. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 03 Mei 2023

Sejumlah Taman Nasional Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Dirjen KSDAE Baru


Usai Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut, M.Agr.Sc dilantik oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya sebagai Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di Jakarta, Selasa, (2/5/2023), sejumlah Balai dan Balai Besar Taman Nasional (TN) mengucapkan selamat. 

Amatan TravelPlus Indonesia, para Balai TN mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut lewat unggahan konten foto Dirjen KSDAE yang baru disertai captions berisi ucapan dan harapan terbaik di akun resmi Instagram (IG)-nya pada hari ini, Rabu (3/5). Ada pula yang memasang foto Dirjen baru itu dengan latar belakang daya tarik alam masing-masing TN tersebut.


Balai TN yang memberi ucapan antara lain BTN Gunung Halimun Salak, Gunung Rinjani, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Palung, Bukit Duabelas, Bukit Tigapuluh, Bukit Baka Bukit Raya, Kelimutu, dan Tambora. 

Selain itu BTN Kepulauan Seribu, Komodo, Tanjung Puting, Ujung Kulon, Kepulauan Togean, Karimunjawa, Baluran, Meru Betiri, Alas Purwo, Bali Barat, Way Kambas, Kutai, Sebangau, Kayan Mentarang, Bantimurung, Taka Bonerate, Siberut, Matalawa, Batang Gadis, Bogani Nani Wartabone, Manusela, Aketajawe Lolobata, Wasur, Rawa Aopa Watumohai, Tessonilo serta BTN Berbak dan Sembilang.


Sementara Balai Besar TN yang mengucapkan selamat adalah BBTN Kerinci Seblat, Bukit Barisan Selatan, Gunung Gede Pangrango, Bromo Tengger Semeru, Gunung Leuser, dan BBTN Bentarum.

Selain BTN dan BBTN, sederet Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Balai Besar KSDA juga mengucapkan hal serupa, antara lain BKSDA Jakarta, Jateng, Yogya, Jatim, Kalsel, Kalteng, Kalbar, Kaltim, Sumsel, Sumbar, Aceh, Bengkulu, Sultra, Sulteng, Sulut, Bali, NTB, Maluku serta BBKSDA Jabar, Jatim, Sumut, Riau, Sulsel, NTT, Papua, dan BBKSDA Papua Barat.


Dalam siaran pers yang TravelPlus terima dari Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK Nunu Anugrah, dijelaskan kalau Menteri Siti meminta kepada Dirjen KSDAE yang baru tersebut melakukan transformasi tata kelola kawasan konservasi berbasis lansekap, ekosistem dan masyarakat.

"Konteks tata kelola lansekap di sini, yaitu pengelolaan kawasan konservasi dengan dukungan dan partisipasi aktif para pihak, termasuk masyarakat sekitar dan di dalam kawasan hutan, sehingga didapatkan manfaat bagi kelestarian alam maupun kesejahteraan masyarakat," ujar Menteri Siti.


Menteri Siti juga meminta kepada Dirien KSDAE untuk melanjutkan pengawalan bersama RUU Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Pemerintah bersama Komisi IV DPR RI memandang penting untuk menyelesaikan revisi undang-undang ini. Pemerintah dan DPR juga telah menyepakati terbentuknya anggota panitia kerja untuk menyusun RUU KSDAHE. Anggota itu terdiri dari Komisi IV DPR RI, pemerintah dan Komite II DPD RI. 

"Undang-Undang KSDAHE memegang peranan sangat strategis bagi kehidupan manusia. Diperlukan pengaturan yang bertujuan untuk melestarikan dan melindungi konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, sekaligus mengoptimalkan pemanfaatannya secara berkelanjutan untuk saat ini dan masa yang akan datang," pungkas Menteri Siti.


Lewat tulisan ini, TravelPlus yang tetap loyal meliput, menulis bahkan membuat konten video terkait daya tarik kawasan berstatus konservasi turut mengucapkan selamat atas pelantikan Prof. Satyawan Pudyatmoko sebagai Dirjen KSDAE KLHK, selamat menjalankan tugas semoga senantiasa diberi kesehatan, kemudahan, dan kelancaran sehingga seluruh kawasan konservasi ada di Indonesia tetap terjaga keberadaan dan keasriannya, semakin berkualitas, diminati baik wisatawan maupun peneliti serta kian mensejahterakan masyarakat yang di berada di sekitarnya. 


Satu lagi, semoga dibawah kepemimpinan Dirjen KSDAE yang baru, bisa lebih melibatkan peran aktif jurnalis/blogger & pembuat konten (content creator) yang selama ini sudah turut membantu mempublikasikan kawasan konservasi di Tanah Air tercinta ini.

Selamat & sukses Prof. Satyawan🙏.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis & sumber siaran pers biro humas KLHK

Foto: dok. IG BTN, BBTN, BKSDA & BBKSDA 


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP