. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 08 Juni 2023

Mau Lihat Festival Lestari ke-5 di Sigi? Ini Suguhan Acara dan Panduannya


Festival Lestari ke-5 di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang akan digelar 23 - 25 Juni 2023 bakal menyuguhkan kearifan lokal, kekayaan alam, komoditas, pariwisata hingga budaya dan kuliner dalam program Telusur Lestari.

Dalam jumpa pers yang berlangsung di Restoran Kaum, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (8/6) dijelaskan program Telusur Lestari dibagi menjadi lima tujuan.

Pertama, Telusur Rasa Lestari (Sustainable Culinary Journey) untuk menggali kembali cerita dan sejarah menu lokal di Kabupaten Sigi. Penyelenggara menggandeng mitra dari Kaum Restaurant, Cork & Screw Restaurant, Nasi Peda Pelangi, Masak TV, Parti Gastronomi, dan Kang Duren.

Kedua, Telusur Wisata & Budaya Lestari untuk melihat potensi yang bisa dikembangkan di kawasan Danau Lindu, yang terkenal dengan laboratorium Lore Lindu.

Ketiga, Telusur Alam Lestari untuk mengunjungi Hutan Ranjuri, salah satu hutan purba yang ada di Sulawesi Tengah dengan lokasi yang tak jauh dari kota.

Penyelenggara sedang mengembangkan program Adopsi Pohon untuk Hutan Ranjuri berkolaborasi dengan Jejak.in dan Gojek Indonesia.

Keempat, Petualang Lestari lewat olahraga paralayang di lokasi Paralayang Wayu yang merupakan salah satu titik terbaik untuk olahraga paralayang di Indonesia dan ASEAN.

Sambil menunggu, penyelenggara akan menyajika kopi Sigi dan durian lezat dari Desa Dombu buat peserta.

Kelima, Telusur Komoditas Lestari, mengunjungi lokasi produksi dari komoditas-komoditas yang diangkat, antara lain kakao di Desa Omu, bambu di Desa Salua, dan sereh wangi, vanili, dan pengembangan palmarosa di Desa Pulu.


Adapun rangkaian acara inti Festival Lestari ke-5 hari pertama (23/6), setelah pembukaan diisi dengan Telusur Lestari: Sustainable Culinary Journey, Investment Forum Cagar Biosfer, dan Potomu Ntodea atau pasar warga berupa pameran booth UMKM lestari yang terkurasi.

Berbagai produk hilirisasi alam akan dipamerkan dan dijual kepada pengunjung yang hadir. Berbagai komoditas alam seperti kakao, bambu, vanili palmarosa, kopi dan bambu pun telah dirangkum menjadi portofolio investasi lestari bagi Kabupaten Sigi.

Hari kedua (24/6) diisi dengan Telusur Lestari: Sustainable Culinary Journey, Telusur Lestari: Hutan Ranjuri, Town Hall Muda, dan Dialog Senja: Temu Inovasi Lestari.

Hari ketiga atau terakhir (25/6) ada Demo Masak menu SCJ Sulteng, Telusur Lestari: Komoditas Lestari, dan Potomu Ntodea dimana ada pertunjukan seni budaya serta penutupan Festival Lestari.

Sebelum acara inti, ada 2 hari  pra event dimulai (21/6) dengan kegiatan Telusur Lestari: Sustainable Culinary Journey dan Mini Trip di Danau Lindu. Danau ini berada di wilayah kaki Gunung Nokilalaki dengan ketinggian 2355 meter di atas permukaan laut.

Hari berikutnya (22/6), selain dua acara tersebut juga ada Petualang Lestari: Paralayang Wayu, kopi dan durian serta welcoming dinner.

Sesuai namanya Paralayang Wayu berada di Desa Wayu, yang berjarak sekitar satu jam dari Bandara Mutiara SIS Al Jufri, Kota Palu. Pengunjung bisa terbang tandem dengan instruktur atau atlet paralayang untuk lanskap Sulawesi Tengah berupa lembah, sungai, gunung, laut, dan teluk.

Dalam konferensi pers yang dihadiri sejumlah awak media termasuk TravelPlus Indonesia, Irwan Lapatta menjelaskan Festival Lestari yang sebelumnya  bernama Festival Kabupaten Lestari atau FKL adalah agenda tahunan yang digelar oleh Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), kaukus pembangunan lestari di bawah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

Pada Festival Lestari ke-5 ini, Kabupaten Sigi dan Provinsi Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah dengan mengusung tema ‘Tumbuh Lebih Baik’ dengan harapan supaya Provinsi Sulawesi Tengah dapat bangkit ke arah yang lebih kuat dan lestari setelah bencana gempa besar, likuifaksi, dan badai Covid-19 yang menghancurkan ekonomi masyarakat.

Selain Irwan Lapatta, jumpa pers Festival Lestari ke-5 juga dihadiri pembicara lain yakni Direktur Perencanaan Sumber Daya Alam Kementerian Investasi Ratih Purbasari Kania; Co-Founder Java Kirana Noverian, Managing Partner Katalys & Koalisi Ekonomi Membumi Rama Manusama serta Kepala Sekretariat LTKL Gita Syahrani sebagai moderator.


Hotel & Rental Mobil
Nah, buat traveler yang ingin melihat rangkaian acara Festival Lestari ke-5,  di linktree @festivallestari tersaji pilihan tempat menginap hotel sampai homestay di Kota Palu s antara lain Santika Palu, Swiss Belhotel Silae Palu, D'Kalora Hotel & Resort, Best Western Plus Coco Palu, Helsinki Palu, Hannah Syariah Homestay, Jazz Hotel Palu, Purple Hotel, Granada Inn, dan Milano Guest House. Sedangkan di Sigi antara lain ada Bukit Indah Doda Hotel & Resort yang berada di Doda, Kecamatan Kinovaro.

Untuk moda transportasi daratnya dari Bandara Mutiara SIS Al Jufri, Kota Palu menuju hotel pilihan menginap dan atau ke sejumlah venue acara Festival Lestari ke-5 di Sigi, juga ada daftar tempat menyewa mobil di Palu. Pilihan rental mobilnya antara lain Ta'lim Rent Car Palu, Rental Mobil Pelangi, Rental Mobil Palu MRC, Pore Rentcar Palu, dan Smart Rental Mobil Palu. (Adji TravelPlus @adjitropis)

Foto: Dok. IG @festivallestari & Adji


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP