. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 04 Juni 2023

Catatan TravelPlus: Lima Faktor Penguat Suksesnya INDOFEST 2023


INDOFEST 2023 di Istora Senayan, Jakarta hari ini, Minggu (4/6) berakhir. Secara umum, pameran perlengkapan kegiatan luar ruang (outdoor) dan petualangan terbesar di Asia Tenggara ini berlangsung bukan cuma sukses pun berdaya tarik kuat.

Catatan TravelPlus Indonesia, sekurangnya ada 5 faktor penguat yang membuat INDOFEST 2023 bisa begitu.

Pertama, promosi pra (sebelum) dan on (saat) event berlangsung dengan gencar dan tepat sasaran.

Sadar tak cukup andalkan publikasi via  akun IG INDOFEST sendiri, pihak penyelenggara juga bekerjasama dgn sejumlah media. Belum lagi liputan dari jurnalis/blogger sekaligus content creator yang sejak dulu konsen meliput kegiatan outdoor maupun petualangan di Tanah Air.

TravelPlus misalnya khusus pra event membuat satu tulisan di media online berkonsep weblog TravelPlus Indonesia berjudul "Tawarkan Diskon Sampai 70 Persen, INDOFEST 2023 Bakal Kebanjiran Pengunjung" serta 2 konten video Reels di IG @adjitropis bertajuk "Hari Pertama INDOFEST 2023", "Pengunjung Bisa Masuk Istora Senayan Mulai Pukul 10 Pagi" & "Intip Persiapan INDOFEST 2023 di Istora Senayan".

Tulisan on event-nya, ada 3 yakni berjudul "INDOFEST 2023 Resmi Dibuka, Lebih dari Sekadar Borong Perlengkapan Outdoor"; "Raim Laode Bikin Hari Pertama Indofest 2023 Berakhir Klimaks"; dan tulisan ini yang bertajuk "Catatan Travelplus: Lima Faktor Penguat Suksesnya INDOFEST 2023".

Sementara konten video on event yang TravelPlus racik ada 8, yakni "Pembukaan & Suasana Hari Pertama INDOFEST 2023"; "Raim Laode Bikin Hari Pertama Indofest 2023 Berakhir Klimaks"; "Hari Kedua INDOFEST 2023 Pecah, Fiersa Besari Pemicunya"; "Festival Taman Nasional dgn INDOFEST, Kawin Banget"; "Di INDOFEST 2023, Makanan Siap Saji Ini Curi Perhatian"; "Menparekraf Sandiaga Kunjungi INDOFEST 2023"; dan "Rahil: Wall Climbing di INDOFEST Kereeen... tapi Ngeriii...".

Fakto kedua, didukung banyak pihak.
Buktinya ada tiga kementerian terkait yang mendukung INDOFEST 2023 yakni Kemenparekraf, Kemenpora, dan KLHK.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno selain memberi kata sambutan secara online saat pembukaan, juga menyempatkan waktu datang sekaligus keliling beberapa booth yang mengikuti INDOFEST maupun Festival Taman Nasional & Taman Wisata Alam pada hari ketiga, Sabtu (3/6) malam.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo datang pada hari pertama, Kamis (1/4) sekaligus membuka secara resmi INDOFEST 2023 dilanjutkan dengan keliling booth.

Dirjen KSDAE KLHK juga menyampaikan kata sambutan saat pembukaan yang dibacakan Kasubdit PJKH Agung Nugroho.


Dukungan lainnya datang dari DMC Dompet Dhuafa yang menyediakan Mushola DMC Dompet Dhuafa baik untuk jemaah pria maupun perempuan yang cukup nyaman, mudah diakses, dan terpisah.

Ketiga, waktu dan tempat yang pas. Waktu pelaksanaan INDOFEST 2023, 1-4  Juni atau selama 4 hari bertepatan dengan long weekend karena ada tanggal merah. Selain itu berlangsung pada bulan panas sehingga aman dari hujan.

Istora Senayan Jakarta sebagai venue acara, juga terbilang sangat strategis dan mudah dijangkau publik baik dengan kendaraan pribadi, umum maupun online. Kelebihan lain, venuenya lebih banyak outdoor sehingga nuansa petualangannya lebih dapat dibanding keseluruhannya di indoor.

Faktor penguat keempat, berdaya tarik kuat, terutama diskon up to 70 persen ditambah produk outdoor-nya sangat beragam ada lebih dari 100 brand yang ikut serta, selain itu diperkuat dengan sederet aktivitas menarik antara lain live music yang menghadirkan penyanyi/musisi yang tengah digandrungi karyanya seperti Raim Laode atau yang karyanya dekat dengan tema alam seperti Fiersa Bestari. 

Belum lagi ada beragam aktivitas outdoor yang bisa dicoba oleh pengunjung antara lain panjat tebing, water activity, stand up paddle, kayaking, dan memanah.

Ditambah lagi ada Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam yang diikuti sejumlah balai TN dibawah Ditjen KSDAE, KLHK. Di booth-nya, pengunjung bisa mendapatkan informasi terkait destinasi wisata alam yang ada di masing-masing TN tersebut seperti TN Gunung Ciremai, Bukit Barisan Selatan, Batang Gadis, Kutai, Tambora, Way Kambas, dan TN Bali Barat.

Terakhir atau faktor penguat kelima, punya target pasar yang jelas dan luas.

CEO COS Event Disyon Toba dalam sambutannya pada pembukaan mengatakan target pasar yang dibidik INDOFEST 2023 adalah anak muda dari rentang usia 13 tahun sampai 25 tahun. Namun realitanya selain dari kalangan muda-mudi tersebut, banyak juga pengunjung dari kalangan orang tua mulai dari 40 tahun ke atas bahkan anak-anak dari tingkat TK- SD yang datang bersama kedua orang tuanya. Artinya target pasarnya dari segi usia semakin luas.


Minus & Saran
Apakah ada catatan minusnya? No body is perfect, tak ada yang sempurna di dunia ini. Kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT. Artinya, jelas ada dan sangat bisa dibenahi dikemudian hari.

Amatan TravelPlus ditambah pernyataan dari sejumlah pengunjung, kurangnya tempat sampah, termasuk petugas yang membersihkan sampah. Selain itu tidak tersedia terminal untuk nge-charge HP dan kurangnya publikasi terkait talkshow terutama yang digelar Festival Taman Nasional Taman Wisata Alam.

Supaya talkshow yang diadakan diminati pengunjung, langkah pertama bekerjasama dengan jurnalis/blogger yang biasa meliput INDOFEST untuk membuat berita pra talkshow tersebut agar publik tahu. Kedua, sertakan pula hadiah yang menarik buat pengunjung.

Langkah ketiga, pas acara (on) talkshow jangan lupa mengundang lagi jurnalis/blogger/content creator untuk meliputnya agar isi talkshow terekspos luas.

Kalau ingin booth-nya dipublikasikan, tak ada ruginya mengundang jurnalis/blogger sekaligus content creator yang sudah dikenal dengan baik agar keberadaannya di INDOFEST tahun ini terdengar kencang. Jadi jangan menggantungkan IG intern saja.

Apakah ada saran/input lain? Berdasarkan curhatan pengunjung, untuk INDOFEST berikutnya perlu penambahan kipas angin di beberapa titik untuk mengurangi udara panas. Selain itu menyediakan free WiFi di beberapa titik agar pengunjung bisa langsung mengunggah konten saat mengunjungi INDOFEST 2023 di ragam medsosnya. Terakhir, mengurangi harga tiket masuk karena tak sedikit pula publik yang merasa tiket Rp 50 ribu per hari itu masih agak kemahalan.

Selamat buat "Lebarannya Anak Outdoor", INDOFEST 2023. Sampai bertemu lagi di edisi berikutnya.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP