaku.

Bahkan beberapa pejabat negara antara lain Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga ikut mengunggah video yang bersumber dari Youtube America’s Got Talent tersebut.

"Wow!! Terharu dan bangga, talenta muda Indonesia, Putri Ariani mendapatkan “golden buzzer” di ajang America’s Got Talent (AGT) 2023. Putri kelahiran Riau berusia 17 tahun ini membuat Indonesia bangga! 🇮🇩," tulis Sandiaga di akun IG-nya @sandiagauno.

Orang nomor satu di Jawa Barat dalam unggahannya di akun IG pribadinya @ridwankamil  juga menulis rasa bangga dan harunya sebagai captions.

"Kamu orang Indonesia pertama yang meraih golden buzzer. Simbol respek tertinggi dari ajang bakat ini. Dan hebatnya, kamu menyanyikan lagu istimewa yang kamu ciptakan sendiri," tulis Kang Emil  seraya mendoakan Putri Ariani semoga sukses dan terkabul semua cita-citanya.


Berkat unggahan semua konten (tulisan, foto maupun video) keberhasilan Putri Ariani tersebut, otomatis banyak publik yang bertanya-tanya sekaligus ingin tahu ragam daya tarik wisata yang ada di tanah kelahirannya, Bangkinang khususnya dan Kabupaten Kampar secara keseluruhan.

Daya Tarik Wisata
Dihimpun dari beberapa sumber, Bangkinang yang berjarak 60 km dari Pekanbaru (ibu kota provinsi Riau) merupakan daerah penghubung menuju Sumatera Barat. Mayoritas penduduk Bangkinang beragama Islam.

Daya tarik wisata yang ada di kota yang ber-motto Kota Serambi Mekkah, Kota Beriman ini antara lain Stanum Bangkinang, Bukit Naang Bangkinang, Jembatan Waterfront City, Masjid Al-Ikhsan - Markaz Islamy Kabupaten Kampar, Masjid Al Kiram Bangkinang Kota, dan Masjid At Tirmidzi Bangkinang.

Diluar Bangkinang namun masih satu kabupeten, yakni Kabupaten Kampar, ada Tepian Mahligai; Sungai Hijau 7; Ulu Kasok yang berpanorama alam mirip dengan Raja Ampat; Suaka Margasatwa Rimbang Baling di Kota Lama, Kecamatan Kampar Kiri Hulu; Sungai Gulamo yang disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Kampar; Taman Agro Nadin yang memiliki beragam spot foto kekinian; Tuluk Jering yang bernuansa pedesaan; Air Terjun Batang Kapas; dan Panbo Beach di Kelurahan Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Terkait daya tarik budaya dan sejarah, di antaranya ada cagar budaya Candi Muara Takus; Semah Rantau yakni tradisi masyarakat Kampar Kiri Hulu yang menyatu dengan alam Hutan Rimbang Baling dan Sungai Subayang melalui semah yang diantar untuk raja di hutan dan raja di perairan; dan bekas Frauen Kampen di  halaman SD 008 (dalam areal Batalyon 132 BS), Salo, Bangkinang yakni bekas kamp tawanan perang yang diisi oleh warga negara Eropa yang ditahan oleh tentara Jepang pasca dikuasainya Asia Tenggara oleh bala tentara Dai Nippon.

Adapun kalendar kegiatan ekraf dan pariwisatanya yang menarik untuk lihat antara lain Jelajah Wisata Alam Kampar di Bangkinang Kota, Kampar Kreatif Festival di Lapangan Merdeka Bangkinang Kota, Festival Seni Anak Kampar di Taman Kota Bangkinang Kota, Tour de Siak di Bangkinang Kota, dan Festival Subayang di alam terbuka Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri.


Pilihan akomodasinya untuk bermalam di Bangkinang dari hotel bintang sampai kelas backpacker-an antara lain Hotel Al-Madinah Bangkinang, SR Altha Hotel Bangkinang, Hotel Bangkinang Baru, Wisma Nirvana, Homestay Arafah Syariah, OYO 91949 Ameera Homestay Syariah, Spot On 92052 Aulya Homestay Syariah, dan Spot On 91950 Guest House TekNong Syariah.

Tempat makannya terbilang banyak antara lain Rumah Makan Padang Ampera Basamo 3, Ayam Gecak Bangkinang Kota, Silomak Resto Bangkinang, RM. Tapak Lapan, Restoran Azizi, dan camilan tahu di Motahuaja Bangkinang.

Kalau ingin menyantap kuliner khas Kampar-nya bisa mencoba antara lain Sate Lidah yang mirip Sate Padang namun berbahan ayam yang dibentuk seperti lidah; Dadio yang terbuat dari susu kerbau yang telah difermentasi; Kapiek Tak Bertulang atau hidangan ikan tanpa tulang; Pongkek Cubadak berbahan nangka atau bahasa setempat disebut dengan cubadak yang dipotong kecil-kecil seperti dadu lalu ditumis sebagai lauk nasi; Gulai Asam Pedas dari Ikan Patin; dan Gulai Siput Kuantan.

Panganan khasnya antara lain Lopek Bugi atau lepat ketan dengan varian rasa; Kue Jalo berbahan dasar adonan tepung terigu yang dibentuk menyerupai jalo yang biasa disantap dengan kuah srikaya; dan Kue Palito Daun dari tepung beras. (Adji TravelPlus @adjitropis)

Foto: dok. IG @disbudparkampar, @wisata_gulamo_, @bangkinanginfo & @arianinismaputri


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP