. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 04 April 2023

Pos 3 & 6 Japen Dinding Ari Jadi Lokasi Nge-camp Idaman Pendaki, Ini Keistimewaannya


Selain Top Puncak Dinding Ari (2.167 Mdpl), masih ada 2 lokasi yang jadi idaman para pendaki saat mendaki puncak Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat via jalur pendakian (japen)  Basecamp (BC) Bah Toteng di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang ini. Kedua lokasi itu adalah Pos 3 dan Pos 6.

Kenapa kedua pos itu jadi idaman? Apa Keistimewaannya masing-masing?

Pos 3 alias Saung, dinamakan begitu karena pos yang berada beberapa meter dari perbatasan hutan pinus dengan hutan gunung itu terdapat saung atau bangunan kecil seperti rumah semi permanen yang bahan materialnya terbuat dari kayu dan bambu. 

Keberadaan saung itu kerap dimanfaatkan pendaki buat beristirahat, usai menapaki trek awal pendakian dari Pos 1 atau Pasir Waru dan Pos 2 (Pos Kayu PR/ perkebunan rakyat) yang treknya melewati tepian persawahan, menyeberangi dua jembatan bambu yang membentang di atas sungai, tepian irigasi, perkebunan milik warga, dan hutan pinus.


Pos 3 jadi idaman pendaki karena menjadi pos nge-camp atau tempat mendirikan tenda dome untuk bermalam sebelum melanjutkan pendakian keesokan paginya.

Amatan TravelPlus Indonesia, pos yang plang namanya dipasang di kayu penyanggah bagian depan atap saung ini, memiliki hamparan tanah datar yang cukup luas dan diselingi beberapa pohon yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk mendirikan tenda. Lebih kurang belasan tenda bisa didirikan di Pos 3 ini.

Keistimewaan lainnya, terdapat penampung air tadah hujan yang dialirkan dengan pipa dan keran air di dekat saung yang bisa digunakan pendaki untuk masak, wudhu maupun persediaan air untuk mendaki. Namun karena ini tadah hujan, jadi ketersediaan airnya tergantung turun tidaknya hujan.

Kelebihan berikutnya, di Pos 3 terdapat musala mini semi permanen yang berbentuk panggung dan beratap, juga terbuat dari kayu.


Adapun keistimewaan Pos 6 atau Kayu Tembaga, menjadi tempat nge-camp sebelum ke Pos 7 (Ki Tambaga) yang merupakan pos terakhir sebelum summit attack atau menuju Top Puncak Dinding Ari.

Meskipun lokasi mendirikan tendanya tidak seluas di Pos 3 namun posisi Pos 6 di cekungan datar dan dikelilingi pepohonan besar sehingga relatif lebih aman dari embusan angin. 

Keistimewaan paling utama yang membuat Pos 6 ini menjadi pos idaman para pendaki, karena  tersedianya sumber air alami yang airnya mengalir jernih dan bersih sepanjang tahun.

Sumber airnya berada di sebelah kanan dari Pos 6 dengan medan trek yang menurun cukup curam. 


Cuma butuh beberapa menit untuk sampai ke sumber air yang berbentuk aliran sungai kecil yang agak menurun sehingga alirannya mengalir cepat di atas bebatuan ini. Di bagian depannya terdapat bebatuan dilapisi lumut hijau dan dikeliling hutan lebat yang menyejukkan.

Sebelumnya, Pos 6 ini bernama Pos 5. Namun karena jarak dari pos 4 sampe ke pos 5 terlalu jauh, kemudian oleh beberapa komunitas pendaki gunung yakni Pendaki Tasikmalaya, Taciba (Tasik-Ciamis-Banjar), dan Komunitas Pendaki Gunung Indonesia Raya (KPGIR) regional Parahyangan berinisiatif menambah satu pos lagi setelah Pos 4 (Pasir Geber) yakni Pos 5 atau Ciberecek. Sedangkan Pos 5 yang menjadi tempat nge-camp, kini menjadi Pos 6.

Pemasangan plang nama pos dan petunjuk arah di japen BC Bang Toteng dari Pos 1 sampai plang Top Puncak Dinding Ari, termasuk plang pos baru yakni Pos 5 (Ciberecek) dilakukan ketiga komunitas tersebut 4 hari menjelang Ramadan, tepatnya pada tanggal 18 dan 29 Maret 2023 saat melakukan aksi operasi sampah bertajuk Sapu Gunung yang diikuti puluhan pendaki, termasuk dari Jakarta.


Keseluruhan plang nama pos dan petunjuk arah yang baru dipasang itu berbentuk persegi empat dan bercat warna biru terang dengan tulisan berwarna putih. Plang lamanya yang terbuat dari sebilah kayu berwarna coklat dengan angka Romawi, tetap ada di bawah plang nama pos yang baru.

Respon Positif
TravelPlus yang mengikuti sekaligus meliput, merespon positif kegiatan Sapu Gunung karena bermuatan pro konservasi dan aksi pemasangan plang nama pos serta petunjuk arah yang baru tersebut, karena sangat membantu mengarahkan pendaki yang hendak menggapai Puncak Dinding Ari.

Nah, kalau Anda berencana mendaki puncak Dinding Ari Galunggung via Cidugaleun selepas Lebaran tahun ini secara rombongan atau pesertanya banyak sekitar puluhan orang, dan mulai melakukan pendakian lepas zuhur atau jelas sore hari dari BC Bang Toteng, sebaiknya ngecamp-nya di Pos 3. Tapi bila Anda nanjak dalam kelompok kecil (tak sampai 10 orang) dan mulai nanjak dari BC pagi hari, lebih enak langsung nge-camp untuk bermalam di Pos 6. 


Sebelum nanjak, ada baiknya Anda konfirmasikan terlebih dulu kepada pihak penjaga BC setempat, apakah diperbolehkan sampai Top Puncak Dinding Ari atau hanya sampai Pos 7. Andai tidak boleh karena khawatir longsor terjadi lagi, cukup sampai di Pos 7 saja, yang penting sudah merasakan nge-camp di pos idaman pendaki yakni di Pos 3 ataupun di Pos 6. 

Mendakilah dengan menyertakan bekal peduli, artinya tetap menjaga kebersihan dan keasrian alamnya dengan membawa turun kembali sampah logistik yang dibawa, tidak menebang pohon serta tidak buang air besar di dekat japen apalagi di aliran sumber air. Satu lagi, kalau ingin pendakian Anda bernilai lebih, bisa sekaligus melakukan aksi tanam pohon di sekitar kawasan Dinding Air.

Selamat nanjak, semoga bermanfaat 🙏.

Naskah: Adji TravelPlus @adjitropis & @travelplusindonesia

Foto: Adji, dok. panitia sapu gunung & rekan sependakian 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP